Perbedaan Tiga Aliran Seni Lukis Realisme, Romantisme, Surealisme

1. Realisme (Seni Rupa)

Realisme di dalam seni rupa berarti usaha menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari tanpa tambahan interpretasi atau embel-embel tertentu. 

Makannya bias pula mengacu pada usaha dalam seni rupa untuk memperlihatkan kebenaran bahkan tanpa menyembunyikan hal yang buruk sekalipun. Diketahui bahwa realisme dalam seni rupa bias pula mengacu kepada gerakan kebudayaan yang bermula di Prancis pada pertengahan abad ke- 19. 
Namun, karya yang menggunakan ide realisme ini sebenarnya sudah ada pada abad 2400 SM yang ditemukan di kota Lothai, yang sekarang lebih dikenal dengan nama India.
Perbedaan Tiga Aliran Seni Lukis Realisme, Romantisme, Surealisme
Realisme
Dari sumber yang diketahui bahwa realisme sebagai gerakan kebudayaan. Dalam pengertian lebih luas lagi, usaha realisme akan selalu terjadi setiap kali perupa berusaha mengamati dan meniru bentuk-bentuk di alam secara akurat. 
Sebagai contoh, pelukis foto di zaman renaisans, Giotto biasa dikategorikan sebagai perupa dengan karya realis, karena karyanya lebih baik meniru penampilan fisik dan volume benda daripada yang telah diusahakan zaman Gothic. Kejujuran dalam menampilkan setiap detail objek terlihat pula dari karya-karya Rembrandt yang dikenal sebagai salah satu perupa realis terbaik.
Perbedaan Tiga Aliran Seni Lukis Realisme, Romantisme, Surealisme
Romantisme

2. Romantisme

Aliran Romantisme merupakan aliran tertua dalam sejarah seni lukis modern Indonesia. Lukisan dengan aliran ini berusaha membangkitkan suatu kenangan romantis dan keindahan di setiap objek-nya. 


Pemandangan alam adalah objek yang sering di ambil sebagai latar belakang lukisan. Romantisme dirintis oleh pelukis-pelukis pada zaman penjajahan Belanda dan ditularkan kepada pelukis pribumi untuk tujuan koleksi dan galeri di zaman kolonial.

3. Sureliasme

Surealisme adalah gerakan budaya yang berawal pada tahun 1920an dan terkenal karena karya visual serta tulisan. Ciri karya Surrealis ini dengan adanya kejutan element of surprise, kombinasi unik dan non sequitur. 

Perbedaan Tiga Aliran Seni Lukis Realisme, Romantisme, Surealisme
Surelisme

Banyak seniman Surrealis yang menyebut karya mereka pertama dan utama sebagai ekspresi gerakan filosofis. Bahkan diketahui Andre Breton, ketua gerakan, secara eksplisit menyebutkan surealisme merupakan suatu gerakan revolusioner. 

Aliran ini berawal di masa Perang Dunia I, Surealisme dibentuk dengan pusat gerakan di Paris. Sejak tahun 1920-an, surealisme menyebar ke seluruh dunia dan pernah muncul di layar lebar, di antara lain di film “Angel’s Egg” dan “El Topo” 

Lukisan dengan aliran ini kebanyakan menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui di dalam mimpi. Dimana pelukis berusaha untuk mengabaikan bentuk secara keseluruhan kemudian mengolah setiap bagian tertentu untuk menghasilkan sensasi yang bisa dirasakan manusia tanpa harus mengerti bentuk aslinya.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda tentang aliran dalam seni lukis.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...
6 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *