Kirim Artikel
Need Backlink From This Web PRchecker.info

Sejarah Singkat Proses Masuknya Islam ke Indonesia

Masuknya Islam ke Indonesia ~ Sampai saat ini Indonesia merupakan negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di Dunia. Bahkan mengalahkan negara kelahiran Rasulullah Nabi Muhammad, Arab Saudi.

Perkembangan dan pertumbuhan umat Islam di Indonesia bukannya muncul begitu saja tapi melalui sejarah yang panjang. Islam memiliki sejarah masuk tersendiri ke negara Indonesia pada zaman dahulu.

Sekarang ini sekitar 85 persen penduduk Indonesia memeluk agama Islam. Jumlah ini terbilang fantastis mengingat penduduk Indonesia yang cukup padat.

Masuknya Islam ke Indonesia
Masuknya Islam ke Indonesia

Sejarah masuknya Islam ke Indonesia

Islam masuk ke Indonesia berawal saat negeri ini menjadi pusat perdagangan di Asia bahkan dunia. Terutama di wilayah kerajaan Sriwijaya, Sumatra.

Disini tempat singgah para pedagang yang berlayar dari berbagai daerah termasuk dari wilayah timur tengah yang saat itu penduduknya terlebih dahulu memeluk agama Islam.

Rata-rata para pedagang tersebut memilih tinggal sementara di Indonesia untuk menunggu angin yang tepat yang akan mengantarkan mereka bersama kapalnya pulang ke negaranya.

Selama di Indonesia ini, pedagang-pedagang tersebut mulai menjalin pergaulan baik dengan penduduk lokal yang saat itu kebanyakan masih beragama Hindu. Para pedagang tersebut menceritakan tentang Islam. Tentang indahnya islam yang memiliki persamaan derajat dan tidak menganut sistim kasta.

Penduduk pribumi pun merasa tertarik akan agama baru ini. Sebagian besar dari mereka beralih memeluk agama islam. Perkawinan antara pedagang arab dan penduduk pribumi pun juga memperkuat pengaruh Islam di bumi Nusantara.

Berdasarkan bukti temuan dan catatan sejarah, proses masuknya Islam ke Indonesia memiliki beberapa teori antara lain

Teori masuknya islam ke Indonesia

1. Teori Gujarat

Menurut teori Gujarat, agama Islam masuk ke Indonesia saat abad ke 13. Islam disebutkan datang dari para pedagang daerah Gujarat (India). Teori ini diperkuat dengan adanya fakta bahwa saat itu Indonesia menjalin hubungan perdangan yang baik dengan orang-orang gujarat.

Kerajaan Sriwijaya juga saat itu menjadi sentra perdagangan dunia lewat jalur Indo – Gujarat – Timur tengah – Eropa. Selain itu adanya batu nisan sultan Samudra Pasai, Malik al Saleh yang memiliki corak khas orang-orang Gujarat.

2. Teori Mekkah

Teori Mekkah merupakan teori masuknya Islam yang baru-baru ini muncul. Teori ini merupakan sanggahan dari teori Gujarat. Pada teori ini disebutkan Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 (6 abad lebih lama dari teori gujarat).

Orang yang membawa agama Islam ke Indonesia adalah orang-orang dari Arab. Hal ini dibuktikan dengan adanya perkampungan yang sudah didiami oleh orang Islam di wilayah pantai barat Sumatra pada abad tersebut.

3. Teori Persia

Teori Persia memiliki anggapan yang sama tentang waktu masuknya Islam ke Indonesia, yaitu abad ke-13. Namun, perbedaannya teori Persia beranggapan Islam datang dari Persia.

Hal ini disebabkan oleh adanya persamaan-persamaan budaya Islam di Indonesia dengan di Persia. Seperti contoh peringatan 10 Muharram.

Jalur masuknya Islam ke Indonesia

Islam masuk ke Indonesia juga memiliki beberapa jalur tersendiri. Contohnya :

  1. Jalur perkawinan, proses masuknya Islam ini terjadi karena terjadinya pernikahan antara orang yang lebih dulu Islam dengan orang pribumi. Dengan demikian, anggota keluarga yang non-muslim pun akhirnya memutuskan untuk mengantu agama Islam.
  2. Jalur perdagangan, jalur ini merupakan yang paling umum yang telah dijelaskan diatas. Dimana para pedagang dari negara-negara Islam singgah dan tinggal di Indonesia untuk sementara waktu. Selama itulah mereka menyebarkan pengaruh-pengaruh Islam di Tanah Air.
  3. Jalur Seni, jalur ini memperkenalkan Islam lewat pertunjukkan-pertunjukkan seni budaya seperti wayang kulit, dan upacara-upacara tertentu. Jalur ini lebih kepada penyebaran Islam.
  4. Jalur pendidikan, proses ini banyak terjadi sejak maraknya pembangunan pesantren-pesantren di Indonesia. Cara ini terbukti sangat baik untuk menyebarkan agama Islam di negeri ini.
Loading...
loading...
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *