Tentang Sejarah Penyebab Terjadinya Perang Dunia Kedua

Diposting pada 408 views

Perang dunia kedua hingga kini menciptakan begitu banyak sejarah peperangan yang tidak terlupakan. Ada beberapa catatan sejarah yang merangkum terjadinya peperangan dahsyat tersebut.

Berikut adalah uraian lengkap mengenai penyebab tersebut.

Tentang Sejarah Penyebab Terjadinya Perang Dunia Kedua
Tentang Sejarah Penyebab Terjadinya Perang Dunia Kedua

Penyebab Terjadinya Perang Dunia Kedua

Penyebab umum terjadinya perang dunia kedua

Ada beberapa penyebab umum yang melatarbelakangi terjadinya perang dunia kedua seperti yang berikut ini.

a. Kegagalan dari Liga Bangsa-bangsa dalam menciptakan perdamaian di dunia

Liga Bangsa-Bangsa yang awalnya dibentuk untuk menjaga perdamaian negara berubah menjadi alat politik bagi negara besar untuk mencari keuntungan.

LBB sendiri tidak bisa berbuat banyak saat negara besar berbuat sesuka mereka. Sebagai contoh adalah pada tahun 1935, Italia melakukan penyerangan terhadap Ethiopia dan Jepang yang menyerang Manchuria.

b. Perlombaan senjata canggih

Negara-negara maju sering berlomba dalam memperkuat kekuatan militer serta persenjataan. Hal ini didasari oleh kegagalan LBB yang membuat dunia barat terutama negara Jerman juga Italia menaruh curiga terhadap komunisme Rusia. Sebaliknya Rusia juga menaruh curiga terhadap fasisme Italia serta nasionalis-sosialis Jerman.

Saling curiga membuat negara-negara tersebut memperkuat negara melalui militer dan persenjataannya.

c. Adanya politik ekspansi

Adanya pertentangan-pertentangan yang muncul akibat ekspansi. Pengumuman Jerman yang menyatakan Jerman Raya meliputi Eropa Tengah, Italia yang menginginkan Italia Iredenta yang meliputi seluruh bagian Laut Tengah dan Abyssnia, dan Jepang yang mengumumkan kemakmuran bersama di Asia Timur Raya.

d. Politik aliansi

Politik aliansi juga disebut sebagai politik mencari kawan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kekuatan militer akibat kekhawatiran akan munculnya perang besar.

Dalam politik aliansi terdapat blok besar yang saling baru Blok komunis terdiri dari Rusia, Hongaria, Bulgaria, Rumania, Cekoslavia, Polandia, dan Yugoslavia Raya menjatuhkan satu sama lain seperti yaitu blok fasis yang terdiri atas Jerman, Jepang, dan Italia.

Blok sekutu yang terdiri atas Amerika Serikat, Belanda , Inggris, dan Perancis. Blok komunis terdiri dari Rusia, Hongaria, Bulgaria, Rumania, Cekoslavia, Polandia, dan Yugoslavia.

e. Politik balas dendam

Politik balas dendam dipicu oleh Jerman yang merasa dihina karena perjanjian Versailes

f. Pertentangan paham

Pertentangan paham antara paham fasisme, demokrasi, dan komunisme membuat hubungan antar negara semakin memanas.

2. Sebab khusus perang dunia kedua

Penyebab khusus terjadinya perang dunia kedua dipicu oleh serangan terhadap Polandia, serangan terhadap Uni Soviet, dan Asia Pasifik.

a. Serangan terhadap Polandia

Diantara tahun 1919 dan 1939, Polandia mengupayakan terjadinya kebijakan keseimbangan antara Uni Soviet dengan pihak nazi Jerman. Polandia menginginkan adanya perjanjian non – agresi antar keduanya.

Awal tahun 1939, Jerman menuntut Polandia supaya masuk sebagai negara satelit Jerman dengan cara bergabung kedalam pakta anti-komintern. Tuntutan ini ditolak oleh Polandia karena Polandia khawatir akan kehilangan kemerdekaannya.

Penolakan ini berbuntut pada pernyataan Hittler kepada para Jenderal untuk menyerang Polandia pada tanggal 23 Mei 1939. Untuk menggagalkan rencana Hittler, Britania dan Perancis mengumumkan bahwa menyerang Polandia berarti perang.

Tidak berhenti disitu, Britania dan Perancis juga berusaha meyakinkan Uni Soviet dalam tindakan ini. Pada akhirnya Jerman tetap melakukan penyerangan terhadap polandia pada 1 September 1939.

Tindakan Jerman yang menolak Britania dan Perancis untuk mundur membuat kedua negara tersebut menyatakan perang terhadap Jerman.

b. Serangan terhadap Uni Soviet

Pada bulan Juni tahun 1941, Jerman menyerang Uni Soviet. Hittler percaya jika Uni Soviet akan dapat dikalahkan dengan satu serangan kilat dan terus-menerus dan percaya jika Uni Soviet tidak siap perang.

Hittler juga berharap jika kemenangannya atas Uni Soviet akan membuat Britania mengadakan negosiasi lalu mengakhiri perang. Hittler juga ingin mendahului penyerangan terhadap Uni Soviet disaat negara ini dalam keadaan lemah.

c. Asia Pasifik

Perang dunia di Pasifik dipicu oleh serangan Jepang yang tanpa peringatan terhadap pangkalan armada angkatan laut Amerika yang berada di Pearl Harbour pada tanggal 7 Desember 1941.

Disaat yang sama pasukan Jepang juga melakukan penyerangan terhadap persemakmuran Philipina yang berada di bawah kekuasaan Amerika Serikat.

Tidak berhenti sampai disitu Jepang juga melakukan penyerbuan terhadap Singapura, Hongkong, dan Malaya yang dikuasai oleh kekaisaran Britania. Akibatnya Amerika Serikat dan Britania Raya menyatakan perang terhadap Jepang.

Perang dunia kedua menyebabkan berbagai macam kerugian dari berbagai segi yang sangat merugikan bukan hanya bagi negara yang terlibat perang melainkan juga negara lain.

Loading...
loading...
loading...
Baca Juga  Keris Adalah Salah Satu Ciri Khas Budaya Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.