Sejarah dan Prinsip Dasar Mesin Listrik

Diposting pada 615 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Mesin listrik sudah mulai dikenal sejak tahun 1831 dengan adanya penemuan oleh Michael Faraday mengenai induksi elektromagnetik yang menjadi prinsif kerja motor listrik. Percobaan mengenai konsep mesin listrik di laboratorium-laboratorium terus dilakukan sampai pada tahun 1870 saat Thomas Alfa Edison memulai pengembangan generator arus searah secara komersil untuk mendukung distribusi tenaga listrik yang berguna bagi penerangan listrik di rumah-rumah.

Sejarah dan Prinsip Dasar Mesin Listrik
Suatu kejadian yang sangat penting yang menjadi sejarah dalam mesin listrik adalah dengan dipatenkannya motor induksi tiga fase oleh Nikola Tesla pada tahun 1888. Konsep Tesla mengenai arus bolak-balik selanjutnya dikembangkan oleh Charles Steinmetz pada dekade berikutnya, sehingga pada tahun 1890 transformator dapat diwujudkan, sekaligus menjadi pembuka jalan untuk melakukan transmisi daya listrik jarak jauh.

Walaupun pada konsepnya mesin listrik yang digunakan saat ini tidak jauh berbeda dengan yang digunakan dari yang sebelumnya, tetapi perbaikan dan proses pengembangan tidak berhenti. Pengembangan bahan ferromagnetic dan isolasi terus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan daya yang lebih besar dibandingkan dengan mesin listrik yang digunakan sekarang ini.

Tahukah anda bagaimanakah prinsif dasar dari mesin listrik. Mesin listrik memiliki suatu prinsif dasar dari sebuah mesin listrik yang merupakan konversi energi elektromagnetik, yaitu konversi dari energi listrik ke energi mekanik atau sebaliknya dari energi mekanik ke energi lisrik. Alat yang mengubah (mengkonversi) energi mekanik ke energi listrik disebut generator dan apabila sebaliknya yaitu energi listrik ke energi mekanik disebut motor.

Diketahui bahwa selain generator dan motor, transformator juga termasuk dalam alat listrik yang menjadi topik yang akan dibahas pada saat mempelajari mesin listrik ini. Walau diketahui transformator memiliki energi yang masuk dan keluar dari transformator sama yaitu energi listrik. Pada transformator energi listrik yang diberikan pada lilitan akan mengakibatkan timbulnya medan magnet pada inti besi dan selanjutnya diubah menjadi energi listrik.

Tentu saja mesin listrik memiliki peran yang sangat penting dalam industri maupun dalam kehidupan sehari-hari. Bisa dilihat saja dari penggunaan untuk pembangkit tenaga listrik, sebagai penggerak peralatan mekanik, seperti dalam pembuatan tekstil, pembuatan kertas dan baja. Dan bila dalam kehidupan sehari-hari dapat digunakan sebagai peralatan rumah tangga, kendaraan bermotor, peralatan kantor dan lain sebagainya.

Baca Juga  KONSTRUKSI MESIN ARUS SEARAH

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi anda tentang mesin listrik.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.