Memahami Ciri-Ciri Serta Jenis Arthropoda

Diposting pada 983 views

Ciri – ciri Arthopoda

Arthropoda adalah hewan yang memiliki ciri khas berupa kaki yang berbuku-buku dan beruas. Antar buku dihubungkan melalui lembaran elastis yang memudahkan gerakan kaki dan badan. Kata arthropoda berasal dari bahasa Yunani yang artinya arthros (berbuku-buku) dan podos (kaki).

Dalam sejarah evolusi, kelompok arthropoda adalah jenis hewan yang paling sukses mengembangkan jenisnya. 75% hewan di muka Bumi adalah arthropoda.

Arthropoda yang bermukim di dalam gua juga mengendalikan peran penting dalam proses adaptasi kehidupan. 80% hewan khas vegetasi gua merupakan jenis hewan ini.

Ditilik dari segi morfologis tubuhnya, ciri Arthropoda adalah memiliki bentuk badan yang beruas-ruas dengan jumlah ruas 21 atau lebih.

Tiap ruasnya memiliki sepasang anggota badan yang mereduksi atau mengalami perubahan bentuk dan juga fungsi sesuai kebutuhan masing-masing kelompok. Ciri khas penting lain dalam arthropoda adalah tidak adanya struktur tulang di tubuhnya.

Arthropoda

Gantinya adalah arthropoda memiliki dinding badan keras yang menutupi sekujur tubuh luarnya sebagai pelindung bagian dalam tubuhnya (eksosekeleton). Bagian keras di luar struktur tubuhnya ini memiliki zat penguat yang disebut kitin. Meski tekstur-nya keras, namun struktur ini masih memungkinkan terjadinya pergerakan di antar tiap ruas.

Secara umum, ciri-ciri arthropoda dapat digolongkan sebagai berikut:

  • Tubuh dan kakinya memiliki bagian sebanyak 3 buah.
  • Rangka luar tubuhnya dilindungi zat kitin sehingga tubuhnya sangat kuat dan kaku.
  • Hidup di darat, laut dan air tawar.
  • Umumnya hidup secara bebas, namun ada juga yang hidup secara parasit pada tumbuhan, hewan maupun manusia.
  •  Tergolong filum dengan anggota terbesar diantara spesies jenis avertebrata atau invertebrata.
  • Bernafas dengan trakea, paru-paru atau insang.
  • Terjadi parthenogenesis pada beberapa jenisnya.
  • Memakai nefridium (alat ekskresi) yang berpasangan.
  • Bersistem saraf tangga tali.

Jenis Arthropoda

Berdasarkan struktur badannya, digolonngkan menjadi 4 jenis yaitu:

1. Crustacea (Kelompok Udang-Udangan)

Crustacea hidup di air laut dan air tawar. Tubuhnya bersegmen dan bagian tubuhnya terdiri atas kepala dan dada yang menyatu serta abdomen (perut). Bagian kepala crustacea memiliki alat mulut yaitu sepasang antena.

Alat geraknya dengan menggunakan kaki satu pasang di ruas-ruas abdomen yang juga berfungsi untuk berenang dan menempel di perairan dasar. Sebagain dari sistem pernapasannya menggunakan insang.

2. Myriapoda (Hewan dengan Kaki Banyak)

Myriapoda merupakan gabungan kelas Diplopoda dan Chiloploda dengan tubuh beruas-ruas serta di tiap bagian ruasnya memiliki sepasang atau dua pasang kaki. Tubuhnya terbagi atas bagian kepala dan abdomen.

Habitatnya di darat dan banyak dijumpai di daerah tropis khususnya di tempat yang sampah seperti bawah bebatuan atau kebun.

3. Arachnoidea

Asal kata arachnoidea adalah dari bahasa Yunani yaitu arachno (laba-laba). Kelompok arachnoidea memang meliputi hewan seperti laba-laba, kalajengking, tungau atau, dan caplak. Arachnoidea sifatnya sebagai parasit yang merugikan manusia, tumbuhan dan hewan.

Ciri-cirinya adalah memiliki tubuh bersegmen dengan enam pasang anggota untuk bergerak, hidupnya dapat di darat, laut atau parasit pada tumbuhan, hewan dan manusia, jumlah matanya bisa beragam tergantung jenisnya dan memiliki sebagian mata tunggal.

4. Insecta (Serangga)

Insecta diambil dari bahasa Latin yaitu insecti yang artinya serangga. Insecta merupakan satu-satunya jenis dalam kelompok invertebrata yang bisa terbang.

Penyebarannya sangat luas dan memiliki tingkat keanekaragaman tinggi dibanding kelas lainnya. Habitatnya mulai dari perairan hingga ke wilayah puncak gunung, tersebar di daerah khatulistiwa hingga kutub.

Nah di atas adalah ulasan mengenai ciri serta Klasifikasi Arthropoda. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.