Mengenal Bagian Darah dan Fungsinya

Diposting pada 3.546 views

Mengenal Bagian Darah dan Fungsinya ~ Darah merupakan komponen yang sangat penting dalam tubuh manusia. Tanpa darah, manusia tidak akan dapat bertahan hidup karena tidak ada yang mengangkut sari-sari makanan ke sel-sel tubuh, tidak ada yang berperang melawan bakteri dan virus jahat, serta tidak ada yang mengatur suhu tubuh.

Karena sangat vital-nya peran darah, manusia akan lemah dan bisa meninggal bila tubuhnya kekurangan darah akibat sakit atau kecelakaan. Oleh karena itu, tindakan transfusi darah biasanya harus dilakukan agar jumlah darah yang hilang dapat segera tergantikan dan tidak membahayakan nyawa.

Darah manusia terdiri atas dua komponen yaitu plasma darah dan sel-sel darah. Plasma berbentuk cair sedangkan sel-sel darah berbentuk padat. Keduanya memiliki peran dan fungsi masing-masing. Ingin tahu bagaimana bentuk, cara kerja dan fungsi kedua komponen darah tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Bagian Darah dan Fungsinya
Mengenal Bagian Darah dan Fungsinya

Mengenal Bagian Darah dan Fungsinya

1. Plasma Darah

Plasma darah berbentuk cairan berwarna jernih kekuningan. Plasma darah memiliki kandungan 90% air dan sisa 10% nya adalah larutan bermacam-macam zat, diantaranya sari makanan, hormon, enzim, mineral, antibodi dan zat sisa makanan.

Fungsi plasma darah adalah untuk mengangkut sari-sari makanan ke seluruh sel tubuh dan juga mengangkut zat sisa metabolisme ke alat sekresi (pengeluaran).

Protein yang terkandung dalam plasma darah adalah albumin, globulin dan fibrinogen dengan penjelasan sebagai berikut:

a. Albumin

Peran albumin adalah untuk mengatur tekanan darah.

b. Globunin

Dikenal juga sebagai immunoglobulin untuk melawan bakteri dan bibit penyakit.

c. Fibrinogen

Fibrinogen berperan untuk proses pembekuan darah dengan membentuk benang-benang fibrin saat tubuh mengalami luka terbuka.

Baca Juga  Buah Tomat dan khasiatnya

2. Sel Darah Merah

Sel darah merah (eritrosit) memiliki bentuk bulat pipih dengan cekungan di tengah (bikonkaf) serta tidak memiliki inti.

Fungsi eritrosit adalah untuk mengikat oksigen dan juga karbon dioksida. Warna merah disebabkan oleh senyawa protein bernama hemoglobin yang mengandung zat besi.

Hemoglobin inilah yang mengikat oksigen. Eritrosit dibentuk di sumsum merah dalam tulang pipih lalu diedarkan oleh pembuluh darah ke seluruh tubuh.

Usia eritrosit berkisar sekitar 120 hari lalu bila sudah tua akan dibongkar oleh limpa dan hati untuk diubah menjadi zat warna empedu. Zat warna empedu (bilirubin) ini berfungsi memberi warna pada feses manusia.

3. Sel Darah Putih

Sel darah putih (leukosit) memiliki bentuk yang tak beraturan, memiliki inti sel bulat dan cekung, juga tidak berwarna. Leukosit terbentuk pada sumsum merah pada tulang pipih, kelenjar getah bening dan limpa.

Usia leukosit adalah sekitar 6-8 hari. Leukosit memiliki 5 bagian yaitu; Monosit, Limfosit, Basofil, Eosinofil, dan Neutrofil.

Neutrofil adalah jenis leukosit yang paling banyak dalam tubuh yaitu sejumlah 60%. Fungsinya adalah untuk menyerang dan membunuh bakteri pembawa penyakit. Limfosit jumlahnya sekitar 20-30% dan bertugas membentuk antibodi (protein pelawan penyakit).

Monosit jumlahnya sekitar 5-10% dan juga berfungsi menyerang dan membunuh bakteri. Adapun jumlah eosinofil adalah sekitar 5% dan berfungsi menyerang bakteri, membuang sisa sel yang telah rusak dan mengatur pelepasan zat kimia untuk membasmi bakteri.

Yang terakhir, basofil berjumlah sekitar 1% dan berfungsi mencegah penggumpalan darah.

4. Keping-Keping Darah

Keping-keping darah (trombosit) berbentuk tidak beraturan mirip pecahan keramik, tidak memiliki inti dan tidak berwarna.

Dalam kondisi tubuh normal, manusia dapat memproduksi sekitar 250.000 keping darah tiap milimiter kubik jumlah darah. Fungsi dari trombosit adalah berperan penting dalam proses pembekuan darah.

Baca Juga  Proses Fotosintesis Dan Berbagai Faktor Yang Mempengaruhinya

Semoga ulasan Mengenal Bagian Darah dan Fungsinya di atas dapat menambah wawasan anda mengenai daras beserta fungsinya. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.