PERANGKAT/MEDIA AKSES INTERNET

Diposting pada 999 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia )

Bila anda membaca judul ini mungkin sudah ada yang tahu apa-apa saja perangkat/media akses internet, namun artikel ini akan sedikit menambah wawasan kita dari sedikit penjelasannya tentang perangkat/ media akses internet tersebut. Tentu untuk saat ini banyak sekali cara untuk dapat mengakses internet. Berikut akan dipaparkan perangkat-perangkat apa saja yang yang mampu mengakses internet sebagai berikut;

PERANGKAT/MEDIA AKSES INTERNET



1.   Saluran Telepon

Saluran telepon ada suatu perangkat utama yang diperlukan untuk dapat mengakses internet. Saluran telepon menghubungkan perangkat komputer dengan penyedia jasa internet yang disebut ISP. Namun yang perlu anda ketahui adalah bahwa kabel telepon tidak dapat langsung terhubung pada komputer. Untuk menghubungkan saluran telepon dengan komputer, diperlukan perangkat lain yang disebut modem.

2.   Modem

Dalam perangkat inilah jaringan komputer dapat terhubung. Dimana dalam fungsinya modem berfungsi untuk mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal suara sehingga dapat melalui saluran telepon. Kemudian saluran telepon inilah yang akan menyampaikan sinyal tersebut ke internet provider yang biasa disingkat ISP.

3.   HP (Hanphone)

Bagi kaum di zaman sekarang pasti sudah mengenal namanya HP  (Handphone). Sebab diketahui bahwa handphone ternyata mampu untuk mengakses internet. Namun ada beberapa jenis handphone pula dengan spesifikasi tertentu tidak dapat mengakses internet, salah satunya apabila tidak memiliki adanya jaringan GPRS. Namun dalam pembahasan ini, teknologi yang digunakan adalah GPRS, yang merupakan singkatan dari General Packet Radio Service. Dam paket GPRS ini dapat diaktifkan ketika anda memiliki dan memasukkan salah satu simcard ke dalam handphone tersebut.

4.   Wifi Card

Diketahui bahwa WiFi memiliki fungsi untuk menangkap sinyal elektromagnetik yang memiliki frekuensi tinggi. Sinyal tersebut dapat mentransfer data dalam jumlah tertentu sehingga dapat digunakan pula untuk mengakses internet. Dalam penggunaan kartu WiFi ini terbatas pada tempat-tempat tertentu yang memiliki pemancar dan penerima sinyal gelombang WiFi. Misalnya saja bila anda di Mall atau tempat-tempat yang menyediakan hotspot. Pada WiFi ini digunakan untuk secara luas pada area tertentu yang memiliki jarak dan batas tertentu.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

 

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.