Manfaat Adanya Perdagangan Internasional

Diposting pada 1.668 views

Manfaat Perdagangan Internasional ~ Perdagangan internasional merupakan salah satu jenis perdagangan yang dilakukan antar 2 negara atau bisa pula lebih. Di dunia dagang internasional, kita akan mengenal yang namanya ekspor dan impor.

Ekspor adalah ketika suatu negara menjual barangnya ke dunia internasional, sementara impor adalah ketika negara membeli barang dari luar negeri.

Perdagangan internasional nyatanya memberi banyak dampak positif bagi kelangsungan suatu negara. Bukan hanya berguna untuk menambah pasokan barang dalam negeri yang kurang, melainkan juga bisa mempererat hubungan antar negara. Bukan hanya itu, namun perdagangan internasional juda memiliki banyak manfaat.

Manfaat Perdagangan Internasional
Manfaat Perdagangan Internasional

Manfaat Perdagangan Internasional

Lantas apa sajakah Manfaat Perdagangan Internasional ?

1. Untuk Memperoleh Devisa

Ketika suatu komoditas diekspor, kita akan mendapatkan keuntungan berupa perolehan mata uang asing seperti yen, dollar atau jenis mata uang yang lain.

Mata uang asing dari luar juga disebut dengan devisa. Keberadaan devisa, memungkinkan negara kita untuk mengimpor barang seperti barang modal ataupun jenis barang konsumsi.

2. Lapangan Pekerjaan Makin Luas

Seperti kita ketahui, perusahaan yang telah melakukan ekspor tentunya membutuhkan banyak karyawan atau tenaga kerja. Jadi dengan adanya, perdagangan internasional memungkinkan negara dalam melakukan perluasan kesempatan kerja, bukan hanya memproduksi barang untuk kebutuhan dalam negeri, melainkan juga untuk kebutuhan ekspor.

Semakin banyak barang yang diproduksi tentunya membutuhkan semakin banyak karyawan. Dan hal ini sangat baik, karena semakin sedikit orang yang menganggur.

3. Membuat Harga Barang Menjadi Lebih Stabil

Ketika harga suatu barang dalam negeri dibandrol dengan harga yang mahal dengan jumlah permintaan barang dalam negeri membludak, maka diperlukan pasokan barang yang berasal dari impor.

Baca Juga  Pengertian, Sejarah Dan Fungsi Mata Uang

Dengan melakukan impor maka keberadaan barang tertentu akan lebih stabil sehingga permintaan suatu barang pun dapat terpenuhi.

4. Untuk Meningkatkan Kualitas Ekonomi

Dengan adanya perdagangan internasional, maka penduduk dapat membeli beragam jenis barang yang di dalam negeri sendiri masih belum bisa dihasilkan atau mungkin mutu barang yang kurang berkualitas.

Keberadaan perdagangan internasional, dapat meningkatkan semangat industri dalam negri dalam upaya peningkatan kualitas barang seperti halnya televisi, perabot atau bisa pula pakaian.

5. Mempercepat Alih Teknologi

Berbeda dengan negara maju, maka negara berkembang tentu masih kalah dalam berbagai bidang termasuk di dalamnya adalah masalah teknologi. Ketika ingin menggunakan barang yang diimpor, maka dibutuhkan pengetahuan akan cara penggunaan berikut dengan keterampilan tertentu.

Dalam hal ini, tentu pihak penjual akan melakukan bimbingan pada pihak pembeli supaya mereka mau membeli barang yang mereka jual. Dengan begitu maka penggunaan jenis barang tertentu akan memicu percepatan alih teknologi.

6. Menambah Tingkat Kemakmuran Suatu Negara

Dalam perdagangan internasional, pasti harapannya akan ada timbal balik yang menguntungkan. Suatu negara yang kelebihan produksi, bisa mengekspornya ke negara lain sementara negara dengan tingkat produksi yang rendah, bisa memperoleh barang yang diinginkan dari negara lain. Alhasil kekurangan produksi barang akan terpenuhi.

7. Untuk Menambah Lapangan Pekerjaan

Seperti yang kita ketahui bersama, lapangan pekerjaan yang ada di negara kita tidak seimbang dengan kebutuhan bagi para pencari kerja, hal ini membuat banyak orang menganggur di rumah akibat lapangan pekerjaan yang tidak ada.

Pengangguran sendiri banyak menciptakan beragam kondisi sosial yang buruk terutama dalam menambah jumlah kriminalitas di dalam negeri.

Dengan adanya perdagangan internasional, maka penambahan jumlah produksi untuk diekspor akan semakin bertambah. Dalam hal ini produsen membutuhkan tambahan pekerja supaya dapat memenuhi permintaan pasar.

Baca Juga  Tenaga Endogen Dan Tenaga Eksogen Serta Berbagai Dampak Positif Negatifnya

8. Menghindari Terjadinya Krisis

Salah satu contoh nyata dalam menghindari krisis melalui perdagangan internasional adalah dengan mengimpor barang kebutuhan seperti halnya bahan pangan dari negara yang mengalami surplus beras atau jenis bahan pangan yang lain.

9. Mempererat Hubungan Suatu Negara

Kelebihan lain dari suatu perdagangan internasional adalah untuk mempererat hubungan suatu negara dengan negara yang lain. Dengan hubungan antarnegara yang baik, maka keberadaan perusahaan-perusahaan asing dengan saham yang dimiliki oleh pengusaha luar akan semakin banyak. Hal ini tentu menguntungkan bagi para pencari kerja karena lahan pekerjaan yang akan semakin bertambah.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari perdagangan antar negara atau lebih. Perdagangan internasional, bukan sekedar membuat suatu negara mampu mencukupi kebutuhan dalam negeri, melainkan juga bisa menarik investor asing untuk menanam saham di dalam negeri.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.