Mengingat Kembali Permainan Egrang

Diposting pada 205 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Egrang merupakan suatu salah satu permainan tradisional Indonesia yang belum diketahui secara pasti dari mana aslinya jenis permainan ini. 
Namun hampir di semua wilayah tersebar luas jenis permainan yang terbuat dari bambu ini. Tapi dengan nama-nama yang dikenal berbeda di setiap wilayahnya. Bisa dilihat kalau kita berkunjung di Sumatera Barat dengan sebutan Tengkak-tengkak dari kata Tengkak (pincang) dan bila anda datang ke Bengkulu untuk jenis permainan ini sering disebut Ingkau yang dalam bahasa Bengkulu memiliki arti sepatu bambu.

Dan beda lagi jikalau anda berkunjung ke wilayah Jawa Tengah, masyarakatnya menyebut jenis permainan ini dengan sebutan Jangkungan yang berasal dari nama burung berkaki panjang.

Mengingat Kembali Permainan Egrang


Banyak lagi sebutan-sebutan jenis permainan egrang ini di setiap wilayah yang terdapat egrang ini. Namun pada umumnya jenis permainan ini tetaplah sama cara memainkan permainan ini. Pada umumnya jenis permainan ini terbuat dari bahan bambu, dan juga memiliki ukuran yang bervariasi, ada yang memiliki panjang kurang lebih dari 2,5 meter dan di 50 cm dari bawah bambu tersebut dibuat sebuah pijakan untuk tempat kaki memijak dan mampu berdiri ketika egrang di bawa berjalan dengan ukuran lebar sekitar 15 cm meter maupun senyaman mungkin. 

Jenis permainan ini biasanya diperlombakan pada ajang 17 Agustus-an, atau di hari Kemerdekaan. Namun tak hanya itu apabila anak-anak tidak memiliki jenis permainan lainnya, maka jenis permainan inilah yang sangat gemar dimainkan oleh banyak kalangan anak-anak sebab memiliki tingkat keseruan yang sangat luar biasa. Lomba ini biasanya mengadu kecepatan ketika memainkan jenis permainan ini, dimana siapa yang paling cepat sampai finish tanpa jatuh dan mengalahkan pemain lainnya, jadi dari itu maka ia disebut pemenang dalam jenis permainan tradisional egrang ini.

Oleh karena itu jenis permainan ini paling sangat digemari dan merupakan salah satu jenis permainan tradisional yang sangat melatih keseimbangan dan ketrampilan dalam memainkannya. Tak sering pula ketika belajar bermain egrang ini banyak sering terjatuh namun banyak pula orang bangkit untuk mencoba memainkannya kembali untuk mampu bermain egrang dengan benar dan terampil.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda tentang egrang ini.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.