Mengenal Ikan Cupang ( Betta splendens)

Diposting pada 308 views
Ikan cupang (Betta spelndens) merupakan ikan hias yang banyak digemari para hobis di semua kalangan, baik anak-anak hingga di usia dewasa. Hal tersebut disebabkan karena kecantikan dan keindahan dari ikan cupang ini membuat daya tarik yang luar biasa bagi peng-hobi ikan ini. 

Ikan ini juga sering diperlombakan dalam ajang kontes keindahan dari ikan cupang ini. Dan pada umumnya juga ikan ini bagi anak-anak juga sering dijadikan ikan untuk di adu bersama dengan cupang lainnya atau milik dari teman atau dari ikan cupang mana pun yang di dapat untuk di adu atau di laga. 

Betta spelndens merupakan salah satu ikan dari ordo Percomorphoidei, Subordo Anabantoidei, Famili Anabantidae. Ikan cupang ini sering disebut dengan Fighting Fish karena ikan sering di adu dengan jenis ikan cupang lainnya.

Pada awalnya, cupang dikenal sebagai ikan aduan sejak lebih dari 2 abad yang lalu. Para nenek moyang bangsa Thai merupakan bangsa pertama yang menangkap dan memperkenalkan cupang dari alam untuk di adu. 


Di Thailand, menyabung cupang sama dengan menyabung ayam. Kebiasaan ini menjadi tradisi yang mendatangkan keuntungan finansial dari sektor pariwisata. 

Tradisi tersebut berlangsung sejak ratusan tahun hingga menghasilkan berbagai cupang silangan yang memiliki sirip luar biasa dan menghebohkan para pecinta ikan hias di semua kalangan ataupun belahan negara mana-pun. Makanya sampai saat inilah ikan cupang sangat digemari oleh masyarakat baik untuk ikan aduan maupun ikan hias bagi para hobis.
Mengenal Ikan Cupang ( Betta splendens)

Banyak juga yang mengira bahwa ikan cupang ini merupakan ikan yang biasa-biasa saja dan tidak bernilai ekonomis. 


Namun bila anda benar-benar menekuni dan ulet dibidang ini dan pandai juga dalam perawatan ikan cupang, anda akan banyak meraup keuntungan dan menghasilkan banyak uang karena minat ikan cupang dipasaran sangatlah berkembang dan banyak diminati yang bernilai dari belasan ribu hingga jutaan rupiah.

Klasifikasi ikan cupang berdasarkan ilmu taksonomi hewan (sistem pengelompokan hewan berdasarkan bentuk tubuh dan sifat-sifatnya) sebagai berikut :

  • Filum : Chordata
  • Subfilum : Craeniata
  • Kelas : Osteichthyes
  • Subkelas : Actinopterygii
  • Superordo : Teleostei
  • Ordo : Percomorphoidei
  • Subordo : Anabantoidei
  • Famili : Anabantidae
  • Genus : Betta
  • Spesies : Betta splendens 

Semoga artikel yang sederhana ini dapat berguna dan bermanfaat untuk menambah wawasan tentang ikan cupang (Betta splendens).


“Salam Genus (Generasi Penerus)”
Loading...
loading...

One thought on “Mengenal Ikan Cupang ( Betta splendens)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.