Manfaat yang terdapat dari tumbuhan pegagan

Diposting pada 269 views
Manfaat dari tumbuhan pegagan banyak sekali, disini akan kita bahas manfaat-manfaat tersebut satu persatu.

1. Tumbuhan Begagan sebagai obat tradisional

Di berbagai negara di dunia, pegagan sudah secara turun temurun digunakan sebagai obat tradisisonal untuk berbagai penyakit. Di India dan benua Afrika, pegagan dipakai sebagai obat untuk mengobati berbagai penyakit termasuk lepra atau kusta yang terkenal sangat sulit diobati. 


Sementara di negara Prancis, sudah di tetapkan sebagai tanaman obat sejak tahun 1884. Tangkai pegagan-pun telah diresmikan dalam materi medika cina sebagai bahan pembuat obat sejak dulu.

Sedangkan di beberapa daerah di india, beberapa penduduk sangat senang membuat serbuk pegagan yang sudah dikeringkan. Serbuk itu kemudiaan diseduh dalam air mendidih dan dicampur susu. Sebab khasiatnya adalah untuk mempertajam ingatan, menyehatkan badan, dan membuat awet muda

Manfaat yang terdapat dari tumbuhan pegagan
Di sana daun daun pegagan di anggap memiliki nilai spiritual yang tertinggi dibandingkan dengan yang lainnya. Para ahli ayurveda atau ahli spiritual di india kuno menyakini bahwa pegagan yang disebut brahmi dapat membangkitkan pusat tenaga dalam yang terdapat dibagian kepala dan menyeimbangkan kemamapuankerja otak kiri dan otak kanan.

2. Tumbuhan Begagan sebagai bahan campuran pembuatan obat – obatan kimia dalam kedokteran

Sebagai campuran dalam pembuatan obat – obatan dalam kedokteran, diketahui pegagan banyak mengandung Triterpenoid saponin. Triterpenoid saponin meliputi asiaticoside, centelloside dan asam asiatikosida


Kandungan Triterpenoid saponin yang terdapat pada pegagan berfungsi untuk meningkatkan aktivasi makrofag Adanya aktivasi makrofag menyebabkan meningkatnya kemampuan fagositosis dan sekresiinterleukin

Sekresi interleukin inilah yang akan memacu sel B untuk menghasilkan antibodi dan mampu memacu produksi kolagen I, yaitu protein pemicu proses penyembuh luka. Karenanya juga tanaman ini juga bisa digunakan sebagai bahan baku perawatan kulit yang kering dan bersisik. 
Manfaat yang terdapat dari tumbuhan pegagan
Bahkan juga pegagan juga dijadikan bahan kosmetik di seluruh dunia yang akan membuat ekstrak pegagan menjadi obat kulit, seperti eye shadow, lipstik, antikerut dan antipenuaan.

Seorang peneliti, Dr. Boileau, pada tahun 1852 membuktikan bahwa formulanya menggunakan pegagan mampu menyembuhkan lepra. Hasil eksperimen ini telah diterbitkan dalam British Journal Nature


Dalam jurnal ini telah dinyatakan bahwa zat asiaticoside yang dikandung pegagan dapat mengalahkan bakteri penyebab lepra dengan jalan menembus lapisan lilin atau wax yang melindungin bakteri dan kemudian mematikan bakteri tersebut.

Dengan demikian apabila bahan asiaticoside dicampur dengan obat pendudukung kesehatan yang lain akan menambah khasiat yang luar biasa khusus penyakit lepra.

3. Tumbuhan Begagan sebagai efek farmakologis

Sebagai efek farmakologis, diketahui bahwa pegagan dikenal sebgai obat untuk revitalisasi tubuh dan pembuluh darah serta mampu memperkuat struktur jaringan tubuh. Yang tak kalah penting, pegagan bisa dikonsumsi sebagai brain tonic atau anti lupa bagi orang dewasa dan manula yang diperoleh dari kandungan brahmaside dan brahmi acid


Namun hal ini hanya mampu sebagai penunjang. Selain efek farmakologis tersebut, efek farmakologis lain yaitu pegagan sebagai anti lepra dan anti sifilis. Dimana efek farmakologis yang berupa anti lepra dan antisifilis berasal dari kandungan triterpenoida, yaitu asiaticoside dan vellarine.

4. Tumbuhan Begagan menjaga kesehatan tubuh

Diketahui dari penjelasan tentang pegagan bahwa pegagan memiliki kandungan yang mampu menyehatkan tubuh, seperti dengan daun pegagan dapat digunakan sebagai tonikum untuk penambah energi dan meningkatkan stamina tubuh. Jadi tentunya akan sangat bermanfaat pastinya buat kesehatan tubuh manusia.

5. Tumbuhan Begagan sebagai sumber penghasilan ( uang )

Maksud dari point kelima ini bahwa dengan banyaknya khasiat dan kandungan yang dimiliki oleh pegangan ini secara mendunia akan sangat menghasilkan pendapatan baik secara produsen kecil maupun besar. 


Akibat dari berkhasiat dan terbuktinya pegagan sebagai obat herbal maupun kimia dapat memberikan keuntungan yang luar biasa dan memberikan pendapatan yang dapat menjajanjikan bagi yang mengusahakannya. 
Manfaat yang terdapat dari tumbuhan pegagan
Apalagi dengan penyembuhan dari kandungan pegagan ini terhadap beberapa penyakit yang sulit disembuhkan, ternyata dapat disembuhkan oleh tanaman pegagan. Dengan demikian pegagan ini memeberikan manfaat sumber pendapatan bagi yang memproduksinya ataupun yang membudidayakannya untuk komersil.

Semoga artikel tentang manfaat-manfaat tumbuhan Begagan ini dapat berguna dan bermanfaat untuk menambah wawasan tentang fakta yang ada pada tanaman pegagan yang ternyata bermanfaat bagi tubuh manusia.

“Salam Genus (Generasi Penerus)”

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.