Penerapan Pendidikan Pancasila di Lingkungan Sekolah

Diposting pada 5.477 views

Pendidikan Pancasila

Pancasila merupakan dasar dari negara Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah pedoman yang mendasari sikap dalam berbangsa dan bernegara, karena itu pendidikan Pancasila sangat penting.

Pendidikan Pancasila

Sebagai warga negara yang taat, kita harus senantiasa menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam kelima sila Pancasila. Dan hal ini dapat dipupuk sedini mungkin melalui lingkungan sekolah. Berikut adalah beberapa cara penerapan Pancasila di lingkungan sekolah :

1. Melatih Siswa untuk Rajin Beribadah

Sesuai dengan sila pertama pada Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, maka Anda harus melatih siswa untuk rajin melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinan masing-masing.

Salah satu cara yang dapat dilakukan dengan cara mengadakan shalat dzuhur berjamaah setiap hari atau mengadakan shalat jum’at rutin di sekolah. Selain itu, ibadah lain yang juga dapat diterapkan sejak dini adalah dengan membiasakan amal setiap kurun waktu tertentu, misalnya.

2. Guru Harus Memberikan Contoh yang Baik

Anak-anak masih memiliki sikap yang labil sehingga mereka akan meniru sikap orang lebih dewasa yang ada di sekitarnya. Anda bisa memberikan contoh yang baik dengan cara datang tepat waktu di sekolah, bersikap sopan santun dengan semua warga di sekolah dan sekitarnya dengan berjabat tangan atau mengucapkan salam.

Selain itu, Anda juga harus membiasakan diri untuk bersikap adil terhadap semua murid tanpa membeda-bedakan nilai SARA. Dan yang paling penting, hindari bersikap marah-marah pada siswa. Karena hal ini dapat membuat anak-anak menjadi kurang menerapkan sikap hormat dengan sesama dan guru.

3. Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila

Dengan materi pembelajaran tentang Pancasila yang disampaikan secara rutin, minimal setiap 1 minggu, maka siswa dapat lebih memahami dan menerapkan sikap sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

4. Memberikan Nasihat Jika Murid Melakukan Pelanggaran

Perlu ditekankan bahwa menasehati berbeda dengan memarahi. Anak-anak yang diberi nasehat akan lebih mudah paham dan tahu resiko yang didapat jika mengulangi pelanggaran tersebut. Sehingga mereka dapat mengubah sikapnya menjadi lebih baik dan sesuai dengan butir-butir Pancasila.

5. Melatih Siswa Bersikap Disiplin

Tidak hanya di lingkungan masyarakat, di sekolah juga harus dibentuk peraturan. Sehingga semua aktivitas dapat berjalan lancar. Adanya peraturan dapat membuat siswa tahu resiko yang didapat jika melanggar aturan sehingga mereka tidak akan melakukan pelanggaran tersebut.

Hal kecil yang bisa diterapkan di sekolah adalah dengan membuat peraturan yang wajib diikuti yaitu datang di sekolah paling lamabat pukul 07.00. dan jika melakukan pelanggaran pertama bisa dilakukan dengan teguran, dan pelanggaran kedua bisa dilanjutkan dengan konsekuensi yang lain.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.