Pengertian, Rukun, Wajib dan Fungsi Ibadah Umrah

Diposting pada 17 views

Pengertian Umrah

Pengertian umrah secara bahasa artinya adalah berkunjung, mengunjungi, mendatangi. Sedangkan secara istilah Islam artinya adalah berkunjung ke Ka’bah dengan melaksanakan ketentuan – ketentuan dan syarat – syarat yang berkaitan dengan Rukun Umrah dalam rangka dan bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Umrah disebut juga haji kecil, karena beberapa ketentuannya hampir sama dengan haji. Misalnya, tentang syarat- syarat, rukun, atau larangan- larangan-nya. Apalagi perintah umrah disejajarkan dengan perintah haji (QS Al-Baqarah/2: 196), tetapi pelaksanaan umrah lebih sederhana dibandingkan pelaksanaan haji. Begitu juga dengan syarat dan larangan umrah sama dengan haji.

Rukun Umrah
Rukun Umrah

Rukun Umrah

Rukun Umrah terdiri dari 5 Rukun yaitu sebagai berikut.

  1. Ihram, Ikram adalah keadaan seseorang yang telah berniat melakukan ibadah (haji atau Umrah)
  2. Tawaf, adalah “ritual” mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh kali sebagai syarat atau bagian pelaksanaan Haji atau Umrah.
  3. Sa’i. Berjalan kaki atau berlari – lari kecil dari Bukit Safa ke Bukit Marwah dan sebaliknya sebanyak tujuh kali dan sebaliknya.
  4. Tahallul, secara harfiah artinya dihalalkan, dalam hal ini (Umrah) artinya diperbolehkan melakukan ibadah Umrah dari larangan / pantangan ihram.
  5. Tertib.

Wajib Umrah

Wajib umrah ada dua yaitu sebagai berikut.

  1. Ihram dari miqat.
  2. Menjauhkan diri dari segala larangan sebagaimana larangan haji. Perihal miqat untuk umrah tentunya tidak ada miqat zamani, artinya sepanjang tahun boleh mengerjakan ibadah umrah. Sedangkan untuk miqat makani sama dengan haji

Fungsi Ibadah Haji dan Umrah

Fungsi ibadah umrah antara lain :

  1. Gugur kewajiban, artinya bagi jemaah haji sudah gugur kewajiban sebab kewajiban hanya sekali seumur hidup.
  2. Mempererat tali persaudaraan antar umat muslim, sebab kita dapat bertemu sesama muslim dari berbagai dunia.
  3. Mengenal tempat- tempat sejarah, seperti Kakbah, Bukit Safa dan Marwah, Sumur Zam-zam, serta kota Mekah, Madinah dan Mina.

Demikian artikel yang berjudul “Pengertian, Rukun, Wajib dan Fungsi Ibadah Umrah” ini saya buat dan saya susun, semoga bermanfaat.

Baca Juga  Media Untuk Proses Masuknya Islam Ke Indonesia
Salam PC (Prestasi Cemerlang)

loading...

4 thoughts on “Pengertian, Rukun, Wajib dan Fungsi Ibadah Umrah

  1. bicara soal umrah hari ini gampang kayaknya min di banding Naik HAJI.. bayangin aja untuk naik haji sesudah daftar harus nunggu sampai 10 tahun kemudian baru bisa berangkat… wuih.. terima kasih share tentang seluk beluk hukum umrohnya pak..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *