Pentingnya Ilmu Biokimia dalam kehidupan

Diposting pada 416 views
Biokimia merupakan disiplin ilmu yang juga dibutuhkan dalam Taksonomi Tumbuhan. Dengan mengetahui kandungan kimia dari satu jenis tumbuhan, maka manfaat jenis tersebut dalam kehidupan dapat dimaksimalkan. Akibatnya upaya pembudidayaannya juga akan dilakukan secara maksimal.

Beberapa jenis bahkan banyak marga serta suku tumbuhan diambil berdasarkan kandungan kimianya seperti : Kafein ( Coffea sp), Thein (Thea assamica) Pappain (Carica papaya), Theobromin (Theobroma cacao), Canabinin (Cannabis sativa= Ganja ), Kokain (Eriytroxylon coca), Asam Bromelin (Bromeliaceae= suku nenas), Fapverin (Fapaver somniferum= candu).
Dengan diketahuinya kandungan kimia di dalam tumbuhan atau-pun tanaman akhirnya dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti Tebu (Saccharum officinarum) dan Aren (Arenga saccharrifera), Lontar (Borrasus flabellifer), Nipah (Nyfa fruiticans) merupakan tumbuhan penghasil nira yang dapat diolah menghasilkan suatu Sukrosa (C12H22O11). akan tetapi bila nira tersebut direaksikan dengan Saccharomyces tuac (kulit kayu raru) maka akan menghasilkan alkohol (Etanol = C2H5OH). Reaksi fermentasi ini ditemukan pada pembuatan tape juga yang berlangsung an-aerob (harus tertutup rapat).
Dengan adanya ilmu biokimia ini memungkinkan bahwa setiap tanaman atau-pun tumbuh-tumbuhan yang ada di muka bumi ini memiliki kandungan atau zat yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia namun tidak luput juga dengan banyaknya kandungan zat-zat yang berbahaya bagi manusia itu yang memiliki zat beracun yang mampu mematikan manusia atau-pun hewan-hewan lainnya bahkan hingga tanaman atau-pun tumbuhan lainnya apabila dimanfaatkan dan diolah oleh manusia itu dengan penggunaan ilmu biokimia ini. Jadi sungguh mulai tampak jelas peran penting biokimia dalam kehidupan yang sangat membantu kehidupan manusia maupun makhluk hidup lainnya.
Pentingnya Ilmu Biokimia dalam kehidupan
Kombinasi dari ilmu terapan kimia dengan ilmu biologi (botani) terlihat pada Biokimia dan Farmasi. Etnobotani yang sebagai jembatan antara ilmu botani dengan Farmasi, mencoba menjelaskan bahwa tumbuhan mampu bernilai obat-obatan. 

Setelah tumbuhan tersebut dikenal dan banyak di ulas, maka dicoba di ekstrak lewat jalur-jalur kimia dan kemudian dapat dipasarkan kepada konsumen-konsumen di seluruh dunia. Prinsifnya bahwa obat-obatan modern yang ada saat ini berawal dari obat-obatan tradisional yang dapat dipelajari dan dikembangkan sehingga kualitasnya menjadi lebih baik dari yang lain. 

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda tentang pentingnya ilmu biokimia dalam kehidupan.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Baca Juga  Cara mengatasi berak kapur / ijo pada ayam Siam
Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.