Media (alat pendukung) dalam Pentas Seni Tari

Diposting pada 4.556 views

Media Pentas Seni Tari

Tari merupakan salah satu cabang kesenian yang didalamnya terkandung norma keindahan yang dapat dinikmati dari unsur gerak. Seni tari membutuhkan sebuah media yaitu media pentas seni tari.

Dalam penyajiannya atau pentas karya seni tari  agar nampak keharmonisan-nya diperlukan unsur- unsur pendukung diantaranya :

Iringan Media Pentas Seni Tari

Iringan berfungsi menghadirkan suasana sebagai komando dimulai, perubahan, dan diakhiri suatu tarian.

Gending membantu penari dalam hal penghayatan isi tari. Secara sederhana kita mengenal dua jenis iringan tari yaitu musik internal dan musik eksternal.

Media Pentas Seni Tari
Media Pentas Seni Tari

a. Musik Internal

Yaitu iringan tari yang berasal dari suara manusia atau si penari. Contoh : tepukan, ber-syair, bersiul, berteriak, dan suara hentakan kaki.

b. Musik Eksternal

Yaitu iringan tari yang berasal dari suara alat- alat musik. Contoh : gamelan, kulintang, angklung, dll.

Karena musik merupakan partner dari tari, maka musik yang akan dipergunakan untuk mengiringi tari harus betul- betul digarap sesuai dengan garapan tarinya.

Pada zaman dahulu karena musik berkembang sebagai seni yang lebih mantap dari pada tari, maka banyak tari yang dibuat berdasarkan musik yang telah ada. Contoh :

  1. Tari Srimpi Pandelori namanya diambil dari gending Pandelori.
  2. Tari Bedaya ketawang, srimpi Angler mendung, Bedaya Semang.

Sekarang tari mengalami perkembangan sebagai seni mantap, sehingga banyak komposisi tari diiringi musik khusus untuk tari tersebut, sebagai contoh tari batik Solo dan tari Tenun  dari Bali.

Iringan Media Pentas Seni Tari
Iringan Media Pentas Seni Tari

2. Tata Rias dan Kostum Media Pentas Seni Tari

Kostum tari akan menambah penampilan lebih indah serta tata rias berfungsi menguatkan karakter peran agar tampil lebih menarik. Kostum atau busana tari untuk jenis tari tradisional memang harus dipertahankan dari segi desain dan warna simbolis-nya. Secara umum hanya warna- warna tertentu yang memiliki sentuhan emosional.

Baca Juga  Perbedaan Tiga Aliran Seni Lukis Realisme, Romantisme, Surealisme

Gambar yang sesuai didukung tata rias dan busana sesuai dengan peran tokoh cerita

  1. Merah memiliki kesan menarik dan memiliki arti simbolis berani, agresif, atau aktif. Pada drama tari cocok untuk tokoh peranan raja sombong, ksatria agresif, putri yang aktif dan dinamisme.
  2. Biru memiliki kesan tentram dan memiliki arti simbolis kesetiaan. Pada drama tari cocok untuk tokoh ksatria dan putri- putri yang setia kepada negara dan penuh pengabdian.
  3. Hitam memiliki kesan kebijaksanaan. Pada drama tari cocok untuk raja- raja, ksatria, putri- putri dan pendeta yang bijaksana.
  4. Kuning memiliki arti simbolis penuh kegembiraan.
  5. Putih memiliki kesan muda atau suci.

3. Panggung Media Pentas Seni Tari

Bentuk panggung sangat mempengaruhi penyajian tari, oleh sebab itu sebelum pementasan diharapkan penari perlu mengetahui bagaimana bentuk panggung, letak dan posisi penonton.

Panggung Media Pentas Seni Tari
Panggung Media Pentas Seni Tari

Macam- macam tempat pertunjukan :

a. Tempat pertunjukan tradisional
  1. Bali di halaman Pure.
  2. Jawa Tengah di Pendopo.
  3. Irian Jaya, Kalimantan, Sumatera utara di lapangan terbuka.
b. Tempat pertunjukan modern
  1. Proscenium : arah penonton dari depan.
  2. Tapal Kuda : arah penonton dari 3 arah.
  3. Teater arena : Penonton dari segala arah.

4. Tata Lampu Media Pentas Seni Tari

Tata lampu merupakan salah satu unsur pendukung dalam penciptaan suasana dan pencahayaan dan warna yang mengundang makna. Tata lampu untuk pentas, bukan sekedar penerang.

Lampu- lampu khusus itu disebut spot light. selain itu juga sering mempergunakan warna- warna khusus yang disebut colour medium. Warna biru memberi suasana tenteram, hijau memberi suasana sejuk, kuning memberi suasana gembira, merah memberi suasana panas.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.