Pengertian Rantai Makanan Beserta Macam Jenisnya

Diposting pada 2.640 views

Pengertian Rantai Makanan

Pengertian rantai makanan. Setiap mahluk hidup membutuhkan makanan untuk memenuhi asupan nutrisi dan menghasilkan energi untuk beraktifitas. Ada makhluk hidup pemakan tumbuhan disebut herbivora, ada juga makhluk hidup pemakan daging disebut karnivora, dan yang terakhir makluk hidup pemakan segalanya yaitu omnivora.

Dalam proses makanan dan bertahan hidup, masing-masing makhluk hidup akan membutuhkan bahan makanan yang diambil dari makhluk hidup lain. Nah, peristiwa dimakan dan memakan inilah yang disebut dengan rantai makanan.

Pengertian rantai makanan beserta macam jenisnya
Pengertian rantai makanan beserta macam jenisnya

Berikut Penjelasan Definisi Rantai Makanan Yang Lebih Detail

Seperti yang sudah disinggung di atas, definisi rantai makanan adalah urutan dari sebuah peristiwa memakan dan dimakan antar makhluk hidup. Di dalam suatu rantai makanan terdapat peran untuk makhluk hidup seperti peran sebagai konsumen, produsen, dan sebagai pengurai atau disebut juga dekomposer.

Pada rantai makanan terdapat suatu tingkatan di dalam sebuah ekosistem, tingkatan tersebut dinamai dengan tingkat trofik.

Susunan Tingkat Trofik Pada Rantai Makanan

Peringkat pertama pada tingkat trofik rantai makanan adalah makhluk hidup yang mampu menghasilkan atau memproduksi zat makanan sendiri. Seperti tumbuh-tumbuhan hijau yang disebut sebagai produsen.

Tingkat kedua pada rantai makanan adalah konsumen yang dibagi menjadi beberapa jenis. Pertama konsumen tingkat primer atau tingkat satu, konsumen primer ini biasanya didominasi oleh hewan pemakan tumbuhan atau herbivora.

Kedua konsumen sekunder atau tingkat dua, biasanya didominasi oleh hewan pemakan daging atau carnivora. Ketiga konsumen puncak yang menempati tingkat tropik tertinggi. Posisi ini didominasi oleh kelompok pemakan segala tumbuhan atau omnivora.

Contoh Rantai Makanan

Dari urutan di atas rantai makanan ini sebenarnya dibagi menjadi dua jenis. Berdasarkan habitatnya, yakni rantai makanan pada air atau laut dan rantai makanan pada daratan. Berikut adalah contoh rantai makanan pada daratan :

  • Tumbuhan sebagai produsen yang menyerap sinar matahari sebagai bahan bakar untuk menghasilkan makanan yang berbentuk gula dan disimpan di dalam dalam buah, biji, dan batangnya.
  • Tikus sebagai konsumen primer akan memakan tumbuhan-tumbuhan itu, kemudian Ular Konsumen tingkat sekunder akan memakan tikus, dan Burung Elang yang merupakan konsumen puncak akan memakan ular.
  • Ketika Burung Elang mati, proses pembusukannya akan diuraikan oleh mikro organisme seperti bakteri yang berperan sebagai deskomposer, hasil penguraian itu akan diserap kembali oleh tanah untuk menyuburkan tanaman.

Itulah penjelasan mengenai pengertian serta susunan rantai makanan yang dapat kita pelajari bersama, semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.