Tips Agar Anak Mau Menabung di Usia Dini

Diposting pada 425 views

Mengajari Anak Menabung

Mengajari anak menabung, apakah bisa anak usia dini kita ajari menabung? Bisa kok, dan lebih tepatnya “sangat bisa”

Mengajari Anak menabung

Lalu seperti apa caranya? Mari simak ulasan berikut.

Untuk bisa menabung, kita tidak harus menunggu anak sampai berumur dewasa dulu. Anak usia dini pun bahkan bisa kita ajari untuk menabung. Untuk itu, pada tahap awal, atau kuncinya, Anda harus terlebih dulu mengenalkan arti uang dan manfaatnya.

Pentingnya Pemahaman Arti dan Fungsi Uang bagi Anak Usia Dini

Menabung merupakan hal baru yang bisa diterapkan sekaligus dimengertii oleh anak usia dini, tergantung bagaimana cara Anda memberikan pengertian. Akan tetapi, ada hal yang harus Anda lakukan, yaitu memberikan pengertian tentang uang beserta manfaatnya. Seperti contoh berikut:

  • Setelah anak Anda bisa berhitung, segeralah kenalkan dengan yang namanya uang. Bagaimana menggunakan uang dengan baik, pemahaman pentingnya menabung, dan lain sebagainya.
  • Berikan juga pengertian pada anak Anda tentang perbedaan keinginan dan kebutuhan. Tanamkan benar-benar bahwa yang harus didahulukan adalah kebutuhan, bukan keinginan.
  • Berikan anak Anda uang saku hanya yang sesuai dengan kebutuhannya saja, secukupnya. Anda juga lebih baik memberinya uang saku sekaligus untuk satu minggu. Hal ini ditujukan agar anak bisa mengatur keuangan selama satu minggu tersebut. Hal ini juga sekaligus melatih disiplin anak.
  • Mulai berikan pengertian mengapa menabung merupakan hal yang penting yang harus dimulai sejak usia dini. Berikan pengertian juga tentang tujuan menabung. Anda bisa mengambil contoh, jika anak Anda menginginkan suatu mainan, maka untuk bisa membeli mainan tersebut salah satu caranya adalah dengan menabung.

Cara Mengajari Anak Menabung

Menjadikan anak Anda mau menabung tidaklah susah. Maka dari itu, disimak cara mudah mengajari anak menabung berikut ini:

1. Celengan

Belikanlah anak Anda celengan supaya anak Anda lebih semangat lagi untuk menabung. Bentuk celengan pun bisa Anda pilihkan yang lucu, berwarna-warni dan pastinya membuat anak Anda tertarik untuk mengisinya dengan uang.

Anda juga bisa menjanjikan untuk membelikan celengan yang baru dan lebih bagus jika celengan yang sebelumnya sudah penuh terisi oleh uang kepada anak Anda. Sangat mudah bukan?

2. Reward

Berikan reward atau penghargaan utntuk anak Anda jika anak Anda mau berhasil mengisi penuh celengannya.

Reward disini tidak harus berbentuk materi. Anda juga bisa mengajaknya makan makanan favoritnya di luar rumah, mengajak ke tempat yang ingin anak Anda kunjungi dekat rumah, ataupun Anda bisa hanya dengan mengajaknya jalan-jalan saja.

Intinya, kita hanya perlu memberikan motivasi berupa iming-iming agar mereka lebih semangat lagi menabungnya.

3. Uang Jajan

Anda bisa memberikan pengertian kepada anak Anda agar rajin menabung dengan cara menyisihkan sebagian dari uang jajannya. Dalam hal ini, Anda sendirilah yang harus melakukannya, bukan anak Anda.

Akan tetapi sikap dan tindakan Anda juga harus terbuka kepada anak Anda jika Anda melakukan pemotongan uang saku anak Anda, harus sama-sama saling tahu berapa nominal yang Anda potong untuk Anda sisihkan sebagai tabungan anak Anda.

Anda bisa membelanjakan uang hasil pemotongan tersebut untuk keperluan sekolah anak Anda, dengan sepengetahuan dan persetujuan dari anak Anda.

4. Tabungan Bank

Jika anak Anda sekiranya sudah mulai terbiasa untuk disiplin dalam menabung, Anda bisa membukakan rekening tabungan khusus. Rekening khusus ini tentunya atas nama anak Anda, dengan desain kartu dan buku tabuungan yang lucu dan menarik bahkan bisa kita request sesuai tokoh kartun kesukaan anak Anda jika tersedia.

Buat jadwal kapan anak Anda harus setor uagnya ke bank, dan perlihatkan saldonya. Sehingga anak Anda lebih termotivasi untuk terus menambah jumlah saldo tabungannya.

5. Beri Contoh

Anak, apalagi jika masih usa dini, merupakan penyontoh ulung perilaku orang tuanya. Hal ini bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk mengajak anak Anda setiap kali Anda berkunjung ke bank untuk menyetorkan (menabung) uang. Lama kelamaan si anak pasti ingin melakukan hal yang sama, yaitu menabung di bank seperti yang Anda lakukan.

Demikian tips yang bisa saya berikan mengajari anak menabung di usianya yang masih dini. Semoga membantu.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.