Berbagai Jenis Kelainan Pada Tulang Belakang, Penyebabnya Dan Cara Mengobatinya

Diposting pada 435 views

Macam-Macam Kelainan Tulang Belakang ~ Untuk menunjang gerakan tubuh, manusia memiliki tulang dengan banyak fungsi bagi kehidupan. Keberadaan tulang, memungkinkan manusia untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Meski demikian, ada beberapa kelainan pada tulang yang membuat seseorang mengalami gangguan kesehatan atau bahkan gangguan saat bergerak.

Macam-Macam Kelainan Tulang Belakang
Macam-Macam Kelainan Tulang Belakang

Macam-Macam Kelainan Tulang Belakang

1. Skoliosis

Kelainan tulang belakang yang satu ini terjadi ketika tulang belakang mengalami kelengkungan yang abnormal dengan mengarah ke samping. Skoliosis umumnya terjadi pada bagian leher, dada atau bahkan pinggang.

Anak-anak dengan usia 10 sampai 14 tahun, sekitar 4% mengalami kelainan tulang belakang satu ini. 40 sampai 60% diantaranya, terjadi pada anak perempuan.

a. Penyebab Skoliosis

Skoliosis bisa terjadi karena bawaan atau bisa pula karena neuromuskuler. Skoliosis bawaan, umumnya berkaitan dengan kelainan tulang yang membuat tulang rusuk menyatu. Sementara neuromuskuler adalah pengendalian otot yang buruk yang bisa berakibat pada cerebral palsy.

b. Gejala Skoliosis

  • Bahu atau pinggul kiri dan kanan memiliki tinggi yang tidak sama.
  • Nyeri pada bagian punggung.
  • Rasa lelah pada tulang belakang setelah duduk atau ketika berdiri terlalu lama

Skoliosis yang telah parah umumnya memiliki tingkat kelengkungan mencapai 60 derajat. Hal ini dapat mengganggu sistem pernapasan.

2. Kifosis

Kifosis adalah kelainan tulang belakang yang di tandai nyeri bagian punggung serta keberadaan bonggol di punggung.

Kifosis merupakan salah satu kelainan pada tulang belakang yang bisa menimbulkan trauma, penyakit degerenatif atau gangguan perkembangan. Kifosis biasanya yang terjadi pada masa remaja juga disebut dengan penyakit scheuermann.

a. Penyebab Kifosis

Penyebab dari penyakit scheuermann hingga kini masih belum diketahui dan lebih banyak menyerang laki-laki.

Baca Juga  Klasifikasi Pengelompokan Jenis Hewan

b. Gejala Kifosis

  • Munculnya rasa nyeri pada punggung yang sifatnya ringan.
  • Rasa lelah.
  • Jika ditekan, maka rasa nyeri serta kekakuan pada punggung akan muncul.
  • Punggung yang melengkung.
  • Tulang yang melengkung di bagian atas lebih besar dari ukuran normal.

c. Diagnosa Penyakit Kifosis

Diagnosis dapat dilakukan dengan cara menganalisis munculnya gejala serta hasil pemeriksaan fisik pada punggung. Selain itu, dilakukan pula rontgen tulang belakang untuk mengetahui tingkat keparahan dari tulang belakang.

d. Pengobatan Kifosis

Jika kelainan kifosis masih ringan dan bersifat non-progesif maka bisa diatasi dengan cara menurunkan berat badan. Alhasil ketegangan pada punggung bisa berkurang. Selain itu, anda juga bisa menghindari aktivitas berat untuk menyembuhkan kifosis yang masih ringan.

Jika kifosis telah memasuki kasus berat, penderita bisa menggunakan brace atau penyangga. Selain itu penderita juga bisa menggunakan alas tidur yang keras atau kaku. Namun jika sudah parah, maka perlu dilakukan tindakan berupa pembedahan untuk memperbaiki posisi tulang belakang.

3. Lordosis

Jika seseorang dengan bentuk tulang belakang yang normal, maka punggungnya akan tampak lurus. Namun beda lagi pada penderita lordosis. Punggung penderita akan terlihat bengkok terutama pada bagian punggung bawah.

a. Gejala Lordosis

Pada tiap penderita lordosis, memiliki gejala yang berbeda antara satu dengan yang lain. Meski demikian, yang paling terlihat menonjol dari kelainan ini adalah penonjolan pada bagian bokongnya.

Gejala lain dari lordosis adalah gangguan perkembangan paha, gangguan neuromuskuler dan distrofi muskuler. Bagi anda yang mengalami nyeri pinggang yang menjalar hingga bagian tungkai atau perubahan pola BAB serta pola buang air kecil, sebaiknya lekas periksakan diri anda ke dokter.

Gejala lordosis juga acapkali menyerupai dengan gejala gangguan tulang belakang yang lain. Inilah kenapa sebaiknya melakukan pemeriksaan lain untuk memperjelas jenis gangguan tulang belakang yang tengah anda alami. Ada beberapa jenis pemeriksaan yang bisa anda lakukan seperti jenis pemeriksaan yang di bawah ini.

Baca Juga  Cara Menyembuhkan Nyeri Otot

b. Pemeriksaan Lordosis

  • Pemeriksaan sinar x yang berguna untuk mengukur serta menilai tingkat kebengkokan berikut dengan sudutnya.
  • Pemeriksaan magnetic resonance imaging atau MRI.
  • Lakukan cek darah.
  • Ct scan.

c. Pengobatan Lordosis

Adapun tujuan melakukan pengobatan lordosis adalah untuk menghentikan pembengkokan tulang belakang serta mencegah deformitas atau kelainan bentuk. Pengobatan dari lordosis tergantung pada penyebab lordosis itu sendiri.

Jika lordosis yang terjadi disebabkan oleh sikap tubuh, maka anda bisa melakukan perbaikan sikap tubuh. Jika lordosis terjadi karena gangguan paha, maka obati kelainan tulang belakang yang satu ini bersamaan dengan gangguan paha tersebut.

Macam-macam kelainan tulang belakang bisa dihindari salah satunya adalah dengan cara memperbaiki sikap duduk.

Semoga bermanfaat.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *