Para Penemu Virus Dan Sejarahnya

Diposting pada 22.089 views

Virus merupakan racun yang dapat dengan mudah ditularkan melalui udara atau kontak fisik, tahukah Anda siapa penemu virus dan bagaimana virus itu di temukan? Berikut ulasannya penemu virus dan sejarahnya.

Penemu Virus dan Sejarahnya
Penemu Virus dan Sejarahnya

Penemu Virus dan Sejarahnya

1. Adolf Mayer Penemu Virus Pertama 1883

Berawal dari penelitian penyakit mosaik di dalam tanaman tembakau, Mayer menemukan bercak-bercak pada daun yang di indikasi menghambat pertumbuhan tanaman. Mayer mulai bereksperimen dengan menularkan penyakit pada tanaman yang terinfeksi penyakit mosaik ke tanaman yang sehat dengan menyemprotkan getahnya.

Tumbuhan sehat setelah beberapa hari kemudian sakit, Mayer mencoba melihat bakteri pada daun tembakau yang terinfeksi itu dengan microskop. Namun, bakteri itu tak terlihat, sehingan Mayer berpikir bahwa itu adalah jenis bakteri baru yang berukuran lebih kecil. Dan Adolf Mayer memberinya nama Virus.

2. Dmitri Ivanovski 1892

Ilmuwan yang berasal dari Russia ini juga melakukan percobaan mosaik pada tembakau di tahun 1892, Dmitri melakukan percobaan dengan menyaring getah dari tembakau sakit menggunakan saringan khusus bakteri. Kemudian bakteri itu ditularkan pada tanaman lain yang masih sehat.

Hasilnya sama dengan Mayer, Dmitri juga menyimpulkan bahwa penyakit mosaik yang menyerang tembakau merupakan hasil dari bakteri patogenik yang berukuran sangat kecil yang dapat melewati saringan khususnya.

3. Martinus Beijerinck 1899

Ahli botani asal Belanda membuktikan bahwa kemampuan bakteri patogen tersebut tidak berkurang meskipun telah dipindahkan beberapa kali, berbeda dengan sifat bakteri. Bakteri patogen yang menginfeksi mosaik ini tidak dapat dinonaktifkan dengan alkohol, karena itulah Beijerinck menyebut bakteri ini filterable virus yakni Virus yang lolos saringan.

4. Wendell M. Stanley 1935

Ilmuwan dari Amerika Serikat ini sukses mengkristalkan partikel penginfeksi tembakau tersebut pada tahun 1935, selain dapat mengkristalkan Stanley juga berhasil mengisolasi virus. Penemuan ini merupakan titik terang yang menjadi awal perkembangan penelitian tentang virus.

Sekarang ini ada study khusus yang mempelajari tentang virus lebih mendalam, study tersebut disebut ilmu Virologi. Wendell Meredith Stanley adalah seorang biokimiawan yang menyediakan virus mosaik untuk tembakau, satu unit virus lengkapnya disebut virion.

Stanley memproduksi kristal acerose dengan sifat infektif virus yang baik. Penemuan revolusioner Stanley ini membuktikan bentuk yang tak biasa pada virus hidup yang diwakili.Eksperimen dan penemuannya ini telah mengantarkan Wendell Meredith Stanley pada sebuah penghargaan Nobel di bidang Kimia tahun 1946.

Itulah sejarah penemu Virus dari waktu ke waktu, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.