Pengertian dan Definisi Ringkas Internet

Diposting pada 147 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia )


Di dalam artikel ini saya akan membahas secara ringkas tentang Pengertian dan Definisi Internet. Internet berasal dari kata Interconnection Network yang berarti jaringan rangkaian komputer dengan rangkaian komputer lain di seluruh dunia. Internet dapat juga dikatakan sebagai sumber data dan informasi. Internet merupakan suatu sarana pertukaran data dan informasi dalam waktu yang sangat cepat tanpa adanya jarak fisik antarkomputer.


Diketahui bahwa internet merupakan suatu jaringan yang menjangkau seluruh dunia. Dengan menggunakan berbagai fasilitas internet, kita dapat saling bertukar informasi secara global di seluruh dunia tanpa ada batas, dimensi ruang dan waktu bahkan dapat menembus birokrasi dan protokoler. Dengan hadirnya internet ini dimungkinkan di setiap orang dapat mengakses informasi yang tersimpan di dalam komputer di belahan dunia manapun.


Pengertian dan Definisi Ringkas Internet


Pada umumnya isi internet yaitu beragam informasi. Internet ini dapat dimisalkan suatu database atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap. Bahkan internet dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain yang disebut dunia maya karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di internet seperti bisnis , olahraga, hiburan dan lain sebagainya.

Bila digunakan dengan benar internet ini tentu memiliki suatu manfaat yang baik bagi kita seperti untuk berkomunikasi dan bertukar informasi, file, data, suara, gambar dan sebagainya dengan orang ataupun lembaga diseluruh dunia. Hampir semua orang yang mengetahui internet tahu bahwa internet merupakan suatu sistem dengan komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.


Setiap komputer dan jaringan yang terhubung secara langsung maupun tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit. Contoh 202.155.4.230. internet adalah suatu jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, hukum dan budaya. Secara fisik, jaringan internet dianalogikan sebagai jaring laba-laba (The Web) yang menyelimuti bola dunia terdiri dari titik (node) yang saling berhubungan.

Demikianlah artikel ini dibuat dengan sederhana semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Baca Juga  Metode Diskusi dalam Pembelajaran
Loading...
loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *