Daftar Jenis Makanan yang di Sarankan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Diposting pada 21 views

Makanan penurun kolesterol ~ Salah satu penyebab utama meningkatnya resiko serangan jantung dan stroke adalah tingginya kadar kolesterol yang tidak sehat dalam tubuh kita.

Dalam hal ini, ada dua jenis kolesterol yang dihasilkan dari proses sekresi hati yaitu kolesterol yang rendah akan kandungan lipoproteinnya (LDL) dan kolesterol yang tinggi kandungan lipoproteinnya (HDL).

Lipoprotein sendiri berfungsi dalam mengangkut senyawa lipid (lemak) dalam jaringan pembuluh darah.

Kolestrol pada tubuh pada dasarnya memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan hormon dan penebalan jaringan dinding sel.

Makanan penurun kolesterol
Makanan penurun kolesterol

Meningkatnya kadar kolestrol “jahat” (LDL) akan mengakibatkan terjadinya pengerasan terutama pada pembuluh darah koroner sehingga meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung.

Dengan berolahraga secara rutin dan mulai mengkonsumsi sayuran serta buah secara teratur sebenarnya mampu mengurangi tingkat kadar kolesterol yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Nah, berikut ini merupakan 10 jenis makanan yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL pada tubuh manusia

Makanan penurun kolesterol

1. Bubur gandum (oatmeal)

Makanan penurun kolesterol Bubur gandum (oatmeal)
Gandum (oatmeal)

Sarapan dengan sereal bergizi dan roti yang terbuat dari biji gandum (oat) dapat mengurangi tingkat kadar kolesterol “jahat” (ldl) sebanyak 7 – 14 % secara bertahap.

Kandungan serat yang cukup tinggi dalam biji gandum bisa menurunkan kadar lemak darah sehingga tidak terjadi penumpukan yang berlebihan.

2. Biji kedelai (soybean)

Makanan penurun kolesterol Biji kedelai (soybean)
Biji kedelai (soybean)

Tingginya lemak jenuh dalam jaringan darah bisa meningkatkan kadar kolesterol yang tidak sehat pada tubuh. Lemak jenuh sendiri banyak terkandung di dalam produk hewani seperti daging, susu maupun mentega.

Dengan mengkonsumi sayuran maupun biji – bijian yang mengandung senyawa isoflavon seperti kedelai, maka hal itu di yakini dapat mengurangi kadar lemak tersebut hingga 8 sampai 12%.

Jadi sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi tahu, tempe dan susu kedelai, karena beberapa masakan tersebut merupakan jenis makanan dan minuman yang terbuat dari kedelai.

Baca Juga  Pengertian Virus Dan Penjelasan Mengenai Karakteristiknya

3. Bawang putih (garlic)

Makanan penurun kolesterol Bawang putih (garlic)
Bawang putih (garlic)

Banyak sekali manfaat yang di dapat saat kita mengkonsumsi bawang putih segar. Karena selain untuk mengurangi kadar kolesterol juga dapat membantu memulihkan stamina, mencegah pembekuan darah dan menurunkan tekanan darah.

Bawang putih sendiri bisa dicampurkan dalam salad, sup maupun bahan bumbu untuk masakan lainnya. Dalam sebuah penelitian, mengkonsumsi setengah siung bawang putih setiap hari bisa mengurangi kolesterol “jahat” (ldl) sebanyak 9 sampai 10%.

4. Kacang almond (almond seeds)

Makanan penurun kolesterol Kacang almond (almond seeds)
Kacang almond (almond seeds)

Merupakan jenis biji kacang yang banyak mengandung vitamin e, magnesium, serat dan asam lemak tak jenuh yang cukup baik untuk kesehatan jantung. Almond bisa dikonsumsi sebagai tambahan pada sereal maupun untuk cemilan.

Disarankan untuk tidak terlalu berelbihan dalam mengkonsumsi makanan ini karena mengandung tingkat kalori yang cukup tinggi.

5. Alpukat (avocado)

Makanan penurun kolesterol Alpukat (avocado)
Alpukat (avocado)

Dalam buah alpukat terkandung serat dan senyawa kimia beta – sitosterol, yaitu sejenis lemak nabati yang dapat meningkatkan mengurangi kadar kolestrol jahat dalam tubuh.

Untuk memanfaatkan alpukat ini, anda bisa membuatnya menjadi jus atau di olah menjadi makanan lainnya.

Namun yang harus di ingat, jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah ini, karena kandungan kalori dalam buah ini lumayan tinggi yaitu kurang lebih sekitar 300 kalori.

6. Kaya akan likopen (lycopene foods)

Makanan penurun kolesterol Kaya akan likopen (lycopene foods)
Tomat (tomato)

Tomat, semangka dan pepaya merupakan contoh buah yang banyak mengandung lycopene yaitu senyawa pigmen karotenoid yang memberikan warna merah pada buah.

Dan menurut penelitian, ternyata buah-buah tersebut juga sangat bagus dalam menurunkan kadar kolsetrol jahat dalam tubuh.

7. Bayam (spinach)

Makanan penurun kolesterol Bayam (spinach)
Bayam (spinach)

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat bagus dalam menurunkan kadar lemak atau kolestrol. Hal ini di sebabkan karena adanya zat lutein yang terkandung dalam sayuran ini.

Baca Juga  Cara Menyembuhkan Gejala Tipes

Selain bisa menurunkan kolestrol zat letenin ini juga memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan mata dan dapat mencegah dari kebutaan.

Selain itu manfaat lainnya dari zat tersebut adalah, dapat mengurangi penyumbatan dalam pembuluh darah arteri, yang merupakan penyebab terjadinya serangan jantung.

Jadi sayur bayam ini selain baik untuk penderita obesitas juga di anjurkan buat para pasien penderita jantung.

8. Ikan salmon

Makanan penurun kolesterol Ikan salmon
Ikan salmon

Salah satu jenis ikan yang kaya akan omega – 3 ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu hewan ini juga mengandung senyawa epa dan dha yang cukup baik dalam mempertahankan kesehatan jantung.

Saat mengkonsumsi ikan ini disarankan unuk tidak meggoreng dengan minyak biasa, cukup dimasukkan dalam oven atau dibakar.

9. Coklat hitam (dark chocolate)

Makanan penurun kolesterol Coklat hitam (dark chocolate)
Coklat hitam (dark chocolate)

Jenis coklat yang satu ini memang cukup di gemari. Selain rasanya yang nikmat, coklat hitam terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol sebesar 2 sampai 5 %.

Zat antioksidan pada flavonoid yang terdapat dalam coklat ini dapat juga berkhasiat dalam mencegah penyumbatan dalam jaringan darah.

10. Daun teh hijau (green tea leaves)

Makanan penurun kolesterol Daun teh hijau (green tea leaves)
Daun teh hijau (green tea leaves)

Hampir sama dengan kandungan zat pada coklat hitam, jenis teh ini memiliki kandungan antioksidan pada flavonoid yang membantu dalam mengeluarkan lemak yang menyebabkan plak pada dinidng pembuluh arteri.

Secangkir teh hijau yang kita konsumsi memiliki antioksidan yang lebih tinggi daripada satu porsi buah ataupun sayuran.

Nah itu dia di atas berbagai jenis makanan penurun kolesterol seseorang. Semoga informasi di atas bermanfaat.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *