Aliexpress INT
Kirim Artikel
Need Backlink From This Web PRchecker.info

Sifat, Kecepatan dan Jenis Angin

Sifat, Kecepatan dan Jenis Angin ~ Seperti yang kita ketahui bersama, angin adalah udara yang bergerak karena adanya rotasi bumi serta perbedaan tekanan udara sekitar.

Angin bergerak dari tempat dengan tekanan udara yang tinggi menuju tekanan udara yang rendah.

Sifat, Kecepatan dan Jenis Angin
Sifat, Kecepatan dan Jenis Angin

Sifat, Kecepatan dan Jenis Angin

Sifat-sifat angin

  1. Angin menyebabkan terjadinya tekanan pada permukaan yang menetang arah angin.
  2. Angin dapat mempercepat terjadinya pendinginan dari benda yang panas.
  3. Kecepatan angin beragam.

Kecepatan angin

Cepat tidaknya hembusan angin ditentukan oleh beda tekanan udara antara tempat asal serta tujuan angin. Selain itu, kecepatan angin juga ditentukan oleh resistensi medan yang dilalui oleh angin.

Jenis-jenis angin

Angin dapat dibedakan dari jenisnya seperti yang berikut ini.

1. Angin laut dan angin darat

a. Angin laut

Jenis angin ini merupakan angin yang bertiup dari arah laut menuju ke arah barat dan biasa terjadi pada sang hari. Angin ini acapkali terjadi pada pukul 09.00 hingga pukul 16.00. Jenis angin ini umumnya dimanfaatkan bagi para nelayan untuk perjalanan pulang sehabis menangkap ikan di lautan.

b. Angin darat

Beda dengan angin laut, angin darat bertiup dari arah darat menuju ke arah laut. Angin darat biasa terjadi di malam hari pada pukul 20.00 hingga pukul 06.00. Angin ini bermanfaat bagi nelayan untuk berangkat dalam mencari ikan.

2. Angin lembah dan angin gunung

a. Angin lembah

Jenis angin ini adalah angin yang bertiup dari arah lembah menuju ke puncak gunung dan umumnya terjadi di siang hari.

b. Angin gunung

Angin gunung merupakan salah satu jenis angin yang bertiup dari puncak gunung menuju lempeng gunung. Jenis angin ini umumnya terjadi si malam hari.

3. Angin fohn

Angin fohn atau yang disebut pula dengan angin jatuh merupakan jenis angin yang terjadi sesuai dengan terjadinya hujan orografis. Angin fohn adalah jenis angin yang bertiup di suatu wilayah dengan temperatur yang berbeda.

Angin fohn dapat terjadi ketika ada gerakan massa udara yang naik menuju pegunungan dengan tinggi lebih dari 2 meter. Angin ini kemudian naik di satu sisi kemudian turun di satu sisi lainnya.

Angin fohn memiliki sifat panas dan kering. Hal ini terjadi karena uap air yang sudah hilang ketika hujan orografis terjadi. Angin fohn umumnya bersifat merusak bahkan bisa menimbulkan terjadinya korban jiwa.

Tanaman yang terkena jenis angin ini bisa mati. Sementara jika manusia yang terkena, maka daya tahan tubuhnya dapat mengalami penurunan. Alhasil, orang tersebut akan mudah terkena penyakit.

4. Angin muson

Angin muson juga bisa disebut dengan angin musim. Jenis angin ini adalah angin yang berhembus minimal 3 bulan sekali. Angin muson umumnya terjadi dengan berganti arah antar satu periode dengan periode yang lain.

Angin muson terbagi menjadi 2 macam,

a. Angin muson barat

Ialah jenis angin yang berhembus dari benua Asia di kala musim dingin menuju benua Australia yang tengah berada di musim panas. Jenis angin ini umumnya mengandung banyak curah hujan karena telah melewati beberapa tempat yang luas seperti halnya perairan juga samudra.

Contoh perairan serta samudra yang dilewati oleh angin muson adalah laut China Selatan dan samudra Hindia. Angin muson barat, umumnya mempengaruhi keadaan musim di Indonesia dan menyebabkan terjadinya musim hujan.

Angin muson barat terjadi di bulan Desember, Januari, dan Februari. Kecepatan angin muson barat di bulan Januari biasanya terjadi dengan kecepatan minimum 3m/s.

b. Angin muson timur

Angin muson timur merupakan jenis angin yang berhembus dari benua Australia di musim dingin menuju ke benua Asia yang tengah mengalami musim panas.

Angin muson timur memiliki curah hujan yang sedikit karena telah melewati celah sempit serta banyak gurun seperti gurun Australia Besar, gurun Gibson dan gurun Victoria.

Angin muson membuat Indonesia mengalami musim kemarau dan biasa terjadi di bulan Juni, Juli, serta Agustus.

Angin dapat dibedakan menurut jenisnya dengan penyebab serta waktu yang berhembus berbeda antara satu dengan yang lain.

Terimakasih dan semoga informasi tentang Sifat, Kecepatan dan Jenis Angin yang kami berikan bermanfaat buat pembaca.

Loading...
loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *