Cara Tepat Mengobati Luka Pada Penderita Diabetes

Diposting pada 96 views

Mengobati Luka Pada Penderita Diabetes. Merawat luka yang disebabkan oleh penyakit diabetes, tentu membutuhkan perhatian yang lebih. Luka yang timbul di bagian kaki dapat mengganggu peredaran vaskular serta terganggunya neuropati dan infeksi. Hal- hal inilah yang membuat luka pada penderita diabetes susah diobati.

Bagi para penderita diabetes sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Hal ini dilakukan supaya kondisi luka bisa dengan cepat diketahui oleh pihak medis. Alhasil penderita akan mendapatkan perawatan yang tepat dengan segera.

Luka kecil sebaiknya dibersihkan dengan rajin. Gunakan air serta sabun sebelum dikeringkan dan ditutup menggunakan perban. Dokter biasanya akan memberi resep obat oles, namun jika luka yang diderita telah sangat parah, pasien akan dianjurkan menggunakan antibiotik sesuai dengan penyebab terjadi infeksi.

Jika telah ada jaringan yang mati dan meluas, maka tindakan operasi bisa saja dilakukan. Selain disarankan menggunakan jasa medis untuk mengobati luka, namun pasien juga bisa menggunakan cara mengobati diabetes secara alami saat berada di rumah.

Mengobati Luka Pada Penderita Diabetes
Mengobati Luka Pada Penderita Diabetes

Cara Mengobati Luka Penderita Diabetes

Ada beberapa cara tradisional yang dapat dilakukan untuk mengobati luka diabetes seperti ulasan kami yang berikut ini. Silahkan disimak!

1. Gula dan Es batu

Saat luka diabetes menyebabkan terjadinya kulit robek, pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara menghentikan pendarahan. Anda bisa menaburkan gula pada bagian yang terluka. Anda juga bisa menggosokkan es batu pada bagian luka tersebut.

2. Kunyit

Cara mengobati diabetes lainnya adalah dengan cara menggunakan kunyit. Penggunaan rempah yang satu ini mampu menghindarkan anda dari terjadinya infeksi dan menghentikan pendarahan pada luka . Perhatikan luka anda dan jaga supaya tetap bersih.

Baca Juga  Daftar Jenis Makanan yang di Sarankan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

3. Madu dan Bawang putih

Anda bisa membalut luka diabetes yang sebelumnya telah diolesi dengan madu. Madu mampu berperan sebagai antiseptik sehingga dapat membantu membunuh bakteri pada luka. Tambahkan bawang putih jika perlu.

Bawang putih mengandung zat alisin yang juga terkenal sebagai anti mikrobakteri. Jangan lupa untuk mengulang pembalutan luka sebanyak 3 kali dalam sehari.

4. Daun pisang dan Bawang putih

Penggunaan daun pisang dapat digunakan untuk mengurangi terjadinya pergeseran. Sementara bawang putih yang mengandung anti mikroba alisin, mampu mempercepat terjadinya penyembuhan pada luka. Anda cukup menghaluskan bawang putih lalu tempelkan pada bagian luka tersebut.

Luka pada diabetes jika tidak segera mendapatkan penanganan, dapat menyebar sehingga membahayakan bagian tubuh yang lain. Lakukan pengobatan secara rutin untuk menghindari luka yang semakin parah.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *