Pengertian, Fungsi dan Bagian Organ Reproduksi Laki-laki / Pria

Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia )

Pengertian Organ Reproduksi Laki-laki

Organ reproduksi laki-laki/pria adalah bagian-bagian tubuh laki-laki yang dipergunakan untuk melakukan proses reproduksi.

Bagian-bagian Organ Reproduksi Laki-laki

Organ reproduksi laki-laki antara lain adalah:

1. Skrotum

Skrotum merupakan lapisan kulit berbentuk kantung yang melindungi testis yang berada di luar tubuh. Skrotum mengatur suhu yang cocok bagi kehidupan sperma.

2. Testis

Testis adalah tempat pembentukan sel kelamin jantan (spermatozoa) dan hormon kelamin (testoteron). Testis berbentuk bulat telur, berjumlah sepasang dan berada pada posisi skrotum.

3. Tubulus Seminiferus

Bagian ini merupakan pembuluh halus yang berada di dalam testis. Pada dinding tubulus terdapat spermatogonium yang diploid.
Diantara tubulus seminiferus terdapat sel-sel interstitial yang menghasilkan hormon testoteron dan hormon kelamin jantan yang lain. Pada tubulus juga terdapat sel-sel berukuran besar yang disebut sel Sertoil yang berfungsi sebagai penyedia makanan bagi spermatozoa.

4. Epididimis

Epididimis merupakan bagian yang berfungsi sebagai tempat pematangan sperma lebih lanjut dan penyimpanan sementara sperma yang dihasilkan dari testis. Terjadi proses pematangan sperma di bagian ini.

5. Vas Deferens

Bagian ini merupakan saluran yang menghubungkan epididimis dengan kantung sperma.
Pengertian, Fungsi dan Bagian Organ Reproduksi Laki-laki / Pria

6. Vesikula Seminalis

Bagian yang berfungsi untuk menampung sperma sebelum dikeluarkan. Jumlah nya sepasang dan berada di bagian atas dan bagian bawah kantung kemih. Pada bagian ini dihasilkan 60% lebih total semen.
Cairan yang dihasilkan oleh vesikula seminalis berwarna jernih, kental, berlendir, mengandung asam amino dan fruktosa. Fungsi cairan ini adalah untuk memberi makan sperma.
Vesikula seminalis juga mengekskresikan protaglandin yang berfungsi mendorong semen agar mencapai uterus.

7. Uretra

Uretra adalah saluran yang berfungsi membawa sperma dan urine agar keluar dari tubuh.

8. Penis

Penis merupakan alat untuk memasukkan sperma ke dalam alat reproduksi perempuan.

9. Kelenjar Prostat

Bagian ini merupakan kelenjar yang memproduksi larutan asam yang berwarna putih.

10. Kelenjar Cowpery

Atau juga disebut sebagai kelenjar bulbouretral adalah bagian kelenjar yang menghasilkan cairan alkali untuk menetralkan suasana asam dalam uretra. Kelenjar ini merupakan kelenjar yang berukuran kecil, berjumlah sepasang dan terletak di sepanjang uretra.
Loading...
loading...

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *