Peran Guru dalam Kegiatan Pembelajaran

Diposting pada 1.139 views

Peran Guru dalam Kegiatan Belajar

Kegiatan pembelajaran harus ada hubungan yang salin berkesinambungan antara peserta didik, pemberi materi atau pendidik, serta materi yang disampaikan. Tanpa ada ketiga aspek tersebut, maka pembelajaran tidak dapat berjalan. Disini peran guru menjadi hal yang sangat penting.

Peran Guru

Pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa peran yang dapat dilakukan oleh seorang guru untuk kelancaran dan keberhasilan proses pembelajaran. Tidak hanya sebagai pengajar, guru juga memiliki peran-peran lain, yaitu sebagai berikut :

1. Peran Guru sebagai Motivator

Dalam poin ini, guru harus mampu memberikan dorongan kepada peserta didik sehingga lebih tertarik dan memahami materi yang telah diberikan. Serta untuk meningkatkan kreativitas dari para siswa.

2. Peran Guru Sebagai Pemberi Inovasi Baru (Inovator)

Guru harus memiliki kreativitas tinggi sehingga bisa membagikan ilmu-ilmu baru dengan kreativitas-nya kepada semua murid, sehingga akan menjadi contoh yang baik.

3. Peran Guru Memberikan Nasehat yang Baik

Guru adalah orangtua kedua bagi anak-anak saat di lingkungan sekolah. Seorang guru sebaiknya dapat memberikan nasehat yang baik dan benar kepada peserta didik-nya, baik saat murid membutuhkan solusi untuk memecahkan masalah atau saat mereka sedang melanggar peraturan.

4. Peran Guru Memberi Media Pembelajaran (Mediator)

Maksudnya adalah guru harus bisa menjembatani siswa selama proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan media-media pendukung agar murid lebih mudah memahami penyampaian materi.

5. Guru Sebagai Pembimbing yang Baik

Perbedaan karakter masing-masing siswa harus dapat dikuasai oleh seorang guru dengan cara memberikan bimbingan yang tepat sesuai bakat dan minat, serta cita-cita yang diiginkan.

6. Peran Guru Sebagai Teladan yang Baik

Menjadi seorang guru dengan teladan yang baik dapat mempengaruhi sikap murid di lingkungan kerjanya. Siswa cenderung meniru sikap guru sehingga memberikan contoh dan teladan yang baik merupakan pilihan yang tepat dalam proses pembelajaran.

7. Peran Guru Sebagai Peneliti

Selain ber-aktivitas di lingkungan sekolah, guru juga memiliki tugas untuk melakukan penelitian seiring dengan perkembangan aman. Adanya penemuan yang baru dapat bermanfaat pada kualitas pembelajaran pada siswa.

8. Peran Guru Sebagai Penilai

Setelah memberikan materi pembelajaran, guru memiliki peran lanjutan yaitu sebagai penilai. Penilaian tersebut bisa dilakukan dengan evaluasi pasca belajar sebagai tolok ukur keberhasilan siswa dalam memahami materi yang telah diberikan.

9. Guru Sebagai Pelaksanaan Organisasi

Tidak hanya mengajar di kelas, guru juga berperan dalam pembuatan kalender akademik, silabus pembelajaran, jadwal pelajaran, mengikuti workshop, dan lain-lain.

Jadi, guru tidak hanya berperan sebagai pemberi materi di kelas, melainkan masih ada beberapa peran lain yang juga tak kalah pentingnya. Demikian artikel ini kami susun, semoga dapat bermanfaat.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.