Mengenal jenis musik Gondang Batak Sumatera Utara

Diposting pada 4.655 views
Di Negara Indonesia ini memiliki banyak sekali jenis musik yang bermacam-macam. Hal tersebut tentu saja karena banyaknya suku-suku yang terdapat di Indonesia ini sehingga di hampir seluruh pulau di Indonesia ini memiliki suatu budaya dan seni yang tersendiri. 

Tentu saja di setiap budaya maupun seni, selalu diikuti dan disertai adanya tarian dan pertunjukan yang dilaksanakan baik diadakan tiap bulan maupun tiap tahunnya di setiap acara adat atau-pun dalam melakukan syukuran tahunan dan lain sebagainya.

Dari berbagai macam jenis musik maupun karya musik yang cukup terkenal dari Sumatera Utara adalah seni musik Gondang Batak. Kesenian ini merupakan salah satu khas untuk suku Batak. Diketahui bahwa musik tradisi masyarakat Batak Toba ini disebut sebagai Gondang. Dari hasil penelurusan bahwa kata ‘gondang‘ ini memiliki tiga arti yaitu :
    Mengenal jenis musik Gondang Batak Sumatera Utara

  1. Komposisi ini yang ditemukan dalam jenis musik tersebut, seperti komposisi berjudul Gondang Mula-mula, Gondang Haroharo dsb.
  2. Satu jenis musik tradisi Batak Toba
  3. Alat musik “kendang”
Dari sumber yang diketahui bahwa ada dua ansambel musik gondang, yaitu:
  • Gondang Sabangunan yang biasa dimainkan di luar rumah atau di halaman rumah; dan 
  • Gondang Hasapi yang biasa dimainkan di dalam rumah. 

Pada Gondang Sabangunan terdiri dari 

1. Sarune Bolon atau suatu jenis alat tiup/obo, 
2. Taganing yang merupakan suatu perlengkapan yang terdiri dari lima kendang yang dikunci dan punya peran melodis dengan sarune tersebut, 
3. Gordong merupakan suatu kendang besar yang menonjolkan irama ritme, 
4. Serta terdapat pula empat gong yang disebut ogung dan hesek sebuah alat perkusi yang biasanya ada sebuah botol yang dipukul dengan batang kayu atau logam yang bertujuan untuk membantu irama saat memainkan musiknya.
Sarune Bolon adalah alat tiup double reed (obo) yang mirip dengan alat-alat lain yang bias ditemukan di Jawa, India, Cina dsb. 
Pada pemain Sarune menggunakan teknik yang disebut marsiulak hosa (kembalikan nafas terus-menerus) dan biarkan pemain untuk memainkan frase-frase yang panjang sekali tanpa henti untuk tarik nafas. 
Diketahui pula bahwa tangga nada pada gondang sabangunan disusun dengan cara yang sangat unik. Tangga nada-nya yang dikunci dalam cara yang hampir sama (tidak sama persis) dengan nada yang dimulai dari urutan pertama sampai ke lima tangga nada diatonik-mayor yang ditemukan di musik Barat, seperti do, re, mi, fa, sol. Tangga nada ini membentuk tangga nada pentatonik yang sangat unik dan sepertinya tidak bisa ditemukan di tempat atau daerah lain di dunia.
Sama halnya seperti musik gamelan yang di temukan di Jawa dan Bali, sistem tangga nada yang dipakai dalam musik gondang punya variasi di antara setiap ansambel. Dimana variasi ini bisa ditimbulkan dari estetis pemain. 
Berdasarkan informasi dari http://samosir.info, Gondang Batak merupakan salah satu karya seni musik batak yang sangat kaya dan menjadi kekaguman bagi dunia. Repertoar-nya yang beragam memenuhi segala kebutuhan seni yang digunakan untuk beragaman kegiatan seperti pada upacara keagamaan, adat, dan hiburan.
Mengenal jenis musik Gondang Batak Sumatera Utara
Demikianlah artikel ini semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk menambah wawasan tentang Gondang Batak Toba ini.
Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.