Tentang Dongeng dan Cara Membuat Dongeng

Diposting pada 2.039 views

Dongeng dan Cara Membuat Dongeng. Dongeng adalah suatu cerita yang mengisahkan tentang kejadian yang luar biasa dan berada di luar nalar manusia. Dongeng ini merupakan salah satu bentuk sastra lama yang penuh dengan khayalan namun sarat dengan nilai moral.

Dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar ada dan tidak terjadi di dunia nyata. Dan dongeng merupakan warisan budaya dari nenek moyang kita yang sangat berharga dan sarat dengan nilai-nilai kebaikan, sehingga patut untuk dilestarikan. Dalam artikel kali ini akan dijelaskan mengenai pengertian dongeng, ciri-ciri dan jenis serta bagaimana cara membuat dongeng.

Membuat Dongeng
Membuat Dongeng

1. Pengertian Dongeng

Disebutkan oleh Bascom di dalam Danandjaja bahwasanya dongeng merupakan sebuah prosa, yang tidak dianggap benar-benar terjadi oleh si empunya cerita dan dongeng tidak terikat oleh waktu atau-pun tempat.

2. Ciri-ciri Dongeng

Sebagai sebuah prosa, dongeng memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakan dengan karya prosa lainnya seperti sejarah, roman, novel atau cerpen. Adapun ciri-ciri dongeng adalah sebagai berikut:

  1. Sifatnya anonim, artinya nama pengarang tidak diketahui.
  2. Menggunakan alur yang sederhana.
  3. Ceritanya singkat dan bersifat pralogism yakni memiliki logika sendiri yang logika tersebut tidak sesuai dengan logika umum.
  4. Cerita merupakan miliki bersama.
  5. Ceritanya disampaikan secara lisan.
  6. Pesan cerita terkadang langsung ter-gambar dalam cerita.

3. Jenis-Jenis Dongeng

Kita sering mendengar atau membaca tentang legenda Banyuwangi atau kisah si Malin Kundang, atau tentang si kancil, binatang cerdik dalam menghadapi musuh-musuhnya. Ini menggambarkan bahwa dongeng tidak hanya terdiri dari satu jenis, namun terdapat beberapa jenis dongeng.

Adapun jenis-jenis dongeng adalah seperti di bawah ini:

a. Fabel

Fabel adalah cerita yang menjadikan binatang sebagai tokoh cerita dengan menceritakan kisah tentang kehidupan mereka. Tokoh binatang yang banyak diangkat dalam fabel adalah si kancil dan kawan-kawannya.

b. Hikayat

Hikayat adalah sebuah dongeng yang mengisahkan tentang cerita kepahlawanan, misalnya adalah hikayat si miskin

c. Mite

Mite merupakan sebuah dongeng yang mengisahkan tentang kehidupan makhluk halus atau dewa dan dewi. Misalnya adalah dongeng Dewi Sri, dongeng Nyi Rara Kidul atau Nyi Blorong.

d. Legenda

Legenda adalah cerita yang lahir dan ada di tengah masyarakat yang biasanya berhubungan dengan suatu peristiwa atau kejadian yang mengakibatkan munculnya cerita tentang asal usul suatu kondisi alam atau nama daerah. Misalnya adalah legenda danau toba atau legenda Banyuwangi.

e. Parabel

Parabel adalah sebuah dongeng yang banyak menggunakan perumpamaan dan di dalamnya terdapat banyak kiasan dan tujuannya adalah untuk mendidik pembaca atau pendengar. Misalnya adalah kisah tentang sepasang selot kulit.

f. Dongeng Orang Pendir

Dongeng Orang Pendir adalah dongeng mengisahkan sebuah cerita jenaka entah itu karena pengalaman konyol si tokoh atau karena kecerdikan si tokoh yang akhirnya dapat menimbulkan gelak tawa. Misalnya yang banyak kita dengar adalah cerita tentang Abu Nawas.

g. Sage

Sage adalah sebuah dongeng yang terdapat unsur sejarah di dalamnya, akan tetapi kebenarannya tetap sulit untuk dipercaya karena adanya fantasi dan khayalan yang juga ada di dalamnya. Contohnya adalah cerita tentang Jaka Tarub atau Ciung Wanara.

4. Cara Membuat Dongeng

Setelah mempelajari tentang pengertian dongeng, ciri-ciri dongeng berikut jenis-jenis dongeng, sekarang yang akan dibahas adalah mengenai cara membuat dongeng. Nah, berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk membuat sebuah dongeng:

a. Tentukan jenis dongeng

Ini adalah hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat dongeng selain menentukan tema dongeng.

b. Setting dongeng

Hal yang selanjutnya adalah pikirkan mengenai waktu dan tempat dongeng. Karena kita berada di Indonesia, alangkah lebih baiknya jika kita mengambil setting tempat di Indonesia juga.

c. Buat Alur Cerita

Alur cerita atau jalan cerita juga merupakan salah satu unsur yang penting dalam membuat sebuah cerita. Kita juga bisa memasukkan keajaiban-keajaiban yang diciptakan oleh tokoh meskipun keajaiban ini bisa diganti dengan yang lain.

d. Gunakan Bahasa Yang Mudah

Karena umumnya penikmat dongeng adalah anak-anak, pastikan menggunakan bahasa yang mudah untuk dimengerti. Jangan menggunakan susunan kalimat yang bisa mengandung banyak arti dan hendaknya tidak terlalu bermain dengan diksi.

e. Perhatikan EYD dan Tanda Baca

Ini juga merupakan salah satu hal yang penting. Apalagi tanda baca. Jika kita keliru dalam menempatkan tanda baca, itu bisa menyebabkan terjadinya salah paham dan maksud yang sebenarnya dari penulis tidak bisa tersampaikan dengan baik kepada pembaca

f. Sisipkan pesan moral

Karena dongeng adalah cerita yang sangat berdekatan dengan anak, menyisipkan pesan moral dalam sebuah dongeng tentu saja adalah sebuah hal yang penting

Nah itulah ulasan mengenai dongeng termasuk ciri-ciri dan jenis dongeng serta cara yang bisa dilakukan jika ingin membuat dongeng. Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.