Siapa yang tak kenal Udjo Ngalagena tokoh angklung terkenal itu?

Diposting pada 468 views
Sejak tahun 1966, Udjo Ngalagena, tokoh yang satu ini merupakan tokoh angklung yang mengembangkan teknik permainan berdasarkan laras-laras pelog, salendro, dan madenda, yang memulai mengajarkan cara bermain angklung kepada banyak orang dari berbagai kalangan dan komunitas masyarakat. 

Udjo Ngalagena adalah salah satu seniman angklung asal Jawa Barat. Beliau merupakan anak keenam dari pasangan Wiranta dan Imi. Ketika di usia antara empat sampai lima tahun, Udjo kecil sudah akrab dengan angklung yang ber-laras pelog dan salendro yang kerap dimainkan di lingkungannya dalam acara mengangkut padi, arak-arakan khitanan, peresmian jembatan dan acara-acara yang melibatkan keramaian massa lainnya.

Beliau juga mempelajari lagu-lagu bernada diatonik dari HIS berupa lagu-lagu yang berbahasa Indonesia dan Belanda. Bakat serta kemampuan yang dimiliki beliau makin berkembang ketika beliau mulai terjun sebagai guru kesenian di beberapa sekolah di Bandung

Siapa yang tak kenal Udjo Ngalagena tokoh angklung terkenal itu?

Untuk mengasah dan mengalih lebih dalam lagi pengetahuannya dalam bidangnya beliau langsung mendatangi orang yang memiliki keahlian di bidangnya tersebut. Dari Mang Koko lah beliau mempelajari teknik permainan kecapi dan lagu-lagu daerah. 

Namun untuk mempelajari gamelan beliau dapat mengetahuinya dari Raden Machjar Angga Koesoemadinata, dan untuk jenis angklung do-re-mi (diatonik) ia dapat bimbingan dari Pak Daeng Soetigna (pencipta angklung bernada Diatonis).

Dari pengetahuan-pengetahuan yang diperoleh dan di dapat beliau tersebut kemudian beliau melanjutkan-nya dalam tahap pengolahan-nya dalam bentuk paket pertunjukan untuk sebuah pariwisata dengan mengutamakan materi sajian angklung di dalam sanggar-nya (Saung Angklung Udjo)


Dengan hadirnya sanggar ini menjadikan suatu tempat sarana bagi Udjo untuk mencurahkan jiwa kependidikan yang dimilikinya melalui seni angklung, sekaligus sebagai sarana penyaluran jiwa kewirausahaannya dengan banyak menjual suatu pertunjukkan dan alat-alat musik angklung yang berbahan bambu tersebut.

Beliau merupakan salah satu tokoh yang berperan dalam menyajikan keindah-keindahan dan kemajuan-kemajuan dalam seni musik angklung ini. Bahkan nama tokoh tersebut masih lebih dikenal dalam dunia seni musik angklung. 


Jelas bahwa seni musik angklung ini tidak lepas dari seorang Udjo Ngalagena terhadap perkembangan seni musik angklung di Indonesia dan membuatnya jadi lebih indah dan beragam hingga saat ini.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk menambah wawasan anda tentang tokoh seniman angklung Udjo Ngalagena.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.