Perbedaan SMA Dengan SMK Agar Tidak Salah Memilih

Diposting pada 342 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Setiap kali anda memasuki jenjang yang baru setelah SMP, mungkin anda sedikit bimbang memilih kemana selanjutnya anda melanjutkan pendidikan anda atau orang ada di dalam keluarga anda. 
Dalam artikel ini akan sedikit menyajikan suatu ringkasan maupun penjelasan selanjutnya mengenai apakah itu SMA (Sekolah Menegah Atas) dan apakah itu SMK (Sekolah Menegah Kejuruan). Sebab pengetahuan tentang jenjang yang harus dijalani ini selama 3 tahun merupakan salah satu dasar konsep untuk selanjutnya apa yang harus anda kerjakan ketika setelah anda tamat dan lulus dari jenjang ini, oleh karena itu perlu ada pembekalan sedikit tentang apa itu SMA dan apa itu SMK. Berikutlah penjelasannya.

SMA (Sekolah Menengah Atas)

SMA merupakan suatu singkatan dari Sekolah Menegah Atas yang merupakan salah satu jenjang pendidikan formal yang berlangsung selama 3 tahun dari kelas X hingga kelas XII. Pada umumnya di dalam SMA ini terdapat dua jurusan, yaitu IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). 
Perbedaan SMA Dengan SMK Agar Tidak Salah Memilih
Namun jangan terkejut bila anda menemui sekolah yang memiliki jurusan yang lain dari kedua tersebut. Regulasi kelulusan SMA ini harus melalui suatu tes yang disebut UN atau Ujian Nasional yang dilaksanakan oleh pemerintah ke seluruh jenjang pendidikan tanpa terkecuali sebagai salah satu syarat kelulusan ditambah sekarang harus juga lulus dari UAS (Ujian Akhir Sekolah).

Pada umumnya mata pelajaran yang di pelajari di SMA tersebut sesuai dengan jurusan masing-masing, seperti IPA terdapat Kimia, Fisika, Biologi, Matematika, Penjas, Kesenian, Bahasa Inggris, TIK, dan lain sebagainya. Hampir sebagian besar bila masuk ke SMA dan kemudian lulus, siswa tersebut akan melanjut ke jenjang lebih tinggi seperti Universitas atau jenis perkuliahan lainnya untuk lebih mendalami ilmu pengetahuan yang diterimanya di SMA.

SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)

Sedangkan SMK merupakan suatu singkatan dari Sekolah Menegah Kejuruan yang merupakan salah satu juga jenjang pendidikan formal yang berlangsung selama 3 tahun dari kelas X hingga kelas XII. Di SMK ini juga terdiri atas jurusan-jurusan yang sesuai minat dan yang ada pada SMK tersebut. Namun pada SMK ini cenderung lebih ke praktek-nya yang disesuaikan langsung pada jurusannya dan ada juga praktek kerja lapangannya (PKL). 

Di SMK ini juga memiliki regulasi kelulusan harus melalui suatu tes yang disebut UN atau Ujian Nasional yang dilaksanakan oleh pemerintah ke seluruh jenjang pendidikan tanpa terkecuali sebagai salah satu syarat kelulusan ditambah sekarang harus juga lulus dari UAS (Ujian Akhir Sekolah). 

Hampir seluruh yang memilih SMK ini tidak melanjutkan jenjang pendidikannya ke tingkat lebih tinggi lagi seperti Universitas atau sekolah tinggi. Sebab kebanyakan dari mereka menganggap setelah tamat langsung kerja, dan pedoman seperti inilah yang membuat salah satu tingkat kemauan seseorang untuk lebih mementingkan pendidikan yang lebih tinggi dan hanya pasrah pada tamat SMK saja. 

Hal tersebut bila terus berlanjut tentu saja membuat gaji atau penghasilan seseorang itu di taraf yang rendah saja dan sebatas di tingkat sesuai tamatan-nya saja. Jadi kemanakah anda memilih, SMA atau SMK?

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda tentang perbedaan sma dengan smk agar tidak salah memilih.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.