Pengertian Dan Pemahaman Istilah Berawal Huruf C

Diposting pada 273 views

Istilah Berawal Huruf C

 Istilah Berawal Huruf C

Istilah Berawal Huruf C

Pengertian dan pemahaman istilah berawal huruf C

Cahaya

Sesuatu dihasilkan dari suatu sumber cahaya. Cahaya adalah salah satu spectrum gelombang elektromagnetik.

Gelombang elektromagnetik yaitu gelombang yang merambat tanpa memerlukan medium. Cahaya dapat merambat dengan kecepatan yang besarnya 3 x 108 m/s. Gelombang cahaya merupakan gelombang transversal.

Gelombang cahaya memiliki arah getaran medan listrik dan medan magnetik yang arah rambatnya saling tegak lurus dan keduanya tegak lurus terhadap arah rambat gelombang cahaya.

Cahaya Primer

Cahaya utama atau cahaya primer adalah cahaya yang terdiri atas warna merah , hijau, dan biru. Campuran dari tiga warna itu dengan intensitas yang sama akan menghasilkan warna putih.

Cahaya Sekunder

Cahaya yang didapatkan dari pencampuran cahaya primer dengan intensitas yang sama. Warna cahaya sekunder diantaranya adalah magenta, cyan, dan kuning.

Cahaya Tampak

Salah satu spectrum gelombang elektromagnetik yang dapat dilihat oleh mata manusia. Panjang gelombang cahaya tampak bervariasi tergantung dari warnanya, mulai dari 4 x 10-7 m untuk cahaya ungu sampai 7 x 10-7 m untuk cahaya merah.

Cahaya Terpolarisasi

Cahaya yang sebagian arah getarnya terserap. Cahaya terpolarisasi arah getarnya merambat pada satu bidang getar. Jika hanya mempunyai satu arah getar disebut cahaya terpolarisasi linear.

Cahaya Tak Terpolarisasi

Jenis cahaya yang sebagian bergetar pada bidang horizontal dan sebagian lain bergetar pada bidang vertikal. Hal ini berarti cahaya tak terpolarisasi bergetar dalam beberapa arah getar.

Cahaya tak terpolarisasi dapat dibuat menjadi terpolarisasi dengan cara menyearahkan arah getar cahaya tersebut.

Carnot, Nicolay Leonard Sadi

Carnot (1796-1832) ialah salah seorang ilmuwan dari Prancis yang berperan dalam menciptakan mesin carnot.

Mesin carnot adalah sebuah mesin yang efisiensinya dipengaruhi oleh berbedaan suhu di dalam mesin itu, bukan pada jenis zatnya.

Cavitasi

Prose terbentuknya gelembung udara dalam cairan karena terjadinya penurunan tekanan. Dalam istilah kimia umum, cavitasi diartikan sebagai pembuatan emulsi dengan cara menguapkan salah satu cairan secara mendadak dengan menurunkan tekanan.

Cepat rambat Bunyi

Kecepatan bunyi untuk merambat dari satu tempat ke tempat lain. Ketika merambat, bunyi memerlukan waktu. Cepat rambat bunyi diperoleh dari hasil bagi jarak yang ditempuh bunyi dengan selang waktu.
v =s/t

Cepat Rambat Bunyi Dalam Gas

Kecepatan bunyi merambat dalam medium gas. Cepat rambat bunyi dalam gas tidak bergantung pada tekanan tetapi sebanding dengan kuadrat suhu mutlaknya.

Jika tekanan gas diubah-ubah, cepat rambat bunyi tidak berubah. Persamaan cepat rambat bunyi dalam gas adalah:

V=√(Ɣ RT/M)

Cepat Rambat Bunyi dalam zat cair

Kecepatan bunyi merambat dalam media cair. Cepat rambat bunyi di dalam zat cair dipengaruhi oleh modulus bulk cairan dan massa jenis cairan.

Cepat rambat bunyi dalam air dimanfaatkan dalam sonar, misalnya untuk mengukur kedalaman air laut.

Cepat Rambat Bunyi dalam Zat Padat

Kecepatan bunyi merambat dalam media yang padat. Cepat rambat bunyi dalam zat padat dipengaruhi oleh modulus Young dan massa jenis zat padat itu.

Cepat Rambat Gelombang

Kecepatan gelombang yang merambat dari satu tempat ke tempat yang lain. Cepat rambat gelombang menyatakan jarak tempuh gelombang dalam selang waktu tertentu.

Cepat rambat gelombang dipengaruhi oleh oleh panjang gelombang dan frekuensi atau periode gelombang yang merambat.

Persamaan cepat rambat gelombang adalah:

V= λ f atau v= λ/T

Cermin

Cermin benda transparan yang dapat memantulkan seluruh cahaya yang diterimanya. Permukaan cermin berbeda-beda, ada yang datar, cekung, dan cembung.

Cermin menghasilkan bayangan dari suatu benda yang dapat dilihat oleh mata.

Cermin Cekung

Cermin cekung adalah cermin yang permukaan dalamnya mengkilap dan dapat memantulkan cahaya. Cermin cekung bersifat mengumpulkan sinar atau konvergen.

Titik focus cermin terletak di tengah garis hubung antar titik pusat kelengkungan cermin dan titik pusat bidang cermin. Sifat bayangan yang dihasilkan berbeda-beda, tergantung letak bendanya.

Hubungan antara titik fokus, jarak benda, dan jarak bayangan dinyatakan dalam persamaan:

1/f =1/s+1/s

Bayangan yang dihasilkan juga dapat mengalami perbesaran yang dapat dinyatakan dalam

Cermin Datar

Cermin yang memiliki permukaan datar. Sifat bayangan yang dihasilkan adalah maya, tegak berlawanan arah terhadap bendanya, sama besar, dan jarak benda ke cermin sama dengan jarak bayangan dari cermin.

Cermin Cembung

Cermin yang bagian luarnya mengkilap dan dapat memantulkan cahaya. Cermin cembung bersifat menyebarkan sinar atau divergen.

Titik fokus dan titik pusat kelengkungannya terletak di bagian belakang. Sifat bayangan pada cermin cembung adalah maya, tegak, dan diperkecil. Persamaan hubungan f, s, s’, dan sama dengan persamaan pada cermin cekung.

Coulomb

Coulomb dilambangkan dengan C. Coulomb merupakan satuan SI untuk muatan listrik dan dikaitkan dengan ampere. 1 coulomb adalah banyaknya muatan listrik yang dibawa oleh arus sebesar 1 ampere yang mengalir selama 1 detik.

Muatan 1 coulomb adalah 6,24×1018 kali muatan electron. Satuan ini diambil dari nama Charles-Augustin de Coulomb.

Coulomb, Augustin

Coulomb (1736-1806) merupakan ilmuwan dari Prancis yang menyelidiki tentang gaya listrik. Dari penelitiannya ini ia juga berhasil merumuskan hokum Coulomb.

Curie, MarieCurie

Curie (1867-1934) adalah salah seorang ilmuwan wanita kelahiran Polandia. Ia bersama suaminya menyelidiki unsur radioaktif, yaitu thorium dan uranium.

Ia sukses membuktikan bahwa thorium juga bersifat radioaktif. Ia berhasil mendapatkan penghargaan Nobel fisika dan kimia atas penemuannya ini.

Curie merupakan ilmuwan pertama yang mendapat dua Hadia Nobel. Pada tahun 1903, ia bersama suaminya mendapat Hadiah Nobel atas karyanya mengenai radiasi.

Pada tahun 1900, Curie kembali mendapat Hadiah Nobel dalam bidang kimia.

Pengertian dan pemahaman istilah berawal huruf C

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.