Pengertian stroke dan gejalanya

Diposting pada 246 views

Pengertian Stroke

Taukah anda apakah itu stroke ? Stroke adalah serangan otak dan merupakan kedaruratan medik. Stroke ini dapat disebabkan oleh banyak faktor dan berbagai hal, antara lain hipertensi, sakit jantung, kolesterol tinggi, diabetes mellitus (kencing manis), obesitas (kegemukan), kebiasaan merokok dan sering minum alkohol. 


Penderita hipertensi berpeluang terserang stroke empat kali lebih besar daripada bukan penderita hipertensi. Umumnya stroke terjadi pada orang berusia 40 tahun ke atas. Seorang yang terkena stroke haruslah lebih segera mendapatkan penanganan medis. 

Dengan pemberian terapi yang tepat, diharapkan sel otak yang rusak masih dapat diselamatkan. Stroke dapat ditanggulangi, dan dapat sembuh dalam 5-7 hari.

Stroke juga dapat diartikan sebagai kerusakan otak akibat tersumbatnya atau pecahnya pembuluh darah di otak. Penyumbatan yang terjadi di pembuluh darah dapat terjadi akibat penyempitan pembuluh darah (arteriosclerosis), penyumbatan oleh suatu emboli atau karena keduanya. 


Pengertian stroke dan gejalanya
Arteriosclerosis dan stroke lebih sering terjadi pada penderita tekanan darah tinggi (hipertensi). Akibat dari stroke ini juga membuat wajah menjadi tidak lagi simetris.

Walau bukan penyebab kematian nomor satu, namun stroke yang menjadi penyebab kecacatan nomor satu di dunia. Peluang hidup penderita stroke relatif baik, tapi kualitas hidupnya menjadi memburuk. Hal tersebut disebabkan kecacatan yang menyebabkan keterbatasan aktivitas dan depresi yang terjadi dan dialami oleh si penderita stroke.

Gejala Stroke

Berikut merupakan tanda-tanda ataupun gejala orang yang mengalami stroke :

  1. Kehilangan keseimbangan
  2. Gangguan berbicara
  3. Lemah atau lumpuh sebelah badan
  4. Kehilangan penglihatan
  5. Rasa baal sebelah badan.

Oleh dari itu gangguan yang terjadi akibat stroke bila terjadi sangatlah tidak baik dan sangat mengganggu kehidupan anda selanjutnya ketika anda menderita stroke


Karena sudah dijelaskan di atas bahwa stroke mampu menghambat kinerja ataupun menggurangi aktivitas anda yang disebabkan sedikitnya tubuh atau badan anda yang sulit digerakkan untuk beraktivitas. 

Jadi dari maka itu janganlah anda menyepelekan jenis gangguan seperti ini sebelum anda menyesal dan sebelum terlambat untuk diterapi maupun dipulihkan kembali.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat anda untuk lebih tahu lagi tentang bahaya penyakit stroke khususnya pada orang yang hipertensi.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.