Pengertian kelahiran Fraternal dan Identik (kembar)

Diposting pada 868 views
Mungkin anda pernah mendengar istilah-istilah kelahiran ganda atau bahkan melihat orang yang kembar. Baik ada yang kembar wajahnya dan sejenis sedangkan ada juga mungkin terlihat anda kelahiran yang kembar tapi memiliki jenis kelamin yang berbeda. 

Nah jangan terkejut bila anda menjumpai dan terlihat anda seperti itu sebab hal tersebut merupakan suatu kelahiran yang sudah banyak terlahirkan dengan keadaaan hingga ada yang cacad. Tapi di artikel ini tidak membahas tentang cacad yang dialami saat kelahiran ganda.


Kelahiran ganda (multiple birth) adalah suatu kelahiran dua atau lebih individu pada satu masa kehamilan yang sama terjadi pada saat itu. Jika anak yang dihasilkan atau dilahirkan hingga tiga disebut triplets, jika hingga empat disebut quadruplets, dan jika hingga lima disebut quintuplets


Kelahiran ganda yang umum terjadi adalah kembar dua (twins). Kembar dua ini terjadi jika ada dua individu di dalam uterus pada satu masa kehamilan yang sama. Ada dua jenis kelahiran kembar, yaitu kembar fraternal dan identik. 

Pada kelahiran fraternal, kembar yang lahir bias berbeda kelamin. Sedangkan pada kelahiran identik, kembar yang lahir memiliki jenis kelamin yang sama.


Pada kembar fraternal, dua embrio berasal dari dua ovum yang dibuahi oleh dua sperma. Anak-anak kembar fraternal dapat dilihat kemiripannya yang satu dengan kembarannya. Tapi ada juga terlihat sangan berbeda. 


Kembar identik berasal dari satu ovum yang dibuahi oleh satu sel sperma. Peleburan itu menghasilkan satu zigot, yang kemudian membelah menjadi dua embrio. Kedua embrio tumbuh menjadi fetus pada rahim yang sama. 

Anak- anak yang kembar identik ini memiliki penampakan yang mirip, walau pada akhirnya akan terlihat berbeda karena pilihan pada gaya hidup masing-masing.


Kembar siam ini terjadi bila zigot yang kembar identic gagal berpisah secara sempurna. Kebanyakan kasus kembar siam terjadi pada perempuan (sekitar 70-75%). Dari sebutan-sebutan untuk istilah pada kelahiran ganda tersebut, mana-mana sajakah yang sudah pernah anda jumpai dikehidupan masyarakat?


 Dan apakah anda sudah benar dalam penyebutan kembar yang anda jumpai atau terlihat anda? Apakah kembar fraternal atau kembar identik?


Demikianlah artikel ini semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda serta tidak salah lagi dalam menyebutkan kembar apa pada kelahiran ganda yang anda lihat maupun jumpai dikehidupan masyarakat.
Pengertian kelahiran Fraternal dan Identik (kembar)
Baca Juga  Uniknya Sejarah Bom Molotov

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.