Belajar Mudah Matematika Sederhana Dengan Permainan

Diposting pada 661 views

Belajar Dengan Permainan Matematika

Jika ditanya, mengenai pelajaran yang paling susah, maka akan banyak orang yang menjawab jika matematika-lah yang paling susah. Namun jika mau belajar, matematika merupakan pelajaran yang mudah untuk dimengerti terutama jika kamu mau membiasakan diri dengan hal yang berkaitan dengan pelajaran tersebut. Bagaimana cara belajar mudah matematika? Salah satu cara mudah dalam mengenal matematika adalah melalui permainanpermainan matematika yang terdapat unsur matematika di dalamnya. Sebagai contoh adalah permainan angka-angka, pengurangan, penjumlahan serta berhitung atau-pun perkalian.

Permainan Matematika
Permainan Matematika

Tahukah kalian jika ada banyak jenis permainan yang bisa membantumu belajar matematika? Bagi anda sebagai orang tua yang ingin membiasakan anak sejak kecil dilatih dengan matematika, maka jangan lewatkan permainan yang berikut ini.

1. Permainan Matematika dengan Ular tangga

Hampir semua orang tentu tahu dengan jenis permainan yang satu ini. Ular tangga merupakan salah satu permainan klasik yang telah memiliki pengemar sejak zaman dulu bahkan sekarang pun permainan ini masih juga populer. Ular tangga dapat membuat kita lebih mahir dalam berhitung. Hal ini dikarenakan, ular tangga harus dimainkan dengan cara menghitung dadu.

Cara bermain ular tangga adalah dengan cara menghitung jumlah dadu yang keluar saat kita melemparkannya. Selanjutnya, hitung petak yang akan kita lewati sesuai dengan angka yang tertera pada dadu.

Jika ingin melakukan permainan ular tangga yang lebih menarik, maka kamu bisa bermain dengan menggunakan bahasa inggris. Saat kalian menggerakkan bidak milik kalian, kalian bisa menghitung langkahnya dengan one, two, three dan seterusnya.

Jika sudah demikian, bukan hanya membantu kalian pintar dalam matematika, namun ular tangga juga bisa membuatmu mahir berbahasa Inggris.

Baca Juga  Manfaat Penting Ilmu Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari

2. Permainan Matematika dengan Domino

Domino juga menjadi salah satu permainan yang bisa membantu kita dalam mempelajari matematika. Domino sendiri merupakan permainan yang mengajarkan kita untuk menyusun pola.

Selain itu, kita juga akan belajar mengenai membentuk pola dengan menambah angka-angka tertentu supaya hasil perhitungan tersebut menjadi genap.

3. Permainan Matematika dengan Rubik kubus

Rubik merupakan salah satu permainan asyik yang bisa membantu kita mengasah kemampuan untuk lebih memahami konsep matematika. Bermain rubrik mengenalkan kita dari belajar geometri, konsep ruang serta berlogika dalam matematika.

4. Permainan Matematika dengan Otelo

Otelo mebantu kita dalam melatih kemampuan untuk memahami pola. Selain itu, otelo juga mengharuskan pemainnya untuk mengelompokkan secara visual serta melatih kemampuan spasial kita.

5. Permainan Matematika dengan Tic tac toe

Ketika jam sekolah tengah kosong, tidak ada guru yang mengajar, ada banyak anak yang memilih mengisi waktu mereka dengan bermain. Salah satu permainan yang cukup populer dilakukan ketika jam kosong adalah tic tac toe.

Tanpa sadar, tic tac toe merupakan jenis permainan menarik yang bisa melatih kemampuan kita dalam belajar matematika seperti menentukan pola, spasial serta beragam jenis istilah yang memiliki kaitan erat dengan matematika seperti diagonal, vertical serta horizontal.

6. Permainan Matematika dengan Connect four

Permainan ini merupakan jenis permainan yang dikembangkan dari konsep tic tac toe. Bermain connect four membantu kalian dalam belajar geometri, penerapan pola, logika bahkan belajar pula perencanaan strategi.

7. Permainan Matematika dengan Mastermind

Mastermind membantu kita dalam memahami urutan berpikir (sekuen), pengenalan pola serta berlogika.

8. Permainan Matematika dengan Catur

Catur merupakan jenis permainan yang banyak digemari oleh semua kalangan. Catur juga termasuk dalam permainan yang membantu kita belajar matematika. Dengan main catur, akan melatih kita dalam memecahkan masalah. Dengan rutin bermain catur, dapat membantu kita untuk berpikir lebih kreatif dan strategis. Hal ini membuat kita dalam menyelesaikan soal-soal matematika.

Baca Juga  Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional (UN) Agar Sukses

Jenis permainan di atas merupakan permainan yang membantu kita dalam belajar matematika. Jika memiliki waktu senggang, sempatkan diri dengan anak-anak untuk melakukan jenis permainan yang berkualitas. Bukan hanya menyenangkan namun permainan ini juga tanpa sadar membuat anak-anak menjadi lebih kreatif dengan kemampuan matematika yang lebih baik.

Belajar sembari bermain tentu sangat menyenangkan terlebih untuk anak-anak yang memang dalam masa bermain. Selain ragam permainan di atas, orang tua juga bisa mencari jenis permainan lainnya secara online untuk meningkatkan kemampuan anak dalam belajar matematika. Selamat mencoba!

Loading...
loading...

One thought on “Belajar Mudah Matematika Sederhana Dengan Permainan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.