Daftar Penyakit Paling Berbahaya dan Mematikan Saat Ini

Penyakit mematikan dan berbahaya di dunia ~ Hidup tenang dengan limpahan kesehatan, merupakan harapan bagi semua orang. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa menjalani hidup yang demikian.

Dengan banyaknya ragam penyakit yang ada, mulai dari jenis penyakit berat serta penyakit ringan, nyatanya mampu mengurangi harapan manusia untuk hidup seperti yang diinginkan.

Penyakit sendiri merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh virus, bakteri atau-pun gangguan kesehatan berupa kelainan sistem yang fatal pada bagian organ tubuh manusia.

Dari banyaknya jenis penyakit yang dapat mengganggu, ada beberapa jenis penyakit yang paling mematikan. Nah, untuk itu sangat penting kita mengetahui jenis penyakit apa sajakah itu dan bagaimana cara pencegahan-nya atau cara menghindarinya.

Daftar penyakit mematikan di seluruh dunia

Beberapa penyakit di bawah ini merupakan jenis penyakit mematikan, dengan angka kematian paling tinggi.

1. Penyakit jantung iskemik

penyakit mematikan jantung iskemik
Penyakit jantung iskemik

Penyakit yang satu ini merupakan jenis penyakit yang menyerang organ vital seseorang, yakni pada bagian jantung. Adapun pemicunya adalah tekanan darah tinggi, stres serta obesitas.

2. Kanker

Jenis penyakit mematikan yang selanjutnya adalah penyakit kanker. Adapun penyebab dari kanker terlebih pada negara berkembang adalah rokok. Semakin merokok dijadikan suatu kebiasaan, maka semakin tinggi pula resiko terjangkit jenis penyakit mematikan yang satu ini.

Penyakit kanker sendiri memiliki banyak jenisnya mulai dari kanker paru-paru, kanker kelenjar getah bening, kanker prostast, kanker rahim, kanker mulut, dan lain sebagainya. Selain rokok, pemicu lain dari kanker adalah masalah polusi, pola makan serta gaya hidup yang tidak sehat.

3. Stroke

Stroke
Stroke

Adapun penyebab dari penyakit stroke adalah tekanan darah tinggi. Stroke sendiri merupakan gangguan kesehatan yang terjadi akibat kerusakan pada sebagian dari otak. Hal ini dipicu oleh aliran darah arteri yang mengalami penyumbatan.

4. HIV/AIDS

Adapun organ tubuh yang diserang oleh penyakit ini adalah sistem kekebalan tubuh serta darah dalam tubuh. Penyebab datangnya AIDS adalah virus HIV, yang dapat menular melalui hubungan seks, penggunaan jarum suntik yang telah terinfeksi, serta kelahiran oleh ibu yang sebelumnya telah terkena HIV.

5. Hepatitis

Hepatitis
Hepatitis

Hepatitis ialah salah satu penyakit mematikan saat ini. Penyakit ini terjadi karena adanya peradangan yang berpotensi melukai organ hati manusia.

Penyakit hepatitis ini sangat berbahaya, sebab racun yang di timbulkan, bukan hanya merusak hati saja melainkan berpotensi menyerang organ tubuh yang lain. Penyakit hepatitis ini merupakan salah satu penyakit yang penularannya melalui virus.

6. Diabetes atau kencing manis

Penyakit diabetes merupakan jenis penyakit mematikan yang harus diwaspadai. Diabetes sendiri berpengaruh pada darah penderitanya. Adapun penyebab utama dari diabetes adalah defiensi transporter glukosa, obesitas serta defiesiensi sekresi hormone insulin.

Pada orang yang normal, glukosa yang masuk ke dalam tubuh, umumnya akan berubah menjadi energi, namun pada penderita diabetes, glukosa tersebut justru mengalami penumpukan di dalam tubuh. Ironisnya, diabetes susah dikenali sejak dini sehingga sulit untuk dicegah lebih awal.

7. Tuberkulosis

Penyakit mematikan yang selanjutnya adalah tuberkulosis. Jenis penyakit ini menyerang bagian paru-paru manusia. Adapun penyebabnya adalah bakteri mycobacterium tuberculosis.

Beberapa gejala yang umumnya ditunjukkan oleh penderita penyakit tuberculosis adalah sakit dada, napas pendek, kedinginan, demam, batuk-batuk hingga nafsu makan berkurang.

8. Malaria

Penyebab dari penyakit malaria adalah gigitan nyamuk anopheles betina. Penyakit yang satu ini dapat munjukkan beberapa gejala seperti sesak napas, pingsan, mengigau, bicara dengan kata-kata yang salah dan tidak terkontrol dengan baik.

Selain itu, adapula gejala lainnya seperti kejang-kejang serta dehidrasi.

9. Penyakit paru-paru

Jenis penyakit mematikan yang satu ini umumnya terjadi akibat kebiasaan buruk seperti halnya merokok serta menghirup udara kotor dari polusi. Adapun organ yang terkena adalah bagian paru-paru.

10. Infeksi pernapasan bawah

Gangguan kesehatan yang satu ini juga dapat memicu terjadinya kematian. Adapun organ tubuh yang terkena adalah bagian paru-paru serta saluran penapasan seseorang.

Beberapa gejala yang umum ditunjukkan oleh penderita adalah hilangnya nafsu makan, sakit kepala, hilangnya nafsu makan hingga bersin-bersin. Bagi anda yang mengalami gejala tersebut di atas, tidak ada salahnya jika anda segera mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan secara lebih lanjut.

Ada begitu banyak jenis penyakit mematikan yang tentunya harus dihindari sebaik mungkin sejak dini. Lakukan pola hidup sehat dan jauhi lingkungan yang kotor terlebih jika lingkungan tesebut telah tercemar dengan polusi serta racun karena berdekatan dengan area pabrik dan lain sebagainya.

Selain itu sebaiknya hanya menkonsumsi makanan yang bernutrisi, hindari junk food, dan rajinlah berolah raga. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Loading...
loading...

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *