Aliexpress INT
Kirim Artikel
Need Backlink From This Web PRchecker.info

Pengertian Gray Matter dan White Matter pada otak

Secara umum otak terdiri dari 2 tipe jaringan berbeda, yang dinamakan Gray Matter ( penghubung abu-abu ) dan White Matter ( penghubung putih ). Berdasarkan penelitian yang dilakukan Richard Haier ( dari Universitas of California), Irvine Led dan koleganya Rex Jung ( dari University of New Mexico), diketahui bahwa terdapat perbedaan mengenai banyaknya Gray Matter dan White Matter pada otak pria dan wanita.


Dalam penelitian yang dilakukan menggunakan teknik neuroimaging dan telah dipublikasikan dalam jurnal Neuroimage ini, disebutkan bahwa otak wanita lebih banyak memiliki jaringan penghubung putih ( white matter ), sedangkan pria memiliki lebih banyak jaringan penghubung abu-abu ( gray matter ).

Materi abu-abu merupakan komponen utama sistem saraf pusat, terdiri dari sel saraf tubuh, neuropil ( dendrit serta akson un-myelin dan mylin ), sel-sel glial ( astroglia dan oligodendrocytes ), dan kapiler.


Pengertian Gray Matter dan White Matter pada otak
Sedangkan materi putih sebagian besar terdiri dari akson myelin ( zat lemak putih ).


Di dalam otak manusia, gray matter berfungsi sebagai pusat pemrosesan / menganalisa informasi, sedangkan white matter bekerja menghubungkan pusat-pusat informasi / analisis.


Mereka menyatakan bahwa pria memiliki kecenderungan menggunakan gray matter sedangakan wanita cenderung menggunakan white matter dalam berfikir dan bertindak.

Jika diibaratkan dengan komponen komputer, materi abu-abu merupakan prosesor komputer ( elemen utama ), sedangkan materi putih adalah jaringan kabel yang menghubungkan elemen komputer.

Artinya, materi abu-abu merupakan pusat informasi dan materi putih adalah jaringan pusat-pusat pengolahan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa pria lebih banyak berfikir dengan memanfaatkan materi abu-abu otak, sedangkan wanita dengan materi putih.

Dari penelitian di atas, ditemukan bahwa pada umumnya pria memiliki materi abu-abu 6,5 kali lebih banyak / besar dari wanita.

Hasil penelitian ini dapat menjelaskan mengapa pria cenderung lebih unggul pada bidang yang membutuhkan proses lokal seperti matematika. Sementara wanita lebih unggul pada bidang integrasi dan asimilasi penyesuaian ) informasi seperti kemampuan bahasa.

Juga diketahui bahwa serabut penghubung antara belahan otak kanan ( intuisi ) dan kiri ( logika ) pada wanita lebih sedikit dibandingkan pria. Konon karena perbedaan inilah yang mempengaruhi cara wanita dan pria memproses informasi dan komunikasi. Dari itu konon laki-laki lebih suka bicara langsung sesuai tujuannya sementara pembicaraan wanita lebih mempertimbangkan rasa.

Selanjutnya perbedaan otak pria dan wanita pada keseimbangan penggunaan otak kanan dan kiri yang dapat di baca DISINI
[post_ads]

Loading...
loading...
4 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *