Aliexpress INT
Kirim Artikel
Need Backlink From This Web PRchecker.info

Sejarah Berdirinya ASEAN dan Berbagai Hal yang Melatarbelakanginya

Berdirinya ASEAN

ASEAN merupakan organisasi kerjasama regional dalam bidang ekonomi, sosial dan juga budaya, yang beranggotakan negara-negara yang lokasinya ada di Kawasan Asia Tenggara. Berdirinya ASEAN ini merupakan hasil dari diadakannya Deklarasi Bangkok yang berlangsung dari tanggal 5-8 Agustus 1967

Organisasi yang juga bertujuan untuk mewujudkan stabilitas serta keamanan negara-negara di Asia Tenggara ini diprakarsai 5 pemimpin dari masing-masing negara tersebut.

Adapun 5 orang pemimpin yang telah memprakarsai berdirinya ASEAN, antara lain Adam Malik yang merupakan Menteri Luar Negeri Indonesia, S. Rajaratnam yang merupakan Menteri Luar Negeri Singapura, Tun Abdul Razak yakni Perdana Menteri Malaysia, Narciso Ramos yang merupakan Menteri Luar Negeri Filipina dan Thanat Khoman yang merupakan Menteri Luar Negeri Thailand.

Berdirinya ASEAN
Berdirinya ASEAN

A. Berbagai Faktor yang Mendorong Pembentukan ASEAN

Sedangkan faktor-faktor yang turut berperan dalam pembentukan organisasi ASEAN ini terbagi menjadi 2, yakni faktor intern dan faktor ektern. Nah berikut penjelasannya:

1. Faktor Intern atau Faktor dari Dalam

Faktor intern yang melatarbelakangi terbentuknya ASEAN adalah lahirnya negara-negara baru di Kawasan Asia Tenggara setelah masa Perang Dunia II berakhir, dimana mereka terbentuk karena adanya persamaan masalah.

Dengan alasan itu, diperlukan adanya tindakan dan juga sikap bersama untuk mewujudkan keamanan dan stabilitas negara di kawasan Asia Tenggara. Dan keinginan tersebut dapat terwujud melalui ASEAN.

2. Faktor Ekstern atau Faktor dari Luar

Sedangkan faktor ekstern yang melatarbelakangi terbentuknya ASEAN adalah adanya krisis Indocina, dimana krisis ini ada karena gerakan komunis yang ingin menguasai beberapa wilayah di Asia Tenggara yakni Laos, Vietnam dan Kamboja untuk kemudian juga dijadikan sebagai negara yang berasaskan atau menganut sistem komunis.

Negara-negara ini tentu saja merasa khawatir dan akhirnya sepakat untuk menghadapi ancaman yang menakutkan tersebut dengan jalan membentuk ASEAN.

3. Pertimbangan Pembentukan ASEAN

Terbentuknya ASEAN ini juga didasari oleh beberapa pertimbangan, antara lain:

  • Negara-negara yang ada di Kawasan Asia Tenggara memiliki tanggung jawab bersama dalam memperkuat stabilitas ekonomi dan juga sosial.
  • ASEAN ini diharapkan dapat menjamin perdamaian serta laju pembangunan nasional.
  • ASEAN bisa memastikan stabilitas keamanan negara dari campur tangan pihak luar dan segala manifestasinya

B. Tujuan Didirikannya ASEAN

Selain bertujuan untuk menghadapi faktor intern dan faktor ekstern di atas, ASEAN juga memiliki tujuan lainnya yang terdapat dalam Deklarasi Bangkok, Dan berikut isi detail dari deklarasi ini:

  • Mempercepat pertumbuhan, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.
  • Memelihara perdamaian dan stabilitas dengan menjunjung tinggi hukum dan hubungan antara negara-negara di Asia Tenggara.
  • Meningkatkan kerja sama yang aktif dan saling membantu dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, teknologi dan administrasi.
  • Saling memberikan bantuan dalam bidang fasilitas latihan dan penelitian pada bidang pendidikan, kejuruan, teknik dan administrasi.
  • Bekerja sama lebih efektif untuk mencapai daya guna lebih besar dalam bidang pertanian, industri dan perkembangan perdagangan termasuk studi dalam hal perdagangan komoditi internasional, perbaikan pengangkutan dan fasilitas komunikasi serta meningkatkan taraf hidup rakyat.
  • Meningkatkan studi tentang masalah-masalah di Asia Tenggara.
  • Memelihara kerja sama yang erat dan bermanfaat dengan berbagai organisasi internasional dan regional lain yang mempunyai tujuan sama serta mencari kesempatan untuk menggerakkan kerja sama dengan mereka.

Nah itulah pembahasan mengenai latar belakang berdirinya ASEAN yang terdiri dari faktor-faktor yang melatarbelakangi pembentukan ASEAN, pertimbangan pembentukan ASEAN beserta tujuan didirikannya ASEAN.

Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *