Sang Pemahat terkenal dunia Michelangelo (1475- 1564)

Diposting pada 256 views

Siapaka Michelangelo

Michelangelo memiliki nama lengkap Michelangelo Buonarotti. Dalam karirnya yang panjang sebagai pemahat, pelukis dan arsitek Italia, Michelangelo ini merupakan sahabat dari pangeran,terutama Lorenzo de Medici pada tahun 1449- 1492, yang merupakan penguasa Florence, selain para pelukis, penyair, cardinal dan paus. 

Michelangelo adalah putra dari Gubernur Caprese Lorenzo Buonarotti, yang memiliki hubungan dengan keluarga Medici yang berkuasa. Diketahui bahwa Michelangelo mulai magang dari pelukis Domenico Ghirlandaio pada tahun 1449-1494, yang memiliki lukisan yang bertemakan keagamaan dengan nuasa dan detil borjuis.
Sang Pemahat terkenal dunia (1475- 1564)Pada masanya, Michelangelo terkenal sebagai pemahat yang terkenal, dan diketahui juga sering sekali berkelahi fisik, hingga pada akhirnya beliau berkelahi dengan teman sesame siswa dan mendapatkan pukulan pada hidung yang membuatnya cacat secara permanen. 

Pada saat itu dia dianggap orang berwajah buruk dan ia pun sedih dan menyadari akan kekurangannya dan bertekad untuk menuangkan kegagahan seorang pria dalam karya-karya pahatnya. 

Ketika di usia 16 tahun, ia telah menghasilkan pahatan  yang berjudul Perang para Centauri pada tahun 1492 dan Madonna dan Anak-anak tangga pada tahun 1492, yang memperlihatkan perkembangandari gaya pribadinya.

Pada ekspedisinya Michelangelo melakukan suatu perjalanan ke Roma setelah kematian Lorenzo de Medici dan menyelesaikan Pieta pada tahun 1500 di St. Peter’s Basilica, salah satu dari karya yang ia tanda tangani sendiri. 

Kemudian pada tahun 1504 ia membuat suatu Patung David yang merupakan karyanya yang memiliki tinggi 14,24 kaki, yang menggambarkan seorang anak muda, berotot dan telanjang, dengan kesan menakutkan dan angker, dianggap sebagai cermin dari kepribadian sang maestro, Michelangelo.

Kemudian pada akhir akhir-akhir karir-nya ia dipanggil dan bekerja di Roma oleh Paus Julius II untuk mebuat lukisan-lukisan pada langit-langit kapel Sistine. 

Ketika Michelangelo diberi tugas dan tanggungjawab sebagai arsitek kepala untuk  St. Peter’s Basilica di Roma, terhadap atas bentuk akhir kubahnya. Kubah ini segera menjadi lambing otoritas dan model bagi kubah-kubah di seluruh belahan dunia Barat, termasuk pada US Capitol di Washington DC, Amerika Serikat.

Sang Pemahat terkenal dunia (1475- 1564)

Demikianlah artikel Sang Pemahat terkenal dunia (1475- 1564) ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk menambah wawasan.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.