Pengertian dan Ciri-Ciri Negara Maju serta Negara Berkembang

Diposting pada 1.374 views

Dunia ini memiliki banyak negara berdaulat yang berdiri dan melangsungkan pemerintahannya. Berdasarkan ekonomi dan kondisi sosialnya, negara-negara di dunia dapat dikelompokkan menjadi dua golongan besar, yakni negara maju dan negara berkembang.

Negara maju sering diidentikkan dengan penduduknya yang serba sejahtera, fasilitas mumpuni, dan keadaan ekonomi negara yang cukup baik dan stabil, keadaan ini bisa tercermin pada negara besar seperti AS, Inggris, Perancis, UEA, dan lain-lain.

Sedangkan negara berkembang, kebanyakan masih dalam tahap mengembangkan negaranya, dengan kata lain dari segi kesejahteraan masyarakat dan ekonomi negaranya masih kalah dibanding negara maju. Beberapa contoh negara berkembang diantaranya Indonesia, India, Malaysia, dan lain-lain.

Negara Maju dan Negara Berkembang
Negara Maju dan Negara Berkembang

Pengertian dan Ciri-Ciri Negara Maju serta Negara Berkembang

Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang

1. Pengertian Negara maju

Negara maju adalah negara yang mempunyai angka kesejahteraan masyarakat tinggi. Pendapatan perkapita penduduknya tergolong di atas rata-rata penduduk di negara berkembang.

Pembangunan di negara maju juga bisa dianggap cepat dan merata. Hampir seluruh wilayah negaranya sudah tersentuh pembangunan dan teknologi. Kualitas pendidikan di negara maju juga cukup baik.

2. Pengertian Negara berkembang

Keadaan di negara berkembang berbanding terbalik dengan negara maju. Negara berkembang adalah negara yang masih dalam tahap membangun dan berkembang. Pembangunan di negara ini masih terproses dan belum merata.

Kesejahteraan penduduknya juga tergolong masih rendah. Pendapatan perkapita penduduknya juga rendah. Pada negara berkembang rata-rata masih banyak masyarakat yang buta huruf.

Ciri-ciri Negara Maju dan Negara Berkembang

1. Ciri-ciri Negara maju

Negara maju umumnya banyak terletak di benua Eropa, Amerika utara, dan beberapa wilayah Asia, seperti Jepang, Uni Emirat Arab, Belanda, Inggris, USA, ataupun Qatar. Nama terakhir bahkan disebut-sebut sebagai negara terkaya di dunia.

  1. Aktivitas perekonomian dan lainnya sudah didukung oleh teknologi canggih yang dapat memudahkan tenaga manusia.
  2. Perkembangan ilmu pengetahuan dan edukasi terbilang cukup pesat. Hal ini pula yang mendukung kegiatan industri di negara maju menjadi sangat baik.
  3. Intensitas mobilitas yang cukup tinggi.
  4. Masyarakat mandiri.
  5. Pendapatan perkapita masyarakatnya tinggi.
  6. Angka harapan hidup di negara maju lumayan tinggi.
  7. Tidak terlalu tergantung pada hasil dan kondisi alam.
  8. Pendidikan berkualitas.
  9. Ekspor lebih banyak dari pada impor.
  10. Aktif dalam kegiatan ekspor-eskpor hasil tambang, peternakan, pertanian, dan perkebunan. Dari sini dapat kita simpulkan pula pada negara maju memiliki industri pertanian yang sangat baik.
Baca Juga  Penggunaan Papan Tulis Sebagai Media Belajar

2. Ciri-ciri Negara berkembang

Negara berkembang banyak terdapat di wilayah Afrika, sebagian besar Asia, dan juga Amerika Latin. Contohnya seperti Indonesia, Zimbabwe, Brazil, Costa Rica, dan lain-lain.

  1. Aktivitas masyarakat masih cenderung memakai peralatan tradisional.
  2. Intensitas mobilitas rendah.
  3. Penduduk kurang mandiri.
  4. Angka harapan hidup cukup rendah.
  5. Masih terlalu tergantung pada hasil dan kondisi alam.
  6. Pendidikan masih rendah.
  7. Tingkat pertumbuhan penduduknya terlalu tinggi dan seringkali tidak terkendali.
  8. Kegiatan impor cenderung lebih tinggi dari ekspor.
  9. Industri pertanian dan peternakannya jarang untuk diekspor, kebanyakan masih digunakan untuk mencukupi kebutuhan negara sendiri.
  10. Pendapatan masyarakatnya masih tergolong rendah

Indikator Negara Maju dan Negara Berkembang

Adapun beberapa indikator yang menentukan suatu negara merupakan negara maju atau berkembang antara lain.

  1. Tingkat kemiskinan penduduk, tingkat kesejahteraan suatu negara dapat tergambarkan jelas pada tingkat kemiskinan penduduknya. Semakin rendah kemiskinan penduduk, semakin sejahtera negara tersebut.
  2. Angka kematian bayi atau ibu melahirkan, umumnya angka kematian bayi dan ibu melahirkan di negara maju cenderung lebih sedikit dari pada di negara berkembang.
  3. Angka melek huruf, negara bisa dikatakan maju jika angka melek hurufnya rendah. Seperti contoh di Amerika Serikat yang angka melek hurufnya bahkan sudah mencapai 100%.
  4. Tingkat pengangguran, hampir sama seperti poin nomor 1, semakin banyak angka pengangguran suatu negara, maka semakin rendah tingkat kesejahteraannya.
  5. Pendapatan perkapita, pendapatan perkapita penduduk di suatu negara juga menggambarkan kemakmuran negara tersebut.

Itulah pengertian, ciri-ciri, dan contoh negara maju dan negara berkembang. Negara maju tidak berarti negara tersebut sudah tidak berkembang, negara maju tetaplah negara yang sudah berkembang namun bedanya perkembangannya lebih cepat dari negara-negara lain.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.