Mengetahui Jenis Infeksi Jamur Pada Kulit Manusia

Diposting pada 171 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Kulit merupakan suatu lapisan terluar dari tubuh manusia yang memiliki sensitifitas terhadap suatu rangsangan ataupun sesuatu yang mengenainya sehingga dapat menghasilkan efek atau hasil yang biasa banyak kemungkinan terjadi. 

Oleh karena itu artikel ini membahas tentang jenis infeksi jamur kulit yang dapat terjadi dan sering diketahui banyak orang. Pada dasarnya, penyakit kulit itu sendiri muncul karena beberapa faktor. Dan sering salah satunya dari faktor kebersihan. Hendaknya dalam menjaga kebersihan, dengan rajin mandi saja tidaklah cukup. 

Banyak yang harus diperhatikan seperti kondisi keadaan sekitar yang pada umumnya bermasalah pada sanitasi-nya, tentang pembuangan sampah-sampah yang sudah tepat atau masih berserakan tanpa adanya tempat pembuangan sampah yang tepat karena hal tersebut juga mampu menyebabkan infeksi.

Dan yang paling dekat dengan kebiasaan sehari-hari kita yang kita gunakan yaitu seperti handuk, apakah sudah bersih? Karena handuk merupakan juga salah satu indicator pembawa jamur maupun jenis penyakit lainnya, sebab dari handuk ini dapat menularkan berbagai jenis penyakit kulit lainnya, walau handuk tersebut sering kita gunakan, namun dapat menginfeksi kita maupun orang yang ada di lingkungan keluarga anda yang tanpa sengaja menggunakannya. 
Oleh karena itu perlulah dijaga kebersihan-nya agar kuman-kuman tidak terus menempel di handuk tersebut. Memang penting menjaga kebersihan yang cenderung kita gunakan yang memiliki bahan kain sebab itu merupakan suatu tempat/wadah kuman menempel dan berkembang biak.
Mengetahui Jenis Infeksi Jamur Pada Kulit Manusia
Pada umumnya infeksi jamur pada kulit memang tidak memiliki resiko kematian namun membuat orang atau yang merasakan langsung dampak dari infeksi jamur tersebut menyebabkan rasa gatal-gatal yang sangat mengganggu dan membuat gelisah orang yang terinfeksinya. Tentu saja kalau sudah begitu pasti tidaklah baik bila terus dibiarkan saja. Hasil dari infeksi itu biasanya menghasilkan suatu bekas atau luka yang merah yang bila terus digarut akan semakin gatal dan semakin menyebar daerah infeksinya.

Jenis infeksi jamur yang biasa ditemukan yaitu;

1. Kurap ( dermatofitosis)

Kurap terdiri dari Tinea apatis yang menyerang kulit kepala, Tinea Kruris pada lipatan kulit, Tinea Manus pada kulit telapak tangan, Tinea Pedis pada sela jari kaki, Tinea Korporis pada permukaan kulit.

2. Panu (pitiriasis versikolor

Panu merupakan suatu penyakit kulit yang menyerang hingga memberikan bercak putih, merah, atau hitam.

3. Infeksi candida (kandidosis)

Infeksi Candida terjadi pada lipatan kulit, sela jari, sela paha, ketiak, bawah payudara, mulut (sariawan), genetalia (keputihan), dan ruam popok.
Demikianlah artikel tentang jenis infeksi jamur pada kulit manusia ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.
Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.