Penggunaan dan Penjelasan Transformator Arus dan Tegangan

Diposting pada 2.077 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia )

1. Transformator arus

Transformator arus digunakan untuk mengukur arus beban pada sebuah rangkaian. Dengan penggunaan transformator arus, maka arus beban yang besar dapat diukur hanya dengan menggunakan amperemeter yang rangenya tidak terlalu besar. 

Bila sebuah transformator arus mempunyai perbandingan 100/5 A, artinya transformator mengubah arus primer dari 100 A menjadi 5 A di sisi sekunder. karena pada sisi primer selalu mengalir arus yang besar, maka sisi sekunder harus selalu dalam keadaan tertutup, bila terbuka maka transformator akan mengalami kerusakan, hal tersebut disebabkan karena tidak adanya fluks yang berasal dari sisi sekunder.

Jadi pada dasarnya defenisi serta fungsi dari transformator arus ini yaitu sebagai media pengukuran serta penurunan yang dilakukan pada sebuah arus untuk tolak ukur sebagai dasarnya yang berdasarkan perbandingan yang tertentu saja dilakukan. Transformator arus ini termasuk dalam bagian dari transformator khusus yang disebut transformator pengukuran (instrumen).
Penggunaan dan Penjelasan Transformator Arus dan Tegangan

2. Transformator Tegangan

Pada umumnya prinsip kerja transformator tegangan hampir sama dengan sebuah transformator biasa. Jadi yang membedakannya hanya pada perbandingan transformasinya, dimana transformator tegangan memiliki ketelitian yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan transformator biasa. Diketahui bahwa biasanya transformator tegangan berguna mengubah tegangan tinggi menjadi rendah.

Misalnya saja bisa dilihat pada sebuah gardu distribusi yang mempunyai tegangan 20 KV dengan transformator tegangan diturunkan menjadi 200 Volt yang digunakan untuk pengukuran.

Untuk mencegah terjadinya perbedaan tegangan yang besar antara kumparan primer dengan sekunder, karena adanya kerusakan isolasi pada kumparan primer maka pada sisi sekunder perlu dipasang pembumian.

Begitu pula pada dasarnya defenisi serta fungsi dari transformator tegangan juga tak jauh berbeda sebagai media pengukuran serta penurunan yang dilakukan pada sebuah tegangan untuk tolak ukur sebagai dasarnya yang berdasarkan perbandingan yang tertentu saja dilakukan. Transformator tegangan ini termasuk dalam bagian dari transformator khusus yang disebut transformator pengukuran (instrumen).

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.