Media Pembelajaran Matematika yang Tepat

Diposting pada 536 views

Media Pembelajaran Matematika

Media pembelajaran matematika merupakan alat atau cara yang dapat dilakukan untuk menyiasati proses pembelajaran matematika yang berlangsung. Tujuannya adalah untuk mencapai keberhasilan siswa dalam memahami, serta keberhasilan pendidik dalam memberikan materi.

Sebelum membahas tentang media pembelajaran yang tepat pada mata pelajaran Matematika, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu manfaat dan pentingnya penggunaan media pembelajaran. Berikut silahkan disimak selengkapnya.

Media Pembelajaran Matematika

Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran Matematika

  1. Memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi Matematika yang cukup sulit.
  2. Mendorong minat anak didik untuk memahami materi yang disampaikan.
  3. Meningkatkan ketertarikan siswa dengan adanya media pembelajaran.
  4. Membuat pembelajaran berjalan lebih lancar dan berdampak positif pada pendidik dan peserta didik.
  5. Adanya kreasi pemelajaran membuat siswa lebih nyaman dan mengurangi rasa bosan selama mengikuti proses belajar mengajar.

Alasan Penggunaan Media yang Tepat untuk Pembelajaran Matematika

Materi dalam Matematika terbukti cukup sulit untuk dipahami oleh sebagian siswa. Sehingga dengan menggunakan media yang tepat, maka siswa akan lebih mudah menerima materi yang telah disampaikan.

Matematika memiliki sifat yang abstrak, sehingga Anda sebaiknya melakukan penerapan langsung pada peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari sehinggan siswa akan lebih mudah memahami.

Media Pembelajaran yang Tepat untuk Materi Matematika

1. Menggunakan Projektor

Media pembelajaran dengan menggunakan papan tulis mungkin akan membosankan bagi para siswa, terutama jika mereka harus mencatat semua materi yang Anda sampaikan. Cara yang tepat adalah dengan menyampaikan materi melalui projektor dan gunakan tampilan Power Point yang menarik sehingga mereka tetap nyaman selama proses pembelajaran.

2. Bermain Peragaan Rumus

Anda bisa menerapkan cara dengan membuat tabel yang terdiri dari 2 kolom. Kolom pertama diisi dengan nama rumus dan kolom kedua diisi dengan isi rumus tersebut. Kemudian ajak siswa melakukan permainan dengan menempel dan memasangkan kartu-kartu kecil yang berisi nama dan isi rumus Matematika, yang telah Anda siapkan.

3. Terapkan Skema Konsep

Penyampaian materi tidak seluruhnya dengan menggunakan narasi. Banyaknya kata-kata dan rumus yang mereka terima justru akan menyulitkan penerimaan materi di otak. Sebaiknya Anda membuat skema konsep sehingga materi akan terlihat lebih singkat dan mudah dipahami.

4. Menggunakan Buku Soal Latihan

Melatih secara rutin dan perlahan-lahan akan membuat siswa lebih mudah memahami materi pada Matematika. Usahakan untuk melakukan pembahasan setelah siswa mengerjakan soal-soal latihan tersebut.

Matematika memang masuk dalam kategori yang sulit. Namun, penggunaan media pembelajaran akan sangat membantu daya pikir siswa selama menerima pembelajaran. Semoga artikel ini bermanfaat.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.