Penyebab fungsi paru-paru menurun pada manusia

Diposting pada 45 views
Paru-paru adalah suatu organ dalam tubuh manusia yang bertugas sebagai alat untuk mengolah udara yang masuk dan yang akan dikeluarkan sebagai produk sampingannya. 


Dalam hal menjaga agar fungsi paru-paru dalam tubuh ini tetap terjaga tidaklah gampang sebab banyak sekali kendala maupun masalah yang terjadi di kehidupan masing-masing.

Banyak sebab mengapa fungsi paru-paru mengalami penurunan. Salah satunya faktor dari degeneratif atau bertambahnya usia dianggap sesuatu yang normal, alami, atau tidak terlalu berpengaruh. 


Pemicu pertama terjadinya penurunan fungsi paru-paru adalah menurunnya kebugaran atau kesehatan paru-paru. Salah satu cara termudah untuk mengetahui kondisi paru-paru adalah dengan membaca reaksi tubuh, seperti timbulnya batuk.

Dikarena fungsi dari paru-paru berhubungan erat dengan sistem pernapasan, maka tidak bisa dilepaskan dari pengaruh lingkungan sebagai pemasok utama kebutuhan oksigen. 

Penyebab fungsi paru-paru menurun pada manusia
Sayangnya, kita tidak bisa memilih lagi untuk menghirup udara yang bersih akibat lingkungan tempat tinggal terlanjur tercemar oleh industri pabrik-pabrik yang sudah sangat menyebar luas ditengah-tengah kehidupan masyarakat. 

Racun dari pabrik dan asap kendaraan juga memenuhi udara yang siap dihirup oleh banyak orang dan akhirnya banyak memnuhi di dalam paru-paru. Belum lagi debu-debu halus yang membawa basil, merupakan menjadi pencemar udara yang paling berpotensi menyebabkan batuk. 

Dari hal tersebut saja sudah mampu menurunkan fungsi dari paru-paru. Melemahkan serta melambatkan kerja paru-paru dalam mengolah udara yang masuk untuk menyaring dan menggunakan Oksigen di dalam tubuh.

Faktor dari polutan seperti karbon monoksida, timah, nitrogen dioksida, mungkin sulit dihindari, tapi merokok seharusnya bisa dihindari dan bisa dihentikan sebab itu merupakan salah satu faktor penyebab menurunnya fungsi dari paru-paru. 


Mengingat faktor kekebalan tubuh secara menyeluruh juga berpengaruh terhadap penurunan fungsi paru-paru, upaya memperbaiki pola sehatpun harus diterapkan mulai sekarang juga, maka dari itu sebaiknya kita mengkonsumsi menu gizi seimbang dan berolahrga serta menghindari polusi-polusi udara yang pekat yang mampu berpotensi menurunkan fungsi paru-paru.

Baca Juga  Pengertian dan Pemahaman Istilah Berawal Huruf A

Demikianlah artikel yang dibuat ini semoga kiranya dapat membantu dan bermanfaat untuk anda dalam hal menjaga agar paru-paru anda tidak mengalami penurunan fungsi.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *