Perbedaan Habitat dengan Relung (Niche)

Diposting pada 6.748 views

Pengertian Habitat

Habitat merupakan suatu tempat dimana biasanya makhluk hidup terdapat dalam suatu wilayah. Habitat secara umum menunjukkan bagaimana corak lingkungan yang ditempati suatu populasi hewan. 


Bagian dari habitat yang merupakan lingkungan yang ditempati suatu populasi hewan. Bagian dari suatu habitat yang merupakan lingkungan yang kondisinya paling tepat dan paling pas hubungannya dengan hewan itu disebut microhabitat.

Pengertian Relung (Niche)

Sedangkan relung merupakan suatu status fungsional dari suatu makhluk hidup berdasarkan adaptasi morfologi, anatomi, fisiologi dan perilakunya di daerah atau di wilayah tempatnya hidup. 


Relung atau niche ekologi suatu hewan merupakan status fungsional hewan tersebut di dalam habitat yang di diami-nya berdasarkan adaptasi-adaptasi fisiologis, struktural dan perilakunya. 

Di alam kita ini sering sekali menemukan beberapa populasi hewan berkoeksistensi dalam habitat yang sama dan mempunyai kemiripan dalam kisaran toleransi-nya, bahkan memiliki kemiripan dalam jenis sumber makanan yang dimanfaatkan maupun makhluk hidupnya.

Terkait dengan sebagaimana kisaran – kisaran toleransi terhadap berbagai faktor lingkungan dan macam sumber daya yang diperlukannya, maka berbagai spesies hewan yang berkoeksistensi dalam habitat yang sama (berkohabitasi) akan menempati mikrohabitat-nya masing-masing. 

Perbedaan Habitat dengan Relung (Niche)

Bila anda ketahui ada dua atau lebih spesies hewan yang berkoeksistensi dalam habitat yang sama dan sumber dayanya berselingkupan, merupakan pesaing-pesaing yang potensial. Apabila pada suatu waktu ketersediaan sumber daya yang diperlukan bersama itu terbatas berkoeksistensi tersebut akan terlibat dalam persaingan yang sangat keras.

Dengan adanya suatu persaingan, dapat menyebabkan dua atau lebih spesies yang mempunyai suatu relung ekologi yang sangat mirip satu dengan yang lain, mungkin sekali tidak akan berkoeksistensi dalam habitat yang sama secara terus-menerus. Dengan kata lain, suatu relung ekologi ini tidak dapat ditempati secara simultan dan sempurna oleh populasi stabil lebih dari satu spesies.

Baca Juga  Pengertian kelahiran Fraternal dan Identik (kembar)

Kesimpulan tentang Habitat dan Relung

Dari semua penjelasan yang di dapat antara perbedaan habitat dengan relung diketahui bahwa habitat hanya memberi suatu penjelasan tempat dimana hewan atau makhluk hidup itu berada namun pada penjelasan relung cenderung lebih menjelaskan lebih kompleks yang memiliki arti di suatu wilayah atau tempat tersebut terjadi suatu kehidupan yang memiliki kegiatan dalam mencari makanan atau-pun sumber daya pada hanya satu tempat itu saja.
Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi wawasan anda tentang perbedaan habitat dengan relung / niche.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *