Pengertian dan manfaat Globe

Diposting pada 12.233 views

Pengertian Globe

Apakah globe itu? Globe adalah tiruan bentuk muka bumi dalam ukuran kecil, Globe juga di sebut bola dunia merupakan alat peraga geografi yang paling mudah dipahami karena bentuknya yang menyerupai bumi sebenarnya.

Globe berasal dari kata atau bahas latin yaitu globus yang berarti bola atau bulatan. Globe diciptakan pertama kali oleh Anximander pada abad ke 6 SM. Dan disempurnakan dengan penambahan citra seluruh bumi oleh Martin Behaim di Nurnberg, Jerman pada tahun 1492.
Pengertian dan manfaat Globe
Diketemukannya globe tersebut memberi kepercayaan kepada Christoper Columbus (1459 – 1507), seorang penjelajah dari Spanyol untuk berlayar ke barat menuju dunia timur.

Kenapa Globe terpasang selalu dalam kedudukan miring?

Globe yang selalu kita lihat selalu terpasang dalam keadaan miring atau tidak tegak lurus dengan bidang permukaan tempat globe terpasang.

Karena hal ini disesuaikan dengan poros bumi yang juga miring sebesar 66,5 persen dari bidang edarnya atau disebut sebagai ekliptika.

Manfaat Globe

Pengertian dan manfaat Globe

Banyak informasi dan manfaat yang diperoleh dari adanya Globe, antara lain:
1. Dapat menirukan gerak rotasi bumi dan revolusi bumi dan mengetahui persebaran bentuk kenampakan alam yang ada di dunia.
2. Dapat memberi informasi tentang letak astronomi suatu wilayah di permukaan bumi dengan tepat.
3. Dapat memberikan informasi tentang titik koordinat astronomis suatu lokasi.
4. Dapat memberi informasi terjadinya gerhana dan memproyeksikan daerah di bumi yang mengalami gerhana.
5. Dapat memberi informasi tentang pembagian iklim berdasar garis lintang.
6. Dapat memberi informasi pembagian waktu di dunia.
Loading...
loading...

One thought on “Pengertian dan manfaat Globe

  1. Globe atau bola dunia adalah miniatur bumi yang memuat tujuh benua. Di dalamnya terdapat peta dunia, lengkap dengan arah mata angin. Tahukah anda siapa yang pertama kali menemukan Globe? Dia adalah seorang ilmuwan yang bernama Al-Idrisi.

    Nama lengkapnya adalah Abu Abdullah Muhammad Ibn Muhammad Ibn Abdullah Ibn Idris Ash-Sharif, tapi dia lebih populer dengan nama Ash-Sharif Al-Idrisi Al-Qurtubi. Orang banyak menyebutnya Dresses. Al-Idrisi lahir di Ceuta Spanyol pada tahun 1099. Al-Idrisi menempuh pendidikannya di Cordova. Selebihnya dia banyak berpetualang untuk mempertajam pengetahuannya terutama di bidang geografi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.