Aliexpress INT
Kirim Artikel
Need Backlink From This Web PRchecker.info

Perlunya Pendidikan Agama di Sekolah

Pentingnya Pendidikan Agama

Salah satu nilai yang terkandung di dalam Pancasila menyebutkan bahwa warga Indonesia harus bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Oleh sebab itu pentingnya pendidikan Agama di sekolah sebagai salah satu cara penerapan dasar negara tersebut, sebaiknya di sekolah-sekolah di Indonesia tetap diberlakukan pendidikan agama.

Agama adalah pedoman yang bisa dipegang oleh peserta didik untuk tetap menjaga norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat. Pada artikel ini, kami akan membahas pentingnya pendidikan agama di Indonesia. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Pentingnya Pendidikan Agama di Sekolah
Pentingnya Pendidikan Agama di Sekolah

Pengertian Pendidikan Agama

Pendidikan agama adalah upaya yang dilakukan oleh seorang pendidik dalam membina dan mengarahkan siswa pada ajaran agama. Tidak hanya memahami materi agam yang disampaikan, tetapi peserta didik diharapkan dapat menerapkan ajaran tersebut dalam kehidupan.

Misalnya dengan saling menghormati dan menghargai perbedaan agama yang ada di Indonesia, serta menjalin kerukunan dengan seluruh umat beragama, baik di lingkungan sekolah, di lingkungan rumah, maupun di lingkungan bermasyarakat.

Pendidikan agama perlu dijadikan sebagai bahan untuk mendidik karena bertujuan untuk membentuk insan yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Manfaat Pendidikan Agama

  1. Membentuk karakter peserta didik yang bertakwa dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menciptakan karakter siswa yang mulia karena senantiasa memiliki pedoman, sesuai yang diajarkan dalam agam masing-masing.
  3. Siswa menjadi punya batasan dalam berperilaku karena adanya pedoman yang dipercaya.
  4. Membentuk norma-norma kebaikan yang berlandaskan agama.
  5. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  6. Memberikan materi keagamaan yang lebih mendalam, sehingga peserta didik bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang baru,selain pendidikan agama yang telah diajarkan oleh para orangtua.
  7. Membentuk dan menyalurkan anak-anak sesuai bakat dan minat pada bidang keagamaan.
  8. Sebagai pedoman hidup untuk menambah pahala untuk kepentingan dunia hingga akhirat

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai pendidikan agam yang sangat diperlukan kepada peserta didik yang ada di Indonesia. Tanpa adanya pendidikan agama, kemungkinan peserta didik melanggar norma agama akan semakin meningkat.

Penerapan yang dapat dilakukan di sekolah adalah dengan membuat kegiatan keagamaan secara rutin. Misal pada siswa beragam Islam bisa rutin dilakukan kegiatan pengajian setiap pekan atau mengadakan shalat Jum’at setiap hari Jum’at. Selain itu, aktivitas yang dapat dilakukan adalah dengan mempraktekkan ajaran agama pada kehidupan nyata.

Semoga topik artikel yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Loading...
loading...

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *