Macam-Macam Perangkat Keras Dalam Sebuah Jaringan Komputer

Diposting pada 478 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia )
Mungkin kebanyakan orang yang menggunakan jaringan internet masih belum mengetahui apa-apa saja sebenarnya perangkat-perangkat keras yang ada di dalam sebuah komputer. Nah, artikel ini hadir untuk memberikan sedikit penjelasan secara ringkas tentang macam-macam perangkat keras dalam sebuah jaringan komputer itu. Berikut merupakan perangkat-perangkat keras dalam sebuah jaringan komputer :

1. Server

Ya, sudah pasti server merupakan bagian yang terpenting di dalam sebuah jaringan komputer. Mengapa tidak, komputer server adalah suatu jantungnya dari suatu jaringan. Diketahui bahwa dalam komputer server ini memiliki memori yang besar, hard disk yang memiliki kapasitas besar dan memiliki kartu jaringan yang cepat dan dalam komputer server ini tertanam sebuah sistem operasi jaringan termasuk database dan aplikasi yang diperlukan dalam sebuah jaringan. File server ini memiliki tugas mengontrol lalu lintas komunikasi dan informasi diantara node/komponen dalam suatu jaringan, karena tugas file server sangat berat.
Macam-Macam Perangkat Keras Dalam Sebuah Jaringan Komputer

2. Repeater

Perangkat ini berfungsi untuk menguatkan sinyal yang diterima dari komputer pengirim sehingga kekuatan sinyal sama kuatnya dengan yang aslinya, dengan menggunakan repeater maka jarak antara komputer bisa semakin jauh.

3. Bridge

Bridge/jembatan merupakan suatu perangkat yang berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan satu jaringan dengan jaringan lainnya sehingga memungkinkan terciptanya jaringan komputer yang lebih besar sebagai gabungan dari beberapa jaringan.

4. Hub/ Konsentrator

Hub merupakan suatu perangkat yang tentunya memiliki fungsi untuk menyatukan kabel-kabel jaringan dari setiap workstation, server atau perangkat lain, sehingga hub berfungsi untuk membagi sinyal data dari kartu jaringan sekaligus sebagai penguat sinyal.

5. Kartu Jaringan

Kartu jaringan atau Network Interface Cards (NIC) adalah sebagai penghubung antara komputer menjadi satu jaringan, hard ware NIC ini umumnya sudah terpasang di dalam motherboard komputer, baik komputer server atau client. Pada komputer laptop/notebook umumnya sudah disediakan slot yang disebut PCMCIA slot yang disediakan untuk kartu jaringan.

6. Workstations

Workstations adalah seluruh komputer yang terhubung pada file server dalam suatu jaringan atau sebutan lainnya adalah komputer client

7. Router

Router berfungsi sebagai pengatur lalu lintas informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain agar informasi tidak tumpang tindih karena router dapat mencari jalur yang lebih baik untuk mengirimkan sebuah pesan berdasarkan alamat tujuan dan alamat asal.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.

Salam GENUS (Generasi Penerus)
Baca Juga  Media Untuk Proses Masuknya Islam Ke Indonesia
Loading...
loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *