Pengertian Pendidikan Multikultural dan Beragam Contohnya

Diposting pada 351 views

Pendidikan Multikultural ~ Indonesia terkenal akan keberagaman agama, ras, dan budayanya. Dan seperti yang kita tahu, masyarakat Indonesia sangat plural dengan keberagaman tersebut. Ini merupakan keunikan tersendiri yang dimiliki Bangsa Indonesia. Namun, tak jarang keberagaman diantara masyarakat Indonesia menimbulkan jurang perbedaan dan permasalahan.

Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut kini mulai dimunculkan Pendidikan Multikultural sebagai media pengikis jurang perbedaan, yang mana diharapkan masyarakat Indonesia dapat saling menguatkan satu sama lain dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pendidikan Multikultural

Pengertian Pendidikan Multikultural Menurut Para Ahli

Tahukah Anda apa pengertian dari pendidikan multikultural? Pendidikan multikultural secara umum dipahami sebagai salah satu program pendidikan yang di dalamnya senantiasa mengusung prinsip atau ideologi untuk menghormati, memahami dan saling menghargai harkat martabat manusia dengan beragam latar belakang agama, budaya, suku, sosial, ekonomi, ras, negara dan bahasa.

Berasal dari gabungan dua kata pendidikan dan multikultural, pendidikan merujuk pada pengertian tentang suatu proses yang bertujuan mengembangkan perilaku dan sikap seseorang maupun sekelompok orang supaya terbentuk pribadi yang lebih dewasa dengan cara memberikan layanan berupa pengajaran, perbuatan dan pelatihan dengan pola didikan yang tepat. Sementara multikultural sendiri dipahami sebagai keragaman budaya yang tampak nyata terlihat dari latar belakang seseorang.

Untuk lebih memahami tentang pengertian Pendidikan Multikultural, berikut ini kami uraikan beberapa pengertian pendidikan multikultural menurut para ahli:

1. Herman Soetomo

Herman Soetomo mengungkapkan bahwa pendidikan multikultural merupakan suatu bentuk inovasi pendidikan yang diwujudkan dengan gerakan pembaharuan dalam rangka menanamkan betapa pentingnya kehidupan bersama dalam keberagaman dan perbedaan dengan semangat kesetaraan, saling memahami, saling percaya, menghargai persamaan dan perbedaan juga beragam keunikan suku, etnis dan agama.

Baca Juga  Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional (UN) Agar Sukses

Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan suatu relasi dan interdependensi dalam kondisi yang saling menghargai dan menerima perbedaan pendapat dengan pikiran yang positif dan terbuka guna menemukan jalan terbaik untuk menyelesaikan konflik dan menciptakan perdamaian melalui rasa cinta kasih yang tulus antar sesama. Dengan demikian wujud nyata pembelajaran dalam pendidikan multikultural tidak terlepaskan dari konsep-konsep pembaharuan pendidikan. Pembaharuan pendidikan terkait dengan konsep yang konstruktif sebagai perwujudan pendidikan multikultural.

2. Hujair A. H. Sanaky

Menurut Hujair A.H. Sanaky pengertian pendidikan multikultural merujuk pada proses pembaharuan sistem pendidikan berbasis keberagaman yang bersifat strategis, problematik, aspiratif dan senantiasa menyentuh aspek aplikasi sehingga dapat merespon setiap kebutuhan masyarakatnya.

3. Musa Asy’arie

Menurut Musa Asy’arie pendidikan multikultural merupakan suatu proses pemberian pelatihan tentang cara hidup untuk saling menghormati dengan tulus dan meningkatkan sikap toleransi terhadap keberagaman budaya Indonesia yang sangat plural.

4. Ainurrofiq Dawam

Ainurrofiq Dawam mengungkapkan bahwa pendidikan multikultural adalah suatu proses yang berkesinambungan dalam upaya mengembangkan potensi dan ketrampilan yang dimiliki manusia dengan cara menghargai heterogenitas dan pluralitas sebagai sebuah konsekuensi akan adanya keberagaman suku, etnis, budaya maupun aliran (agama).

5. H.A.R Tilaar

Menurut H.A.R Tilaar, pengertian pendidikan multikultural merujuk pada suatu wacana lintas batas yang bertujuan mengupas berbagai persoalan tentang hak asasi manusia, keadilan sosial, musyawarah, agama, moral, edukasi dan isu-isu politik.

6. Zubaedi

Zubaedi menjelaskan bahwa pendidikan multikultural ialah suatu proses pembaharuan yang berupaya merubah komponen pendidikan termasuk di dalamnya terdapat struktur, materi pengajaran, aturan prosedur, kurikulum, nilai dasar pendidikan dan kebijakan pemerintah untuk merefleksikan munculnya pluralisme budaya sebagai suatu realitas masyarakat Indonesia.

Baca Juga  Pengertian dan Pemahaman Istilah Berawal Huruf E

Contoh-Contoh Pendekatan Pendidikan Multikultural

Sesudah mengetahui beberapa pengertian pendidikan multikultural menurut beberapa ahli. Berikut ini kami sajikan uraian tentang beberapa contoh pendekatan dalam pendidikan multikultural. Dalam kurikulum pendidikan multikultural, terdapat beberapa pendekatan yang digunakan dalam upaya mensukseskan program ini. Inilah beberapa contoh pendekatan tersebut:

1. Mengembangkan Apresiasi dan Menghindarkan Dikotomi Melalui Kompetensi Kebudayaan

Melakukan peningkatan kompetensi beberapa kebudayaan sehingga mampu menjauhkan diri dari konsep dikotomi antara non pribumi dan pribumi. Dalam contoh pendekatan ini pendidikan multikultural memiliki potensi untuk mengembangkan apresiasi dan menghindarkan dikotomi melalui kompetensi kebudayaan yang dimiliki masing-masing kebudayaan yang bekaitan.

2. Meningkatkan Interaksi Positif dan Sangat Inisiatif Antar Peserta Didik

Memelihara komunikasi yang baik dan menjaga etika satu sama lainnya dengan kelompok atau individu yang memiliki kompetensi dalam suatu kebudayaan.

3. Adopsi dan Adaptasi Beragam Kebudayaan yang Ada

Melakukan adopsi beberapa kebudayaan lalu menyesuaikannya menurut kondisi yang ada.

4. Peningkatan Pemahaman Tentang Keberagaman

Mengupayakan peningkatan pemahaman tentang perbedaan maupun persamaan di kalangan siswa yang berasal dari berbagai etnis, suku maupun agama.

Nah, demikianlah diatas ulasan terkait pengertian pendidikan multikultural dilengkapi dengan contoh pendekatannya. Semoga ulasan di atas semakin membuka wawasan kita tentang konsep pendidikan multikultural dan perannya dalam menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *