Beragam Jenis Vitamin Beserta dengan Fungsinya

Diposting pada 57 views

Macam – macam vitamin ~ Seperti yang kita ketahui bersama, vitamin merupakan salah satu jenis nutrisi penting bagi tubuh. Keberadaan vitamin sendiri bukan hanya berperan dalam membantu pertumbuhan melainkan juga menghindarkan kita dari banyaknya beragam jenis penyakit yang ada.

Vitamin terdiri dari banyak ragam jenis dan tentunya dengan fungsi yang berbeda satu dengan lainnya. Berikut ulasan lengkapnya tentang macam – macam vitamin.

Macam Vitamin
Macam Vitamin

Macam-Macam Vitamin Beserta Fungsinya

1. Vitamin A

Jenis vitamin yang pertama adalah vitamin A. Vitamin yang satu ini memiliki banyak fungsi terutama bagi indera penglihatan, menjaga kesehatan kulit serta meningkatkan imunitas tubuh.

Seseorang yang kekurangan vitamin A, dapat beresiko terkena penyakit rabun senja, kerusakan pada kornea serta hyperkeratosis.

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin A pada tubuh, ada baiknya anda memperbanyak konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dengan warna merah atau kuning. Perbanyak pula konsumsi hati dan ginjal, serta sayuran dengan warna hijau dan kuning.

2. Vitamin B1

Jenis vitamin yang satu ini memiliki fungsi penting dalam melindungi sistem syaraf serta menjaga jantung agar tetap berfungsi dengan baik. Bukan hanya itu, namun vitamin B1 juga baik untuk menghindarkan kita dari jenis penyakit beri-beri.

Adapun sumber vitamin B1 adalah kacang hijau, gandum, daging, susu, roti, ikan, daging tanpa lemak, ayam, dan lain sebagainya.

3. Vitamin B2

Vitamin B2 merupakan jenis vitamin yang memiliki fungsi untuk mencegah kepekaaan mata terhgadap cahaya, menjaga kesehatan kulit serta membantu pertumbuhan jaringan pada tubuh.

Adapun sumber vitamin B2 adalah susu, kacang hijau, sayuran hijau yang berdaun, daging tanpa lmak serta asparagus.

Kekurangan vitamin B2 dapat berakibat pada bibir pecah-pecah, mulut kering, kulit bersisik, hingga turunnya daya tahan tubuh.

4. Vitamin B3

Vitamin B3 memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh mulai dari membantu sistem syaraf, mencegah penurunan nafsu makan, membantu pengolahan makanan menjadi energi serta mencegah datangnya penyakit pellagra.

Baca Juga  Para Penemu Virus Dan Sejarahnya

Mereka yang kekurangan vitamin B3 umumnya menunjukkan gejala seperti badan lemas, imsomnia, mual-mual, penyakit pellagra hingga kejang dan otot mudah kram.

Untuk mencukupi kebutuhan akan vitamin B3, anda bisa mengonsumsi banyak makanan sehat seperi telur, daging sapi, ikan, sayuran, hati, susu, apokat, brokoli, serta ragi.

5. Vitamin B5

Jenis vitamin yang satu ini mampu membantu tubuh anda dalam pemenuhan nutrisi makanan, memproduksi senyawa berupa asam lemak serta menjaga komunikasi antara otak dan sistem syaraf.

Mereka yang kekurangan vitamin B5, beresiko mengalami sulit tidur, kulit kering, kulit bersisik hingga terjadinya penyakit paresthesia.

Adapun sumber makanan yang mengandung vitamin B5 adalah daging, sayur-sayuran, alpukat hingga brokoli.

6. Vitamin B6

Vitamin B6 penting untuk menjaga kesehatan gigi serta gusi anda. Selain itu, jenis vitamin yang satu ini juga baik untuk menjaga sel darah merah serta membantu produksi antibodi didalam tubuh.

Adapun kekurangan vitamin B6 dapat berakibat pada datangnya penyakit anemia serta gangguan pada sistem syaraf.

Dalam memenuhi kebutuhan jenis vitamin yang satu ini, ada baiknya anda secara rutin mengonsumsi pisang, kacang-kacangan, daging serta beragam jenis sayuran.

7. Vitamin B7

Vitamin B7 bagus untuk membantu terjadinya reaksi biokimia pada tubuh seperti halnya melakukan transfer karbonduoksa serta metabolisme karbohidrat dan lemak di dalam tubuh.

Mereka yang kekurangan vitamin B7, dapat beresiko menderita depresi, anemia hingga kerontokan rambut.

Dalam mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin B7, anda bisa mengonsumsi beragam jenis makanan sehat seperti pisang, ragi, gandum, daging, kuning telur, serta beragam jenis kacang-kacangan.

8. Vitamin B9

Jenis vitamin sehat yang satu ini berperan dalam mencegah kecacatan pada janin, membangun sel darah merah serta menurunkan resiko seseorang terkena serangan jantung.

Adapun sumber makanan yang dapat digunakan dalam mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin yang satu ini adalah biji bunga matahari, kentang, telur, hati, jeruk, tomat, bayam, serta kacang polong.

Baca Juga  Karakteristik Otak Kiri 2

9. Vitamin B12

Vitamin B12 merupakan jenis vitamin sehat yang bagus untuk mencegah datangnya penyakit anemia, membantu tumbuh kembang anak serta menjaga kesehatan sistem syaraf.

Adapun kekurangan vitamin B12 dapat berakibat pada gangguan anemia serta tubuh yang mudah lelah. Beberapa sumber vitamin B12 adalah daging, telur, susu, hati, dan ikan.

10. Vitamin C

Jenis vitamin yang satu ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi serta membantu membentuk sel dalam tubuh. Bukan hanya itu, namun vitamin C juga berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

Kebutuhan tubuh akan vitamin C, dapat dicukupi dengan secara rutin mengosnsumi buah sehat seperti arbei, jeruk, strawberry serta beragam jenis makanan lain mulai daru mentega, ikan, koi, dan susu.

11. Vitamin D

Vitamin D baik untuk kesehatan gigi dan tulang serta mencegah datangnya penyakit rahkitis. Vitamin yang satu ini dapat diperoleh dari ikan, hati, kedelai, susu, udang, tiram serta dengan berjemur di bawah sinar matahari.

12. Vitamin E

Vitamin E merupakan jenis vitamin sehat yang memiliki peran penting dalam menjaga jaringan kesehatan kulit, mata, hati, dan darah merah. Adapun sumber vitamin E, bisa didapat dari gandum, padi-padian, ikan, ragi, minyak sayur, lettuce, dan kuning telur.

13. Vitamin K

Jenis vitamin sehat yang satu ini berperan dalam membantu proses metabolisme dalam tubuh serta mencegah datangnya penyakit diabetes.

Adapun sumber makanan yang bisa ditemukan banyak kandungan vitamin K-nya adalah sayuran hijau, kiwi, serta apokat.

Ada banyak macam vitamin mulai dari vitamin A hingga vitamin K. Agar kesehatan tubuh dapat seimbang, ada baiknya anda mencukupi kebutuhan dari masing-masing vitamin di atas. Semoga bermanfaat.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *