PENGERTIAN LAN (LOCAL AREA NETWORK)

Diposting pada 222 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia )

Apakah semua orang sudah tahu apakah itu LAN? Nah artikel ini akan sedikit menjelaskan tentang LAN. LAN atau jaringan are lokal adalah sebuah jaringan komputer yang ruang lingkupnya relatif kecil. LAN berada dalam satu area tertentu dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi. Bisa anda lihat di gedung sekolah perkantoran. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer- komputer yang ada di dalam jaringan itu menjadi satu jaringan dengan tujuan untuk membagi sumber daya yang terdapat dalam suatu lembaga tersebut. Dengan kata lain bahwa LAN memungkinkan suatu lembaga melakukan pengolahan data dan komunikasi data dengan cepat pada komputer-komputer dan terminal-terminal dihubungkan satu sama lain.

PENGERTIAN LAN (LOCAL AREA NETWORK)

                                                           
Berikut ini adalah manfaat yang diberikan dari LAN dari beberapa sumber yaitu :

1. Information sharing: pemakaian secara bersama-sama program aplikasi dan data yang dapat tersimpan dalam suatu jaringan (server),

2. Resource sharing: pemakaian sumber daya secara bersama-sama (modem, faximile, file, printer) yang terpasang pada server,
3. Network access: user bisa mengakses jaringan yang lebih luas lagi dengan LAN lainnya dalam batas geografi yang berbeda.

Diketahui bahwa dalam sistem LAN memiliki karakteristik sebagai berikut ;

1. Komputer-komputer yang terhubung ke dalam jaringan komputer tersebut biasanya disebut dengan workstation.

2. Satu komputer biasanya dijadikan sebuah file server yang memiliki fungsi sebagai penyimpan software dan mengatur aktifitas dari suatu jaringan.

3. Biasanya pula kemampuan workstation berada di bawah dari file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya selain aplikasi untuk jaringan.
4. Diketahui bahwa kabel merupakan suatu media yang menjadi penghubung komputer-komputer yang ada di dalam satu jaringan.

Pada umumnya LAN beroperasi dengan dikendalikan oleh suatu software yang dinamakan NOS (Network Operating System) atau dengan kata lain sistem operasi jaringan, yang berfungsi untuk :

1. Memungkinkan terhubungnya satu LAN dengan LAN lainnya; dan 

2. Tersedianya otoritas data dan user/ pengguna untuk mencegah akses data yang tidak diinginkan.

3. Memungkinkan sistem operasi sebuah komputer dihubungkan dengan LAN lain untuk bisa melakukan komunikasi dengan server.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bemanfaat bagi anda.

Salam GENUS (Generasi Penerus)
Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.