Pengertian, macam motif ekonomi dan nonekonomi

Diposting pada 3.514 views

1. Pengertian Motif Ekonomi

Semua orang melakukan kegiatan pasti dengan sebuah alasan yang melatarbelakangi oleh keinginan untuk memperoleh sesuatu. Hal ini berlaku untuk semua manusia tanpa kecuali.

Karena itu keinginan seseorang menjadi alasan bagi seseorang untuk melakukan sesuatu yang mendorong untuk melakukan tindakan-tindakan tertentu. Inilah yang di sebut sebagai “motif”.
Kata “motif” berasal dari bahasa Latin , yaitu “motus” yang berarti penggerak atau pendorong.

Motif dalam hubungannya dengan ekonomi adalah alasan yang mendorong seseorang melakukan kegiatan ekonomi , usaha manusia dalam melakukan kegiatan ekonomi tentunya berbeda-beda dan bermacam, karena memiliki motif yang berbeda pula.


Baca Juga : Pengertian, macam dan pentingnya penerapan prinsip ekonomi

Pengertian, macam motif ekonomi dan nonekonomi

Macam Motif Ekonomi

Motif ekonomi bisa datang dari dalam diri manusia dan bisa datang dari luar. Motif datang yang datang dari dalam diri sendiri di sebut motif intrinsik, sedangkan motif yang datang dari luar atau dari orang lain di sebut motif eksintrik.
a. Motif Intrinsik
Motif intrinsik adalah keinginan untuk memperoleh barang atau jasa atas dasar kesadaran diri sendiri.


Contoh motif intrinsik adalah:
– Karena lapar ingin makan,
– Karena belajar ingin pandai,
– Karena lelah ingin tidur, dll.

b. Motif ekstrinsik
Motif ektrinsik adalah keinginan untuk memperoleh barang atau jasa karena dorongan orang lain atau pihak luar.


Contoh motif ekstrinsik adalah:

– Si A dan si B berbelanja di supermarket C, karena menurut teman-temanb harga barang disitu lebih murah.
– Paryo bekerja di pabrik D karena menurut teman bapak gajinya lebih tinggi.

Semakin banyak keinginan dan jumlah manusia , maka semakin banyak pula keragaman tindakan ekonomi yang terjadi.

Latar belakang Motif Ekonomi

Motif ekononmi sangat berkaitan dengan kepentingan perorangan dan kelompok, sehingga memunculkan berbagai macam motif ekonomi yang melatarbelakanginya, yaitu:


a. Motif memenui kebutuhan dan kemakmuran.

Semua manusia berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidup yang beraneka macam, itulah yang menjadi alasan manusia untuk melakukan tindakan ekonomi dengan jalan bekerja keras sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing.

Kemakmuran bisa di capai dengan terpenuhinya semua kebutuhan hidup yang diharapkan, yang pasti tidak ada manusia di dunia ini yang ingin hidup miskin.

Untuk memenuhi semua kebutuhan keluarga berbagai hal di lakukan oleh kepala keluarga dan bahkan oleh istri untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari – hari, dengan mencari peluang pekerjaan tambahan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

b. Motif mendapatakan penghargaan ekonomi

Sering kitra melihat bahwa orang bekerja keras hanya untuk mendapatkan penghargaan dari sesama, motif ini berkaitan dengan cara meraih gengsi ekonomi.

Seseorang tampil dengan gaya yang menarik dan senang memberikan pelayanan yang baik untuk mendapatkan pujian dan penghargaan dari pihak lain.

c. Motif mendapatkan kekuasaan ekonomi

Kegiatan ekonomi seseorang atau perusahaan yang telah mendapatkan kedudukan kuat, mulai ditunjukkan dengan dapat memegang kekuasaan ekonomi.

Hal itu dilakukan dengan upaya meraih kedudukan yang berpengaruh ditengah masyarakat, banyak pengusaha yang sudah mendapatkan keuntungan besar dan mencapai kemakmuran, mereka berusaha menguasai dan memonopoli barang yang diproduksinya di pasaran.


d. Motif mendapatkan keuntungan dan laba

Semua kegiatan yang dilakukan manusia tentunya dengan motif mendapatkan keuntungan yang maksimal. Itu wajar dalam tindakan ekonomi.

Baca tulisan terkait: Pengertian tindakan ekonomi dalam kegiatan sehari-hari

2. Pengertian motif nonekonomi

Saat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, manusia kadang melakukan secara emosional dan tergesa-gesa hanya untuk kepentingan sesaat.

Tindakan ini tidak memperhitungkan keuntungan dan kerugian yang dihadapi. Dorongan untuk melksanakan suatu tindakan yang tidak mempertimbangkan keuntungan dan kerugian ini dinamakan motif nonekonomi.

Macam motif nonekonomi

a. Motif melakukan kegiatan sosial

Motif melakukan kegiatan sosial adalah merupakan dorongan untuk menolong dan meringankan beban sesama manusia, hal itu dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.


b. Motif kebutuhan estetis
Motif kebutuhan estetis adalah motif atau keinginan yang berhubungan dengan keindahan.

c. Motif kebutuhan pengetahuan

Motif kebutuhan pengetahuan adalah keinginan manusia untuk serba tahu mengenai segala bentuk kehidupan di dunia. Motif ini dapat dipelajari dari berbagai bidang kehidupan.


d. Motif kebutuhan keamanan

Motif kebutuhan keamanan adalah keinginan manusia agar tidak ada gangguan, ancaman, tantangan dan hambatan yang membahayakan dirinya dalam mencapai tujuan hidup.


e. Motif kebutuhan psikologi

Motif kebutuhan psikologi adalah keinginan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup yang berhubung dengan tuntutan batiniah sehingga akan merasa senang dan bahagia kalau dapat terpenuhi.
[post_ads]

3. Perbedaan motif ekonomi dan motif nonekonomi

Setelah mengetahui tentang motif yang melatarbelakangi tindakan ekonomi di atas, masih ada motif lain yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Contoh seperti diatas menjelaskan bahwa menunjukkan manusia berbuat dan bertindak karena di dorong oleh suatu keinginan.

Keinginan yang mendorong manusia melakukan suatu tindakan itulah yang dinamakan motif. Tindakan yang didasari motif ekonomi dan motif nonekonomi sudah jelas ada perbedaannya.

Motif ekonomi:

1. Tindakan atas dasar memnuhi kebutuhan hidup,
2. Dilakukan dalan kehidupan sehari-hari,
3. Motif kegiatan berupa kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.

Motif nonekonomi:

1. Tindakan atas dasar kebutuhan nonekonomi,
2. Belum tentu dilakukan dalam kehidupan sehari-hari,
3. Motif kegiatan di luar kegiatan ekonomi.

Loading...
loading...

3 thoughts on “Pengertian, macam motif ekonomi dan nonekonomi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.